Sukses

5 Buah Ini Bikin Sistem Pencernaan Sehat, Boker pun Lancar Tanpa Ngeden

Liputan6.com, Jakarta - Memakan hidangan yang enak terkadang dapat membuat kamu kalap. Namun, nantinya itu akan merepotkan perut yaitu pada sistem pencernaan.

Di dalam perut ada sistem pencernaan yang akan memproses apa pun yang masuk ke dalam mulut. Kebiasaan makan yang buruk kerap kali dapat memicu gangguan saluran cerna.

Tentunya itu tidak nyaman, gangguan pencernaan dapat memicu sakit perut. Kamu akan kesulitan untuk beraktifitas nantinya.

Melansir NDTV Food, Sabtu (5/11/2022), gangguan pencernaan dapat menyebabkan sakit perut atau kembung, mulas, mual, muntah, dan jangan lupakan rasa iritabilitas yang dibawanya.

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga sistem pencernaanmu berjalan lancar secara alami.

Beberapa buah yang memiliki kandungan serat tinggi dapat membantu melancarkan pencernaan. Berikut 5 buah yang dapat kamu konsumsi untuk membantu gangguan pencernaan:

1. Apel

Apel dapat menjauhkan kamu dari sejumlah gangguan pencernaan. Apel mengandung serat pektin yang tinggi. Pektin dapat meredakan konstipasi (sembelit) dan diare, tergantung pada kebutuhan tubuh.

Pektin membantu memperbaiki pencernaan karena sifatnya yang mudah larut dan kemampuannya untuk mengikat kolesterol atau racun dalam tubuh dan menghilangkannya dari tubuh kamu.

2. Kiwi

Makan buah kiwi dapat membantu pencernaan yang lebih baik. Buah kiwi hijau memiliki enzim yang disebut actinidin yang dapat meningkatkan pencernaan protein.

Kiwi juga dikenal memiliki efek laksatif ringan yang berhubungan dengan kandungan seratnya yang tinggi. Menurut buku Healing Foods oleh penerbit DK, dua buah kiwi menyediakan 20 persen dari jumlah serat harian yang direkomendasikan, membantu pencernaan, dan memfasilitasi kesehatan usus besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Pisang

Kandungan serat pisang yang tinggi membantu melancarkan keteraturan usus. Dengan demikian, hal itu bisa mempercepat proses pencernaan.

Menurut buku Healing Foods, pisang juga memiliki 'efek anatacid yang melindungi perut dari ulkus yang terbentuk di lapisan perut, dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan sakit maag'.

3 dari 4 halaman

4. Jambu Biji

Buah yang segar dan nikmat ini dapat menjadi solusi bagi banyak masalah perut kamu. Jambu biji adalah salah satu sumber serat makanan terkaya, kata ahli gizi yang berbasis di Bangalore, Dr. Anju Sood.

Faktanya, dibandingkan dengan buah-buahan lain, hanya satu jambu biji memenuhi sekitar 12 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan, yang membuatnya sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan kamu.

Selain itu, biji pada buah ini, jika dicerna secara utuh atau dikunyah, berfungsi sebagai obat pencahar atau laksatif yang sangat baik juga, membantu melancarkan pengeluaran tinja.

4 dari 4 halaman

5. Mangga

Mangga mengandung enzim yang membantu pemecahan dan pencernaan protein, dan juga serat, yang membantu kelancaran aliran makanan dan zat-zat sisa melalui saluran pencernaan, demikian catatan buku Healing Foods.

Manfaat jangka panjang serat buah ini, yaitu menurunkan risiko terkena kanker usus besar, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS