Sukses

Nikmat dan Baik untuk Tubuh, Ini 9 Fakta Menarik Tentang Matcha

Berikut ini fakta-fakta menarik tentang matcha yang mungkin belum kamu ketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Kalau mendengar kata matcha, biasanya kamu langsung teringat dengan apa? Minuman, es krim, atau kue? Matcha adalah teh hijau bubuk dari Jepang yang dibuat dari teh khusus dan diolah dengan metode khusus. Pakar teh, Ratna Somantri menjelaskan matcha mengalami proses yang khusus.

Tanaman teh tencha harus ditutupi dari matahari supaya klorofilnya tinggi, asam aminonya tinggi sehingga menghasilkan warna hijau yang cerah Matcha dan green tea juga berbeda, meskipun di Tanah Air keduanya sering dianggap sama.

Secara tradisional, matcha disiapkan menggunakan chasen atau pengocok bambu yang digunakan untuk mengaduk bubuk matcha ke dalam air panas. Sementara di Indonesia, matcha sering dijadikan tambahan untuk membuat makanan atau minuman. Bahkan beberapa tahun terakhir, makanan dan minuman yang terbuat dari matcha cukup populer di Indonesia.

Sejarah Matcha

Dilansir japanobjects.com, matcha dibawa dari China ke Jepang sekitar akhir abad ke-12. Namun pada saat itu, matcha hanya dibuat dengan cara disangrai dan dihaluskan daun tehnya. Baru setelah ditemukannya metode budidaya oishita (tumbuh di tempat teduh), matcha disempurnakan agar memiliki rasa yang lebih kaya dan warna hijau tua.

Penemuan ini terjadi pada suatu musim dingin yang keras ketika para petani teh memutuskan untuk menutupi tanaman teh mereka dengan buluh dan jerami untuk mencegah kerusakan akibat embun beku tepat sebelum panen.

Mereka menyadari bahwa naungan membuat tanaman mengkompensasi kekurangan sinar matahari dengan memproduksi lebih banyak klorofil di dalam tunas baru untuk membantu memfasilitasi fotosintesis, sehingga meningkatkan kandungan asam amino dari tunas teh baru. Tunas-tunas muda inilah yang kemudian dipetik dan diolah menjadi matcha yang rasanya lebih kaya seperti yang kita kenal sekarang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta-Fakta Matcha

Berikut ini fakta-fakta menarik tentang matcha dilansir spoonuniversity.com:

1. Meningkatkan metabolisme dan membakar kalori

Penelitian menunjukkan orang yang rutin minum matcha memiliki 30-40 persen tingkat metabolisme yang lebih tinggi dibanding mereka yang tidak minum matcha.

Metabolisme yang lebih tinggi berarti pada keadaan istirahat, tubuh menggunakan lebih banyak kalori daripada seseorang dengan metabolisme yang lebih lambat. Sehingga matcha dianggap dapat menurunkan berat badan.

2. Matcha sama dengan kopi

Kamu pecinta matcha? Tentu saja kamu harus mengetahui bahwa satu cangkir matcha sama dengan satu cangkir kopi. Matcha memiliki kandungan kafein di dalamnya, sama halnya dengan kopi.

Hal lainnya yang tak kalah penting justru kandungan kafein akan bertambah kadarnya ketika diubah berbentuk bubuk sehingga untuk kalian yang merasa sensitif terhadap kafein, sebaiknya patut lebih berhati-hati ketika meminum matcha. 

3 dari 4 halaman

Fakta-Fakta Matcha Selanjutnya

3. Matcha dapat memperlambat proses penuaan

Daun teh hijau memiliki tingkat antioksidan yang tinggi, satu di antaranya katekin. Katekin dapat mencegah radikal bebas yang menghancurkan sel-sel tubuh. Studi menunjukkan katekin dapat mencegah penuaan kulit, penyakit kardiovaskular dan bahkan kanker.

4. Moodbooster biar tetap bahagia

Mood enggak selamanya happy terus-terusan. Apalagi kalau tugas sekolah udah menumpuk, bad mood pun enggak bisa dihindari. Kandungan L-theanine dalam matcha bisa mengembalikan mood jadi ceria lagi. Mengonsumsi matcha juga bisa mengurangi rasa insecure yang kita rasakan, lho!

5. Matcha mencegah timbulnya jerawat

Selain bisa berfungsi sebagai antibakteri, kandungan vitamin A, C, E,dan betakaroten pada matcha bisa mencegah timbulnya jerawat. Matcha juga bisa mengurangi produksi minyak berlebih yang juga mencegah timbulnya jerawat.

4 dari 4 halaman

Fakta-Fakta Matcha Lainnya

6. Matcha mengandung antioksidan yang membantu mengeluarkan racun

Kegiatan sehari-hari bikin kita mau enggak mau harus terpapar beragam polusi. Berbagai partikel dan polutan yang jahat pun mengendap di tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi pada matcha akan membantu racun di tubuh keluar

7. Matcha 137 kali lebih kuat daripada teh yang diseduh biasa

Matcha terbuat dari daun teh hijau utuh yang ditumbuk halus, membuatnya lebih kuat dari teh seduh lainnya.  Saat kamu meminum matcha, Kamu mendapatkan 100% nutrisi, termasuk vitamin, serat, dan 137 kali antioksidan dari secangkir teh hijau yang diseduh secara teratur.

8. Singkirkan bau mulut

Matcha mengandung banyak klorofil yang mendetoksifikasi darah, hati, dan saluran pencernaan kamu. Memiliki usus yang bersih juga menghilangkan bau mulut dan bau badan. 

9. Menurunkan tekanan darah

Katekin spesifik menghambat angiotensin yang mengurangi kontraksi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Semakin rendah tekanan darah kamu, semakin rendah kemungkinan kamu terkena stroke, penyakit jantung, gagal ginjal, dan masalah kesehatan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini