Sukses

Selain Perempuan Bergaun Merah, Berikut 5 Film Horor Tentang Hantu Wanita

Liputan6.com, Jakarta Hari ini di seluruh bioskop tanah air, film horor berjudul Perempuan Bergaun Merah akan dirilis. Tentunya bagi yang suka film-film dengan unsur hantu, darah, kematian, dan semacamnya, jangan sampai ketinggalan.

Perempuan Bergaun Merah merupakan film garapan William Chandra. Sebelumnya, William Chandra telah terlibat dalam beberapa film horor seperti Sekte (2019) dan Mati Anak (2019). 

Perempuan Bergaun Merah dibintangi oleh Tatjana Saphira yang pernah berakting di Hit & Run dan Lara Ati. Selain Tatjana Saphira, film ini juga dibintangi Refal Hady dan Stella Cornelia.

Perlu diketahui bahwa Perempuan Bergaun Merah merupakan film horor pertama aktris kelahiran 21 Mei 1997 itu. Tatjana Saphira mengaku bahwa ini adalah salah satu cara dia memperluas daftar genre film yang dibintanginya.

“Dalam memilih film, salah satu hal yang aku jadikan tolak ukur adalah pengalaman apa yang akan aku dapatkan dari film tersebut. Aku ingin punya filmografi yang variatif," ungkap Tatjana dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Sesuai judulnya, film ini akan menampilkan roh jahat berwujud perempuan bergaun merah. Roh ini mulai meneror Dinda (Tatjana Saphira) saat salah satu sahabatnya, Kara (Stella Cornelia), menghilang.

Film horor selama ini memang sudah sering sekali dihiasi dengan hantu-hantu wanita sebut saja Kuntilanak, Si Manis Jembatan Ancol, Kolong Wewe/Wewe Gombel, dan banyak lagi.

Nah, bagi kalian yang masih belum bisa menyaksikan Perempuan Bergaun Merah, Liputan6.com telah mengumpulkan beberapa film horor yang menampilkan hantu wanita. Yuk, ditengok!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

KKN di Desa Penari

Pertama tentunya ada pemegang gelar film Indonesia terlaris sepanjang masa saat ini, KKN di Desa Penari (2021). Film yang diadaptasi dari utas Twitter @SimpleM81378523 ini memang sangat viral.

KKN di Desa Penari berhasil menggebrak hierarki daftar film Indonesia terlaris sepanjang masa. Film garapan Awi Suryadi ini meraih sebanyak 9 juta penonton lebih dan berhasil mengalahkan pemegang gelar sebelumnya yakni Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 (2016) yang mendapatkan jumlah hampir sebanyak 7 juta penonton.

KKN di Desa Penari memiliki beberapa versi. Terbaru adalah versi KKN di Desa Penari: Luwih Dowo, Luwih Medeni. Semua versi film KKN di Desa Penari menampikan sosok Badarawuhi, yakni jin wanita berparas cantik berwujud manusia separuh ular. 

3 dari 6 halaman

Pengabdi Setan & Pengabdi Setan 2

Pengabdi Setan (2017) dan Pengabdi Setan 2: Communion (2021) merupakan garapan sutradara besar Indonesia, Joko Anwar. Pria kelahiran 3 Januari 1976 ini telah membuat banyak film terkenal seperti Janji Joni (2005), Pintu Terlarang (2009), dan Gundala (2019).

Baik Pengabdi Setan (2017) atau Pengabdi Setan 2: Communion (2021), keduanya menampilkan sosok hantu wanita yang sangat menyeramkan. Di film pertama, hantu wanita muncul dari sosok nenek dan Mawarni.

Lalu di film kedua yang menampilkan sosok Raminom. Sosok iblis ini menyerupai seorang ibu tua, lengkap dengan rambut panjang dan baju putih. Raminom disembah oleh orang-orang mati.

4 dari 6 halaman

Conjuring 2 & The Nun

Ketiga ada Conjuring 2 garapan James Wan (Aquaman, SawInsidiousFurious 7) yang dirilis pada tahun 2016. Film ini sangat sukses besar dengan menyentuh pendapatan sekitar US$321 juta dolar.

Film berdurasi sekitar 134 menit ini berhasil memperkenalkan tokoh iblis bernama Valak, yang berpakaian seperti seorang biarawati. Tokoh Valak ini kemudian dikembangkan dalam film spin-off berjudul The Nun, yang dirilis pada tahun 2018.

Film The Nun sukses besar dengan mendaatkan penghasilan sekitar US$365 juta dolar. Karena kesuksesan ini, tentunya sekuel sudah direncanakan. Dilansir Variety, The Nun akan dilanjutkan dalam film The Nun 2. Film ini nantinya akan disutradarai oleh Michael Chaves yang menggarap The Curse of La LloronaThe Conjuring: The Devil Made Me Do It dan direncanakan rilis 8 September 2023.

5 dari 6 halaman

Mama

Lalu ada Mama (2013), film yang dibintangi Jessica Chastain (Interstellar, The Tree of Life) dan Nikolaj Coster-Waldau (Game of Thrones, Black Hawk Down). Film ini berdurasi 100 menit dan disutradarai oleh Andy Muschietti, yang semakin terkenal setelah membuat duologi It (2017, 2019) dan nantinya membuat The Flash dari DCEU.

Sesuai judulnya, film ini menampilka roh hantu wanita yang merasa terganggu setelah dua anak perempuannya, yang selama ini diurusnya di tengah hutan, diadopsi oleh sepasang kekasih. Merasa anak-anaknya diculik, roh hantu itu kemudian mencoba merebut kembali apa yang selama ini merupakan haknya.

 

6 dari 6 halaman

The Ring

Ring atau Ringu, merupakan film horor terkenal dari Jepang. Saking terkenalnya, film ini juga diadaptasi oleh barat. Ring merupakan film tahun 1998 yang disutaradarai oleh Hideo Nakata. Film ini diadaptasi dari novel 1991 berjudul sama karya Koji Suzuki.

Ring bercerita mengenai seorang reporter yang menyelidiki misteri di balik rekaman video terkutuk. Di saat bersamaan, dia juga berlomba dengan waktu, karena siapapun yang menonton rekaman itu dipastikan akan mati tujuh hari setelah melakukannya. Ring menampilkan sosok hantu wanita bernama Sadako, yang di dalam rekaman video muncul dari sebuah sumur dan merayap keluar dari TV. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS