Sukses

Cinta Bertepuk Sebelah Tangan, Lakukan 4 Cara Ini Agar Nggak Gagal Move On

Cinta tak berbalas seringkali membuat seseorang gundah gulana, nyatanya tak perlu khawatir, cinta sepihak dapat dilepaskan.

Liputan6.com, Jakarta - Kita tidak bisa memilih dengan siapa kita jatuh cinta. Tertarik pada seorang yang tidak berbagi kasih sebagaimana kita menunjukkan kepadanya, sudah bukan lagi hal yang aneh.

Namun, situasi cinta bertepuk sebelah tangan tentunya sangat menyakitkan dan membuat stres karena perasaan yang tidak bisa dipaksakan. Oleh karena itu, tak jarang banyak yang menyarankan bahwa sebaiknya cinta yang sepihak lebih baik dilepaskan.

Melansir dari Healthline, Rabu (23/11/2022), cinta sepihak tak lain adalah ketika seseorang memiliki perasaan romantis terhadap seseorang, tetapi mereka tidak membalas perasaannya sama sekali. Seringkali, orang yang disukai bahkan tidak menyadari bahwa terdapat seseorang yang menyukainya.

Oleh karenanya, cinta sepihak juga dapat berpotensi kepada hubungan friendzone, ketika hubungan romansa hanya dianggap sebagai teman. Tak ada cara untuk mencegah cinta sepihak, tetapi dengan setiap jatuh cinta, datang potensi risiko bahwa kasih sayang didasarkan pada satu sisi.

Hal terbaik yang mungkin dapat dilakukan jika seseorang memiliki perasaan yang tak berbalas adalah untuk membiarkannya pergi sesegera mungkin. Untuk melakukannya, bagaimanapun cara pertama adalah dengan menyadari bahwa itu adalah cinta sepihak.

Perlu diketahui bahwa terkadang mengenali cinta sepihak lebih sulit daripada yang terlihat pada awalnya. Sangatlah wajar untuk tidak mau mengakui fakta ini pada awalnya.

Namun tak perlu khawatir, berikut kami himpun cara untuk melepaskan diri dari cinta sepihak yang menyiksa seperti dilansir Greator.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sadar Bahwa Dirimu Dicintai

Dalam kasus penolakan, seringkali seseorang mencari-cari kesalahan pada diri kita sendiri. Hal ini kemudian beranjak kepada keraguan pada diri sendiri dengan pertanyaan “Mengapa orang lain tidak menyukai saya? Apa yang salah dengan saya?”

Namun, alur pemikiran ini benar-benar menjadi kontraproduktif. Sebaiknya, lebih baik cari kebaikan dalam diri sendiri dan berpikir bahwa Anda baik dan menyenangkan apa adanya. Ketahui bahwa perasaan tidak bisa dipaksakan dan ini tidak ada hubungannya dengan kepribadian.

3 dari 5 halaman

2. Menerima Situasi dan Memastikan Jarak

Menerima bahwa itu adalah cinta sepihak adalah salah satu langkah terpenting dalam mengatasi kesedihan. Sadarilah bahwa tidak ada harapan. Cobalah untuk mengalihkan perhatianmu dari lamunan yang berkisar pada masa depan bersama.

Putuskan kontak dengan orang yang bersangkutan, jika memungkinkan. Semakin jauh jarak yang ada di antara Anda, semakin cepat proses penyembuhannya.

4 dari 5 halaman

3. Ungkapkan Kesedihan

Dengan cinta sepihak, impian dan visi masa depan akan hancur. Anda boleh bersedih tentang hal ini. Biarkan emosi Anda bebas. Menekannya hanya menunda proses berduka. Namun, penting bagi Anda untuk tidak kepada orang yang menolak Anda.

Ada banyak cara untuk menemukan jalan keluar bagi perasaan kecewa Anda. Beberapa orang merasa terbantu dengan menuliskan kesedihan mereka. Temukan cara terbaik untuk membantu Anda melampiaskan kesedihan dapat menjadi cara yang efektif untuk menyingkirkan perasaan tak terbalas.

5 dari 5 halaman

4. Fokus pada Tujuan Anda Sendiri

Cinta sepihak menghabiskan banyak ruang dalam hidup Anda dan dalam pikiran Anda. Di sini Anda dapat secara aktif menangkal dengan beralih ke tujuan lain. Bahkan jika mungkin terasa saat ini seolah-olah Bumi akan berputar-putar di sekitar cinta yang tanpa harapan, sebenarnya tidak demikian.

Tanyakan pada diri sendiri apa yang ingin dilakukan selama ini yang tertunda, carilah jalan untuk mengarahkanmu ke kisah baru. Cari pertemanan dan hobi baru juga dapat menjadi cara untuk lebih fokus pada diri sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.