Sukses

6 Cara Menekan Rasa Lapar dengan Benar Jika Tidak Ingin Berat Badan Naik

Tidak semua orang dapat menahan lapar, apalagi mereka yang memiliki penyakit asam lambung. Namun rasa laapr yang berlebih dapat diatasi dengan cara yang benar.

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua orang dapat menahan rasa lapar, apalagi mereka yang memiliki penyakit asam lambung. Namun rasa lapar yang berlebih dapat diatasi dengan cara yang benar. 

Melansir Health.com, rasa sering lapar pada seseorang tanpa disadari dapat membuat gendut. Namun tubuh setiap orang berbeda-beda, berarti cara mencegah lapar atau bahkan diet seseorang juga berbeda-beda. 

Namun pada dasarnya, menurunkan berat badan atau mencegah penambahan berat badan dapat dipenagruhi oleh tiga faktor utama yaitu olahraga, makanan, dan pola pikir. 

Tak hanya itu, melansir laman resmi Medical News Today, menekan nafsu makan dapat dilakukan dengan mengonsumsi suplemen atau obat penekan nafsu makan. 

Namun menurut National Institutes of Health (NIH), suplemen atau pil penahan nafsu makan belum diketahui seberapa efektifnya dan apa saja efek samping yang akan didapatkan. 

Maka dari itu, seseorang dapat menggunakan berbagai metode alami untuk menekan atau kehilangan nafsu makan dengan cara yang benar serta bebas risiko berbahaya, dan tentunya menyehatkan.

Berikut 6 cara yang dapat digunakan untuk mengurangi nafsu makan bagi Anda yang tidak ingin gendut:

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Makan lebih banyak protein dan lemak sehat

Tidak semua makanan dapat mengurangi rasa lapar dengan baik. Dibandingkan dengan karbohidrat, protein dan lemak tertentu lebih efektif untuk mengurangi rasa lapar dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Seseorang dapat mengganti beberapa sumber karbohidrat dengan protein dan lemak sehat untuk membantu menjaga nafsu makan mereka supaya  tetap terkendali, seperti:

1. Daging tanpa lemak

2. Telur

3. Kacang

4. Produk kedelai seperti tahu dan tempe

5. Yogurt

Selain itu, cara ini juga merekomendasikan agar seseorang mendapatkan lemak sehat dari sumber alami seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, alpukat, dan minyak zaitun.

2. Menyajikan Makanan Langsung dari Dapur

Biasanya, menghidangkan makanan di atas meja makan membuat Anda lebih mudah dan bergairah untuk mengambil makanan. Maka mulailah mencoba menyajikan makanan atau mengambil makanan langsung dari dapur.

Artinya mengambil makan langsung dari alat masaknya (panci atau wajan). Hal tersebut membuat orang cenderung merasa malas untuk jauh-jauh ke dapur, kecuali Anda benar-benar masih lapar.

3 dari 4 halaman

3. Minumlah air putih sebelum makan

Minum segelas air secara langsung sebelum makan dapat membuat seseorang merasa lebih kenyang dan mengurangai lapar setelah makan. Peneliti telah melihat nafsu makan pada 50 wanita yang kelebihan berat badan, menunjukkan bahwa minum 1,5 liter air sehari selama 8 minggu menyebabkan penurunan nafsu makan dan berat badan.

Air juga menyebabkan penurunan lemak yang lebih besar. Tak hanya itu peneliti pada tahun 2007 mengatakan bahwa orang lebih cepat kenyang setelah makan jika mereka mengkonsumsu air yang cukup. 

4. Makan dengan Porsi Lebih Sedikit

Jika Anda makan makanan yang sudah ada di piring Anda (sudah tersedia), kemungkinan besar Anda akan makan semuanya sampai habis. Sehingga solusinya lebih baik secara sederhana, Anda mengambil sendiri makanan Anda dengan porsi yang lebih seidkit. Kemudian ambil kembali lagi jika Anda masih lapar (namun jangan berlebihan). 

Selain itu, makan dari piring yang lebih kecil juga dapat membantu mengontrol porsi makan Anda. Piring kecil memiliki luas permukaan yang lebih kecil, maka akan mendorong Anda untuk menyajikan makanan lebih sedikit atau berlebihan.

 

4 dari 4 halaman

5. Kurangi Stres

Biasanya orang yang sedang stres cenderung merasa lapar dan ingin makan makanan yang banyak. Alasannya tubuh sedang merasakan stres, marah, sedih yang menguras tenaga dan membuat cepat lapar. 

Tak hanya itu, biasanya orang yang sedang stres cenderung asal dalam mengonsumsi makanan. Contohnya seperti makanan yang tinggi lemah, makanan tidak sehat, makanan mengandung gula berlebih, dan lain-lain. 

Cara mengurasi stres tanpa harus makan banyak yaitu bisa dilakukan dengan tidur yang cukup dan teratur, berinteraksi sosial, dan menghabiskan wakgtu untuk bersantai atau bersenang-senang. 

6. Singkirkan Pemanis Buatan

Mengonsumsi makanan atau minuman dengan pemanis buatan, atau pemanis non nutritif, dalam jangka waktu yang lama dapat memiliki efek negatif. Menurut ulasan yang diterbitkan dalam Endocrine Practice pada tahun 2021 yaitu pada dasarnya, pemanis dapat menyebabkan masalah dengan hormon kelaparan (leptin dan ghrelin) yang bekerja sama untuk memberi sinyal kepada tubuh bahwa itu membuat kenyang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.