Sukses

Begini Karakter Manusia Berdasarkan Warna Favorit, Cocok dengan Kamu?

22 Oktober diperingati sebagai Hari Warna Nasional. Siapa sangka, warna-warna favorit ternyata juga merepresentasikan sifat manusia. Apakah cocok dengan kamu?

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 22 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Warna Nasional. Tahukah kamu, warna favorit ternyata juga mempengaruhi sifat dan karakteristik seseorang? 

Dilansir National Day Calender, Sabtu (22/10/2022), warna merupakan salah satu elemen yang sangat kuat. Alasannya karena warna dapat mempengaruhi suasana hati dan menarik perhatian.

Dunia pun dianggap akan sangat gelap tanpa warna. Oleh karena itu, warna sangat penting dalam setiap aspek kehidupan kita ini. Contohnya dokter memeriksa kesehatan melalui warna kulit pasien.

Sementara, rona merah warna di pipi seorang teman mengirimkan isyarat rasa malunya, lalu lampu lalu lintas berwarna hijau, kuning, merah, dan lain-lain.

Ada beragam jenis warna. Setiap warna juga memiliki arti yang berbeda-beda. Berikut ini adalah makna yang dirasakan dari berbagai warna di Amerika Serikat:

Red:  Kegembiraan – Cinta – Kekuatan

Yellow:  Kompetensi – Kebahagiaan

Green:  Rasa yang baik – iri – relaksasi

Blue:  Perusahaan – Kualitas Tinggi – Ketenangan

Pink: Kecanggihan – Ketulusan

Violet/Purple:  Otoritas – PowerBrown: Kekasaran

Black: Kesedihan – FearWhite: Kebahagiaan – Kemurnian.

Cara merayakan hari warna nasional:

1. Gunakan warna-warna favorit kalian

2. Abadikan momen tersebut ke media sosial dengan menggunakan hashtag #NationalColorDay.

Berikut karakter manusia berdasarkan 10 warna favorit masing-masing, sebagaimana dilansir Times of India dan Liputan6.com, Sabtu (22/10/2022):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Hitam

Hampir semua orang menganggap warna hitam adalah warna paling netral. Tampilan warna yang gelap dan tidak mendominasi ini, membuat hitam lebih disukai dan difavoritkan oleh seluruh kalangan. Terutama bagi orang yang memiliki rasa kurang percaya diri, pendiam, dan pemalu. Alasannya karena warna ini tidak mencolok mata.

Meski demikian, warna hitam sering dimaknai dengan sesuatu yang menyedihkan, dalam hal ini seperti kematian atau duka. Namun aslinya hitam sangat kuat dan mewah. Orang yang suka dengan warna ini biasanya memiliki kepribadian seperti:

- Berani

- Suka mengambil resiko

- Sedikit implusif

- Serius (terkadang sedikit serius)

- Karakter dan tekat yang kuat

- Sering mendapatkan rasa hormat dari teman atau lingkungan

- Dapat dipercaya

- Ada kecenderungan untuk mengintimidasi sesuatu

3 dari 9 halaman

2. Merah

Merah adalah pilihan warna berani yang dikaitkan dengan kegembiraan, gairah, bahaya, sensasi, energi dan aksi. Tak jarang beberapa merek menggunakan warna merah sebagai bentuk ajakan membeli. Misalnya ajakan untuk 'pesan sekarang’ atau ‘belanja sekarang’. 

Warna merah adalah warna yang mampu memancing emosi sangat kuat dan mendorong orang untuk membeli sesuatu. Contohnya kita akan lebih tertarik dengan makanan berbau pedas-pedas. Berikut kepribadian penyuka warna merah biasanya memiliki karakter seperti berikut:

- Berani

- Pencari sensasi

- Pencinta petualangan

- Bisa menjadi sedikit implusif

- Bisa menjadi pelaku intimidasi

4 dari 9 halaman

3. Pink

Merah muda atau pink selalu dikaitkan dengan pribadi seseorang yang agak tidak dewasa dan kekanak-kanakan. Maka dari itu mengapa warna ini sering dipakai pada merek mainan anak-anak untuk menandakan keceriaan yang semu.

Tak hanya itu, orang dewasa yang memakai warna pink cenderung kurang percaya diri, karena merasa dirinya terllau heboh. 

Orang yang suka dengan warna merah muda memiliki ciri kepribadian seperti:

- Lugu dan sedikit naif

- Cenderung menggunakan hati dan jarang menggunakan logika

- Tidak takut mengapresiasikan emosi

- Penuh cinta terutama pada keluarga

5 dari 9 halaman

4. Putih

Putih identik dengan kesucian dan bersih. Seseorang yang menyukai warna putih menginginkan rasa kepuasan. Mereka cenderung terorganisir, logis, dan berorientasi pada detail di tempat kerja. 

Warna ini juga dikaitkan dengan kemandirian dalam menciptakan sesuatu. Putih juga bisa membangkitkan perasaan tulus dan sederhana. Kualitas dan kesan dari warna putih ini membuat banyak perusahaan suka memakainya warna ini. Misalnya, Apple memiliki latar belakang putih sederhana.

Sementara, berikut adalah karakteristik manusia yang menyukai warna putih:

- Polos

- Tenang

- Sedikit naif

- Menyukai hal-hal yang bersih dan teratur

- Menyukai sesuatu hal yang baru, apabila ada kesalahan ia mudah membuat situasi seperti tidak pernah terjadi

  

6 dari 9 halaman

5. Biru

Warna biru dikenal dengan kedamaian, stabil layaknya air, dan sejuk. Warna ini biasanya menggambarkan sebuah produk yang dikenal karena daya tahan dan kekuatannya. Banyak perusahaan elektronik ternama bahkan memakai warna biru pada logo mereka. Contohnya Samsung, Nokia, dan lain-lain.

Tidak jauh berbeda dengan putih, orang yang menyukai warna biru benar-benar menarik dan Anda bisa sangat beruntung jikalau bertemu dengan si biru, karena mereka memiliki karakter seperti:

- Lembut

- Mudah dipercaya

- Penuh kasih sayang

- Tenang

- Loyal

- Kuat

- Pandai menyusun strategi

- Mudah beradaptasi dengan orang dan lingkungan baru

7 dari 9 halaman

6. Hijau

Selain biru dan putih, hijau juga sering dimaknai sebagai warna yang memberi kedamaian dan kesejukan. Alasannya, hijau sering diartikan dari warna pohon yang melambangkan kesejukan.

Dua hal yang membuat dunia berputar ketika kita melihat warna hijau, yaitu alam semesta dan uang. Orang yang suka dengan warna hijau biasanya berkepribadian seperti:

- Suka hidup sehat

- Suka dengan sesuatu yang alami

- Ambisi untuk sebuah kekayaan

- Mencari kesejahteraan yang ulet

- Memiliki kemurahan hati

- Namun mereka kerap memiliki sifat iri hati dan kecemburuan yang besar

8 dari 9 halaman

7. Orange

Jika kalian menyukai warna oranye dan sering menggunakannya, kalian bisa menjadi sangat energik. Warna ini bahkan digunakan untuk pil karena merupakan stimulan yang baik. 

Warna ini sangat kuat dan bisa dikaitkan dengan lingkungan sosial yang dinamis. Oranye juga membawa kegembiraan dan energi. Ini sebabnya banyak tim olahraga menggunakannya untuk seragam mereka.

9 dari 9 halaman

8. Ungu

Warna ungu sering disebut sebagai warna janda. Warna ungu dikenal sebagai warna yang membuat frustasi. Orang-orang yang menyukai warna ungu juga dianggap sombong dan ingin menjadi seorang yang istimewa. Selain itu ciri-ciri berikut ini juga ada pada kepribadian ungu:

- Cerdas

- Menyukai hal unik

- Menginginkan dirinya menonjol dari orang lain

- Menyukai musik dan tarian yang tidak disukai orang secara umum

- Memiliki kreatifitas dan inspirasi yang dapat membahayakan orang lain

- Mengabaikan orang lain bahkan dunia demi dirinya sendir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini