Sukses

Tak Perlu Khawatir, Lakukan 8 Tips Ini Saat Kamu Jatuh Cinta pada Sahabat

Ikuti tips berikut ketika Anda jatuh cinta pada sahabat Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Jatuh cinta pasti pernah dirasakan semua orang, rasa ini datang tiba-tiba dan kita tidak tahu kepada siapa hati kita tertuju. Persahabatan antara pria dan wanita dikenal tidak akan bertahan lama karena timbulnya buih-buih cinta diantara mereka.

Faktanya, hubungan terbaik dimulai dengan persahabatan, karena hal ini memberikan landasan yang kokoh untuk dibangun bersama. Jika kalian memiliki sahabat, pasti kalian akan mengetahui semua tentang mereka.

Anda telah melalui masa-masa baik dan buruk bersama-sama. Ada sejarah kepercayaan dan rasa hormat di antara kalian berdua. Tetapi bagaimana jika Anda berada dalam persahabatan, dan tiba-tiba menyadari bahwa Anda memiliki perasaan terhadap orang itu? 

Jangan khawatir, mencintai sahabat bukanlah sebuah suatu kesalahan. Persahabatan membentuk ikatan yang kuat, hingga memungkinkan kamu mengenal seseorang pada tingkat yang lebih dalam.

Mengutip Dufet, Jumat (29/10/2022), berikut tips yang perlu dilakukan saat jatuh cinta pada sahabat.

1. Beri Diri Anda Waktu

Jika secara tiba-tiba menyadari bahwa Anda jatuh cinta dengan sahabat Anda, yang perlu diperhatikan adalah memberi diri Anda waktu untuk memprosesnya.

Jangan langsung memberi tahu siapa pun, tetapi gunakan waktu ini, untuk jujur pada diri sendiri tentang perasaan Anda. Pastikan itu bukan ketertarikan sesaat yang hanya sekejap.

2. Jangan Marah pada Diri Sendiri

Jika telah memutuskan bahwa Anda telah mengembangkan beberapa perasaan untuk sahabat Anda, jangan merasa bersalah atau marah pada diri sendiri.

Ketertarikan terjadi secara alami dan terkadang tanpa peringatan. Ini bukan sesuatu yang direncanakan, tetapi Anda harus menghadapi kenyataan.

Kita tidak meminta perasaan tertentu, mereka terjadi begitu saja. Ketertarikan pada orang tertentu adalah sesuatu yang tidak dapat Anda kendalikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Bicarakanlah

Jika sudah yakin dengan perasaan tersebut, carilah teman yang saling mengenal Anda dan sahabat Anda (orang yang disukai).

Bicaralah dengan mereka dan jelaskan apa yang Anda alami. Seorang teman yang saling mengenal bisa lebih objektif tentang bagaimana menurutnya sahabat akan menerima cerita tersebut.

Teman yang objektif ini mungkin juga memiliki wawasan tentang apakah sahabat Anda kemungkinan besar akan membalas perasaan Anda atau tidak.

4. Jangan Menghindari Sahabat Anda

Karena telah yakin memiliki beberapa perasaan yang membingungkan; kecenderungan pertama Anda mungkin menghindari sahabat Anda. Anda mungkin merasa canggung atau sadar diri di sekitarnya. Tapi ingat, sahabat Anda sendiri tidak tahu bagaimana perasaan Anda.

Akan sangat buruk jika menyebabkan keretakan dengan sahabat Anda hanya karena Anda bingung dengan perasaan sendiri. Jika ada, Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman Anda hanya untuk memastikan apa yang Anda rasakan.

Perhatikan momen-momen kedekatan untuk melihat apakah Anda memang sedang jatuh cinta atau tidak.

 

3 dari 4 halaman

5. Tanyakan Perasaan Anda pada Diri Sendiri

Setelah memutuskan bahwa Anda jatuh cinta dengan sahabat Anda, dan telah membicarakannya dengan seseorang yang dapat dipercaya, Anda harus bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan penting.

Pertama, apakah Anda ingin mempertaruhkan persahabatan dengan memberi tahu mereka bagaimana perasaan Anda?

Adakah kemungkinan sahabat Anda akan bereaksi buruk, dan bisa merusak persahabatan Anda. Atau, di sisi lain, mereka mungkin merasakan hal yang sama.

Di sinilah Anda harus menimbang konsekuensinya dan memutuskan apa yang bisa atau tidak bisa Anda tangani.

6. Ambil Risiko dan Bicarakan dengan Sahabat Anda

Jika pada akhirnya memilih untuk mengambil risiko, Anda harus melakukannya dengan cara yang benar.

Anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari cara membaca bahasa tubuhnya. Ini akan memberi Anda lebih banyak kepercayaan diri untuk melanjutkannya.

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menyisihkan waktu ketika Anda dapat berbicara dengan sahabat Anda secara langsung. Bicaralah Anda ingin mengobrol dengannya.

 

4 dari 4 halaman

7. Pikirkan Apa yang Ingin Anda Katakan

Ketika hari besar semakin dekat, Anda mungkin ingin memikirkan apa yang ingin Anda katakan. Sangat menyenangkan untuk memulai dengan hal yang positif tentang betapa berartinya persahabatan itu bagi Anda.

Kemudian, Anda dapat membangun perasaan yang lebih dalam. Jujur dan langsung, ini bukan saatnya untuk malu-malu. Katakan saja bagaimana perasaan Anda, tetapi biarkan mereka tahu bahwa Anda tidak mengharapkan tanggapan langsung darinya.

Beri ia waktu untuk merenungkan perasaannya.

8. Bangun Persahabatan Anda

Skenario kasus terbaik untuk situasi ini adalah mereka merasakan hal yang sama dengan Anda.

Jika hal ini terjadi, Anda akan menemukan jenis kebahagiaan yang tidak dapat digambarkan oleh kebanyakan orang. Anda akan jatuh cinta dan menjalin hubungan dengan sahabat Anda.

Namun, apa bisa lebih baik?

Anda akan dapat membangun persahabatan untuk menemukan hubungan yang luar biasa. Di sini ada seseorang yang sudah mengetahui segala sesuatu tentang Anda dan tetap mencintai Anda.

Jika hal yang lebih buruk terjadi, dan sahabat Anda tidak merasakan hal yang sama seperti yang dirasakan, hal itu mungkin akan membuat Anda kehilangan persahabatan.

Namun, persahabatan yang baik dan solid seharusnya dapat bertahan jika dilakukan dengan kejujuran dan rasa hormat.

Sahabat Anda seharusnya tidak berbalik melawan karena jujur tentang perasaan Anda. Seorang sahabat sejati akan mampu mengatasi hal ini bersama Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.