Sukses

Diakui Makanan Terenak di Dunia, Rendang jadi Menu Utama Gala Dinner KTT G20 Bali

Simak deretan menu makanan bagi pemimpin KTT G20 Bali saat Gala Dinner

Liputan6.com, Denpasar - Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty atau KTT G20 yang berlangsung di Bali.

Pada acara puncak yakni Selasa, 15 November 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana menjamu makan malam bagi para pemimpin negara-negara KTT G20, organisasi internasional, dan para tamu undangan lainnya.

Makan malam yang bertempat di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Kabupaten Badung, Bali, merupakan bagian dari acara puncak KTT G20.

Presiden Jokowi beserta Iriana yang menyambut para tamu undangan makan malam sambil berfoto bersama dengan latar Patung Garuda Wisnu Kencana, tampak serasi memakai pakaian adat Bali. 

Presiden juga sempat menjelaskan makna Patung Garuda Wisnu Kencana kepada para tamu undangan yang hadir.

Jokowi, selaku tuan rumah, menyampaikan apresiasi atas kehadiran para pemimpin negara-negara KTT G20 serta lembaga internasional di GWK.

"Para pemimpin negara-negara G20, undangan, organisasi internasional, hadirin sekalian, terima kasih atas kehadirannya di Garuda Wisnu Kencana," kata Jokowi dalam sambutannya sebelum memulai jamuan makan malam. 

Dalam gala dinner yang berlangsung meriah, rupanya menu yang disuguhkan kepada para tamu undangan tidak hanya makanan khas Bali saja, tapi nusantara secara menyeluruh.

Melansir situs Presiden Republik Indonesia pada Rabu (16/11), disebutkan bahwa menu makanan untuk para tamu KTT G20 beragam. Serta berasal dari berbagai daerah yaitu Bali, Jawa, Sulawesi Utara, Lampung, Sumatera Barat, Sumatra Utara, hingga Aceh. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan Pembuka untuk Tamu KTT G20

Sebagai makanan pembuka (appetizer), para pemimpin KTT G20 menikmati sajian Aneka Ratna Mutumanikam atau diversity one yang dalam bahasa Indonesia berarti keragaman satu.

Makanannya terdiri dari mangga, rumput laut, salad dengan bumbu rujak Bali, hingga perkedel jagung, daging rajungan Manado. 

Salad bumbu rujak Bali yaitu makanan buah buahan atau sayuran segar yang dibumbui dengan bumbu rujak khas Bali. Bumbu rujak khas Bali memiliki tekstur yang cair dan berasa manis, asam, pedas, yang bisa membuat siapa saja yang menyantapna merasa segar. 

Perkedel jagung, sering disebut juga dengan bakwan jagung, merupakan makanan yang biasa dikonsumsi sebagai camilan gorengan yang berbahan dasar jagung manis dan tepung.

Rasanya yang gurih, manis dan bertekstur krispi atau terkadang ada yang sengaja membuatnya lembek, menjadi pas untuk menjadi menu pembuka. 

Daging Rajungan Manado adalah daging rajungan (hewan laut) segar. 

3 dari 4 halaman

Menu Utama Makanan untuk Tamu KTT G20

Menu utama (main course) para undangan disuguhi tenderloin sapi wagyu khas Lampung, rendang Padang, mousseline singkong dan kentang asparagus dalam saus kunyit Bali, hingga puree terong balado. 

Rendang padang adalah makanan olahan daging dengan bumbu rempah-rempah yang melimpah, berasal dari Sumatra Barat.

Saking nikmatnya menu olahan berbahan dasar daging ini, menjadi makanan favorit banyak orang, sampai warung makanan padang banyak dibuka di Indonesia. 

Mousseline singkong adalah saus kental yang terbuat dari singkong. 

Kentang asparagus dalam saus kunyit, adalah sayur asparagus berwarna hijau, dibalut dengan bumbu kunyit khas Bali. 

Puree terong balado adalah kari terong berasa balado (pedas manis, gurih). 

4 dari 4 halaman

Makanan Penutup

Adapun menu penutup (dessert) disuguhkan coklat mousse Aceh, nasi tuille, beras ketan hitam dengan kelapa parut, dan coulis mangga. 

Coklat mousse Aceh adalah makanan penutup coklat padat khas Aceh di atasnya ditabur bubuk coklat. 

Nasi tuille, tuille adalah makanan penutup, kondimen berbentuk jaring-jaring lubang. Jadi, nasi tuille adalah tuille yang berasal dari nasi. 

Beras ketan hitam kelapa parut adalah ketan hitam, tabur kelapa, memiliki rasa manis dan gurih

Coulis mangga adalah kuah agak kental yang terbuat dari mangga. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.