Sukses

Diputusin Doi? Ini 5 Cara Elegan Hadapi Putus Cinta

putus cinta jadi sesuatu yang menyedihkan, kamu bisa menghadapinya dengan cara berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Fase putus cinta adalah hal yang dirasakan oleh hampir semua orang, terlebih untuk orang yang pernah menjalin hubungan romantis dengan lawan jenis. Putus cinta memang tidak enak dan terkadang menyakitkan, untuk itu penting mengontrol emosi saat putus cinta. Mengontrol emosi tidak hanya untuk pemulihan diri agar kita bisa terus melanjutkan hidup, tetapi juga untuk meningkatkan peluang kita terus berkembang.

Menjaga emosi saat sedang putus cinta mungkin memang suatu hal yang sulit dilakukan, banyak orang yang hanyut dalam kemarahan yang tidak terkontrol. Mulai dari melempar ponsel saat sedang menelepon hingga mengirim pesan dengan penuh emosi.

Lantas, apa sih tindakan yang sebaiknya kita lakukan saat putus cinta? Dan bagaimana cara agar bisa move on dari si dia? Sebetulnya ada cara yang lebih terlihat elegan dalam menghadapi situasi usai putus cinta. Mengutip laman Paired Life, Kamis (27/10/22), begini cara menghadapi perpisahan dan bagaimana untuk move on usai putus cinta:

1. Habiskan Waktu dengan Teman Dekat dan Keluarga

Biasanya setelah mengalami putus cinta, banyak orang memilih untuk menyendiri dengan pikiran cemas. Alih-alih sendirian, menghabiskan akhir pekan dengan sahabat atau keluarga adalah ide bagus. Ini karena saat kita berada di sekitar teman dan keluarga yang mendukung dan benar-benar memahami apa yang sedang dirasakan, merupakan hal yang sangat penting.

Menghabiskan waktu dengan seseorang yang kita kenal akan memberi kita nasihat dan dorongan yang bermanfaat. Usahakan untuk menghindari berkomunikasi dengan orang-orang negatif yang mungkin membuat diri justru merasa lebih buruk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Fokus pada Peningkatan Diri

Meskipun kita sebetulnya tidak boleh terlalu memikirkan kesalahan yang kita buat dalam hubungan, penting untuk jujur pada diri sendiri sehingga nantinya dapat meningkatkan hubungan di masa depan.

Terkadang mantan tidak akan memberi tahu alasan sebenarnya mereka mengakhiri hubungan karena mereka tidak ingin menyakiti perasaan kita atau mungkin itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan kita.

Salah satu cara terbaik untuk memerangi stres dan kecemasan akibat putus cinta adalah olahraga. Gunakan perpisahan sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik. Olahraga sangat membantu mengatasi stres. Dengan berolahraga, kita akan tidur lebih nyenyak dan merasa lebih baik di keesokan hari.

3 dari 5 halaman

3. Hapus Semua Kenangan

Menghapus kenangan juga salah satu hal yang harus dilakukan, seperti hapus foto bersama yang tersimpan di galeri ponsel atau simpan barang-barang yang mungkin pernah diberikan oleh mantan.

Dengan begitu, tidak ada alasan untuk kita kembali mengingat mantan yang mungkin membuat kita sakit hati. Hal itu cukup penting karena dengan menghapus kenangan itu membantu kita lebih cepat dan mudah untuk melupakannya. Selanjutnya, tanamkan dalam diri, bukan kita yang tidak cukup baik untuk seseorang, hanya saja mungkin dia bukan orang yang tepat.

4 dari 5 halaman

4. Merubah Diri Jadi Lebih Baik

Mulailah lebih menghargai diri sendiri dan memperlakukan diri dengan baik, seperti selalu meyakini diri bahwa kita sempurna dengan apa adanya, dengan tidak menyalahkan diri sendiri atas hal-hal yang di luar kendali. 

Sehingga nanti di masa depan kita akan di pertemukan dengan seseorang yang mencintai kita apa adanya bahkan mencintai semua hal tentang kita, dengan belajar menerima diri sendiri adalah langkah awal kita merasa dicintai.

Saat ini yang perlu kita tanamkan sekarang yaitu tidak perlu berubah untuk orang lain dan jangan mengurangi diri kita hanya untuk memenuhi kebutuhannya, karena dengan itu akan menjadi akhir yang salah dari membuat oraglain bahagia dan diri sendiri sengsara.

5 dari 5 halaman

5. Menyenangkan Diri Sendiri

Menyenangkan diri sendiri adalah satu hal yang sudah seharusnya kita lakukan caranya bisa dengan mengajak teman makan siang atau saudara membeli es krim, bahkan ajak dirimu melakukan perawatan seperti merapikan kuku ke salon dan lainnya.

Bebaskan diri sendiri dengan tidak membiarkan mengurung di kamar tidur hanya karena patah hati sehingga membuat badan kita sakit. Belajar hidup tanpa dia lagi, dengan berpikir jika kita tidak bergantung dengannya bahkan kita bisa melakukan banyak hal sendiri dan itu menyenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.