Sukses

Selain Keramat 2, Berikut 5 Film Horor Mokumenter Terkenal Wajib Tonton

Liputan6.com, Jakarta - Keramat 2: Caruban Larang alias Keramat 2 sudah tayang di bioskop sejak Kamis, 24 November 2022. Film ini kembali disutradarai oleh Monty Tiwa (Denias, Senandung di Atas AwanPocong 3).

Berdurasi sekitar 94 menit, Keramat 2: Caruban Larang dibintangi oleh Umay Shahab, Lutesha, Keanu Angelo, Ajil Ditto, Arla Ailani, Josephine Firmstone, dan Maura Gabrielle. Film ini bergenre horor-misteri.

Keramat 2: Caruban Larang bercerita mengenai sekelompok anak muda dari Jakarta yang pergi menuju Cirebon dengan berbagai tujuan yang berbeda. 

Ada yang ingin melakukan riset mengenai tugas akhir, yang dibantu oleh pembuat film dokumenter. Ada juga YouTuber horor yang membuat konten untuk memertahankan eksistensi.

Pada awalnya, perjalanan mereka ini berjalan baik-baik saja. Hingga sesuatu terjadi dan mengubah perjalan tersebut menjadi menjadi liar dan tak terkendali setelah bertemu seorang indigo yang mempunyai agenda rahasia.

Keramat 2: Caruban Larang merupakan sekuel dari film Keramat (2009). Sama seperti pendahulunya, film ini juga masih menggunakan formula penyajian mokumenter. Mokumenter adalah genre film yang sebenarnya cerita fiksi tetapi disajikan seperti sebuah dokumenter.

Kekuatan sejati dari film mokumenter adalah film ini terlihat seperti 'asli' atau benar-benar terjadi. Hal ini disebabkan karena film mokumenter berisi adegan-adegan yang dibuat seperti raw footage (cuplikan mentah), lengkap dengan reaksi para pemain yang terlihat spontan. 

Film mokumenter seringkali menjadi film pilihan orang-orang, terlebih bila bergenre horor. Nuansa menyeramkan yang dibangun seolah nyata. Nah, selain Keramat 2: Caruban Larang, berikut beberapa film horor mokumenter terkenal dan dijamin menyeramkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. The Blair Witch Project (1999)

Tentunya film pertama yang tidak akan dilewatkan saat membicarakan film mokumenter adalah The Blair Witch Project yang dirilis pada 1999. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Daniel Myrick dan Eduardo Sánchez.

Berdurasi sekitar 81 menit, film ini dibuat hanya dengan para aktor yang memegang kamera genggam, sehingga sebagian besar rekamannya goyah dan semakin membuat film ini seperti benar terjadi. 

The Blair Witch Project bercerita mengenai tiga mahasiswa yang mendaki ke Black Hills dekat Burkittsville, Maryland, pada 1994 untuk membuat film dokumenter tentang legenda lokal mengenai penyihir.

Ketiga mahasiswa itu menghilang, tetapi alat-alat dan rekaman yang telah mereka buat ditemukan setahun kemudian. 

Dengan hanya berbudget 200-500 ribu USD, film ini sukses besar dengan meraup pendapatan 248 juta USD. Film ini memiliki sekuel Book of Shadows: Blair Witch 2 (2000) dan Blair Witch (2016).

3 dari 6 halaman

2. Paranormal Activity (2007)

Paranormal Activity adalah film mokumenter yang dirilis pada 2007. Film berdurasi sekitar 86 menit ini diproduksi, ditulis, diarahkan, difoto, dan disunting oleh Oren Peli.

Film ini berpusat pada pasangan muda yang dihantui oleh kehadiran supernatural di rumah mereka. Untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, mereka kemudian memasang kamera di setiap sudut rumah untuk mendokumentasikan apa yang terjadi. 

Paranormal Activity (2007) sukses besar seperti The Blair Witch Project (1999). Dengan hanya berbudget 215 ribu dolar USD, film ini sukses besar dengan meraup pendapatan 193 juta USD.

Film ini juga dibuatkan kelanjutannya yang sampai kini telah berjumlah enam judul, yakni Paranormal Activity 2 (2010), Paranormal Activity 3 (2011), Paranormal Activity 4 (2012), Paranormal Activity: The Marked Ones (2014), Paranormal Activity: The Ghost Dimension (2015), dan Paranormal Activity: Next of Kin (2021).

Di 2023 nanti, akan ada Paranormal Activity terbaru berjudul Paranormal Activity: The Other Side.

4 dari 6 halaman

3. Cannibal Holocaust (1980)

Cannibal Holocaust adalah film Italia tahun 1980 yang disutradarai oleh Ruggero Deodato dan ditulis oleh Gianfranco Clerici.

Berdurasi sekitar 96 menit, film ini ini bercerita mengenai seorang antropolog yang memimpin tim penyelamat ke hutan hujan Amazon untuk menemukan kru pembuat film. 

Saat misi penyelamatan, sang profesor menemukan rekaman yang diambil oleh kru pembuat film itu. Rekaman itu memperlihatkan berbagai kengerian dari suku kanibal yang hidup di sana.

Film ini dilarang tayang di banyak negara di seluruh dunia. Bukan tanpa alasan, film ini dinilai terlihat sangat nyata. Saking terlihat nyatanya, sutradara Ruggero Deodato ditangkap dan mendapatkan dakwaan.

Dia didakwa membunuh beberapa aktor di depan kamera dan menghadapi hukuman penjara seumur hidup. Ketika para aktor yang disangka mati itu muncul di pengadilan, hidup dan sehat, tuduhan pembunuhan dibatalkan.

 

5 dari 6 halaman

4. REC (2007)

REC adalah film Spanyol berdurasi sekitar 78 menit yang ditulis dan disutradarai oleh Jaume Balagueró dan Paco Plaza. Film ini dirilis pada tahun 2007.

REC (2007) bercerita mengenai reporter yang, dengan juru kameranya, menemani sekelompok petugas pemadam kebakaran dalam panggilan darurat ke sebuah gedung apartemen untuk menemukan infeksi yang menyebar di dalamnya.

Film ini sangat sukses dan memiliki kelanjutan, yakni REC 2 (2009), REC 3: Genesis (2012), dan REC 4: Apocalypse (2014). Lalu film ini juga dibuat ulang oleh Hollywood dengan judul Quarantine pada tahun 2008. 

6 dari 6 halaman

5. The Last Exorcism (2010)

The Last Exorcism adalah film tahun 2010 yang disutradarai oleh Daniel Stamm. Berdurasi sekitar 87 menit, film ini menceritakan tetang pengusiran kerasukan setan yang disebut eksorsisme.

Setelah bertahun-tahun melakukan eksorsisme, seorang pendeta yang kecewa memutuskan untuk berpartisipasi dalam sebuah film dokumenter yang mengisahkan eksorsisme terakhirnya sambil mengungkap penipuan dalam pelayanannya. Setelah menerima surat dari seorang petani yang meminta bantuan untuk mengusir iblis, dia bertemu dengan putri petani yang menderita karena arwah jahat

Karena sukses, pada tahun 2013 sekuelnya dibuat dengan judul The Last Exorcism Part II.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS