Sukses

Presiden AS Joe Biden Puji Tari Pendet yang Menyambutnya di Bali

Tiba di Bali mengikuti KTT G20, Joe Biden disambut tari pendet yang membuatnya terkagum-kagum.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Minggu (13/11/2022), untuk mengikuti KTT G20 Bali

Biden tiba menggunakan pesawat kepresidenan AS, Air Force One. Kehadiran Presiden ke-46 AS untuk KTT G20 ini disambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Sandiaga Uno mewakili Presiden RI Joko Widodo untuk menyambut kedatangan Joe Biden.

Jabat tangan erat Joe Biden dan Sandiaga Uno layaknya menyimbolkan Indonesia telah menerima kedatangan Presiden AS tersebut. 

Kehadiran Biden langsung disambut tarian khas Bali, tari pendet. Tari penyambutan Joe Biden dibawakan sangat apik oleh Sanggar Badung Denpasar.

Tari pendet dipertunjukkan secara meriah untuk kedatangan orang nomor 1 AS itu, sekaligus untuk memperkenalkan kebudayaan yang dimiliki oleh Pulau Dewata.

Melalui akun resmi TikTok Sandiaga Uno, @sandiuno.official, Joe Biden tampak terkagum dan tersenyum melihat pertunjukan tari pendet.

Bahkan, dirinya pun menyampaikan rasa kagumnya dan mengucapkan terima kasih kepada para penari Bali yang telah menyambutnya dengan baik.

Amazing, splendid, wonderful!” ungkap Presiden AS Joe Biden sebagai ucapan rasa terima kasih.

Adapun pesan yang disampaikan oleh Sandiaga Uno melalui akun resmi TikTok-nya, ia berharap semoga ke depannya akan ada lebih banyak kunjungan dan kerja sama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, guna mempercepat kepulihan ekonomi di Indonesia.

“Demi terciptanya lapangan kerja dan mempercepat kepulihan ekonomi, kami atas nama pemerintah dan Bangsa Indonesia berharap akan lebih banyak kunjungan dan juga kerja sama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga.

“Bukan hanya kunjungan wisatawan Amerika Serikat yang meningkat, tapi juga produk ekonomi kreatif kita bisa dinikmati, terutama produk fashion, kuliner, dan kerajinan tangan,” ujarnya, menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sandiaga Sambut Perdana Menteri Australia

Tidak hanya menyambut Joe Biden, Presiden Jokowi juga mengutus Sandiaga Uno untuk menerima kedatangan Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese untuk menghadiri KTT G20.

Terlihat dalam unggahan video di akun resmi Instagram @sandiuno, saat Perdana Menteri Australia tiba, Sandiaga Uno langsung berjabat tangan dengan Anthony Albanese.

“Atas arahan Bapak Presiden @jokowi, saya menerima kedatangan Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese untuk menghadiri KTT G20,” kata Sandi.

Melalui unggahan tersebut, Sandi pun mengucapkan terima kasih atas dukungan Australia, sehingga wisatawan Australia menduduk posisi pertama jumlah wisatawan mancanegara di Indonesia.

“Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih atas dukungan Australia sehingga wisatawan Australia kini menduduki posisi pertama jumlah wisatawan mancanegara dengan total di atas 80.000 per bulan,” kata Sandiaga Uno.

Dia juga mengatakan, kehadiran wisatawan dari Australia membawa dampak luar biasa untuk kebangkitan ekonomi dan juga terciptanya lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

3 dari 4 halaman

Tari Pendet juga Sambut Presiden Argentina

Selain menyambut Joe Biden, Sandiaga Uno juga menyambut kedatangan Presiden Argentina, Alberto Fernandez, di bandara I Gusti Ngurah Rai Bali guna menghadiri KTT G20.

Argentina dikenal sebagai negara sepak bola, salah satu pesepak bola terkenal asal Argentina adalah Lionel Messi. Selain itu, Argentina juga dikenal dengan tarian tradisional khasnya hingga dijuluki sebagai Negeri Tango.

Mengetahui hal itu, Indonesia pun menerima Presiden Argentina, Alberto Fernandez dengan tari pendet khas Bali. Tujuan dari pertunjukan ini adalah mengenalkan salah satu bagian dari Wonderful Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berharap kolaborasi antara Indonesia dengan Argentina di sektor parekraf bisa berkembang dan meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Kami di @kemenparekraf.ri berharap kolaborasi antara Indonesia dengan Argentina di sektor parekraf bisa semakin berkembang, meningkatkan kunjungan wisatawan melalui berbagai kegiatan pentas budaya dan promosi wisata,” ujar Sandi melalui unggahan Instagramnya.

“Menjadi pematik bagi kebangkitan ekonomi dan terciptanya lapangan kerja baru,” ujarnya melanjutkan.

4 dari 4 halaman

Optimis Ciptakan Peluang Usaha

Terlepas dari itu, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) The Business 20 atau B20 Summit telah digelar di Nusa Dua, Bali pada 13-14 November 2022.

Dilansir laman resmi Indonesia.go.id, B20 merupakan forum dialog resmi G20 bagi komunitas bisnis global. Ajang penting ini dihadiri oleh sedikitnya 3.300 orang yang mencakup 2.000 pimpinan negara, CEO dan bos dari berbagai macam perusahaan multinasional lebih dari 40 negara.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno ikut berpartisipasi di dalamnya. Melalui akun resmi Instagram @sandiuno, Sandiaga Uno optimis bisa menarik investasi antara USD 6-8 miliar dalam 3-5 tahun ke depan di sektor parekraf.

Selain itu, dirinya pun menyampaikan sektor parkeraf Indonesia memiliki potensi besar untuk menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja baru.

“Saya mengatakan pada mereka, jika kalian tidak mau investasi maka saya akan tetap berinvestasi sendiri, karena parekraf Indonesia memiliki potensi yang sangat besar,” tulis Sandi dalam unggahan Instagram miliknya.

“Bukan hanya untuk bertumbuh, tapi juga berdampak terhadap masyarakat dalam menciptakan peluang usaha dan membuka lapangan kerja baru yang berkualitas,” ujarnya, melanjutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.