Sukses

10 Bau Ini Tanda Kedatangan Makhluk Halus?

Kehadiran makhluk halus ternyata bisa diketahui dari aroma menyengat yang kamu cium di sekitar. Bau apa saja yang menandakan kehadiran makhluk halus?

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu terkadang mencium bau yang tidak biasa secara tiba-tiba? Mungkinkah hanya aroma biasa saja? Coba kamu kenali aroma tesebut lebih dalam, mungkin saja bau tersebut menandakan kehadiran sosok gaib yang tidak kamu lihat.

Keberadaan makhluk halus memang dipercayai oleh sebagian orang. Bahkan, kita bisa saja hidup berdampingan dengan makhluk tak kasat mata tersebut. Adapun kehadirannya mengundang rasa penasaraan hingga ketakutan.

Jika kamu cukup peka dengan bau-bauan tertentu maka sebaiknya kamu waspada.  Pasalnya, beberapa jenis bau-bauan yang ada dibawah ini bisa menjadi pertanda kedatangan hantu jenis tertentu.

Seperti dikutip dari  Fimela.com dan berbagai sumber lainnya, berikut ini beberapa bau yang mungkin menandakan kedatangan makhluk halus: 

1. Bau Bunga Melati

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bau melati menjadi pertanda munculnya hantu perempuan. Jika kamu mencium aroma ini, padahal tidak ada bunga melati di dekat kamu, maka berhati-hatilah  artinya ada kuntilanak atau hantu-hantu perempuan yang sedang mendekatimu.

Kuntilanak atau sering disingkat kunti adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir.

2. Bau Kemenyan

Bau kemenyan adalah yang patut paling diwaspadai. Pasalnya, bau ini merupakan serangan sihir dari jin. Biasanya bau ini akan muncul ketika seseorang melakukan santet atau guna-guna kepada orang lain.

3. Kabel Gosong

Aroma satu ini kerap muncul saat terjadi konsleting listrik. Namun, jika bau kabel gosong yang menyengat datang tiba-tiba dan tak dikenali sumbernya, bisa juga menjadi tanda kehadiran Banaspati. Banaspati adalah mitos hantu atau roh jahat berwujud seperti api dan berelemen utama api.

Sosoknya bisa mengambil bentuk bola api atau pusaran api. Sosok Banaspati ini biasanya terbang rendah dari suatu tempat ke tempat lain dengan mengambil rupa layaknya bola api atau pusaran api yang menyala-nyala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aroma Kabel Gosong Hingga Bau Darah

4. Bau Minyak Mistik dan Wangi-wangian

Kamu harus segera waspada jika mencium bau-bauan seperti minyak mistik dan harum menyerbak.

Jika bau ini tercium sangat kuat tanpa sebab, itu pertanda ada hantu pocong berada didekat kamu. Pocong adalah sejenis hantu yang berwujud manusia yang terbungkus kafan.

5. Bau Darah

Salah satu bau yang menjadi pertanda adanya makhluk halus ini sering dikaitkan dengan keberadaan wewe gombel. Ya, hantu Wewe Gombel sering menunjukkan keberadaannya dengan menebarkan semerbak bau darah yang tak jelas sumbernya.

Dilansir liputan6.com Wewe Gombel atau disebut juga Kalong Wewe adalah sebuah istilah dalam tradisi Jawa yang berarti roh jahat atau hantu yang suka menculik anak-anak.

Hantu Wewe Gombel sering menunjukkan keberadaannya dengan menebarkan semerbak bau darah yang tak jelas sumbernya. Hantu ini terkenal sebagai hantu yang suka menculik anak-anak kecil yang suka bermain diwaktu matahari terbenam.

3 dari 4 halaman

Bau Bangkai hingga Bau Pandan Menyengat

6. Bau Bangkai

Yang lebih mengerikan lagi, aroma kuntilanak tidak hanya semerbak bunga melati saja, tapi juga disertai bau bangkai yang sangat menyengat. Perhatikan sekitar kamu dan mulailah waspada jika bau ini semakin mendekat.

7. Buah Sawo

Ada aroma bau sawo didekatmu meski tak ada pohonnya di sekitarmu, kamu harus waspada. Hal ini dikarenakan bau buah sawo bisa jadi tanda kehadiran makhluk halus berupa memedi sawah.

8.  Bau pandan menyengat

Tiba-tiba bau pandan menyengat artinya ada hantu keblek. Hantu ini menurut kepercayaan masyarakat Jawa banyak dipanggil untuk ritual pesugihan.

Dari buku Ensiklopedi Hantu dan Mahkluk Gaib Nusantara yang di tulis oleh Ferren Biancaa, Hantu Keblek adalah sebutan bagi burung yang dipercayai merupakan makhluk jadi-jadian. Dipercaya bahwa hantu keblek merupakan makhluk lelembut yang memiliki wujud seperti binatang.

4 dari 4 halaman

Bau Singkong Bakar pertanda Genduruwo

9. Bau Singkong Bakar

Jangan senang dulu kalau ada bau singkong bakar. Jika tidak ada orang yang sedang membakar singkong, bau ini bisa jadi pertanda kalau ada makhluk halus sejenis genderuwo di sekitar kamu.

Genderuwo adalah mitos Jawa tentang sejenis bangsa jin atau makhluk hakus yang berwujud manusia mirip kera yang bertubuh besar dan kekar dengan warna kulit hitam kemerahan, tubuhnya ditutupi rambut lebat yang tumbuh disekitar tubuh.

10.  Bau Anyir dan Harum

Kalau bau harum yang kamu cium bersamaan dengan anyir darah segar, itu bisa menjadi pertanda ada sundel bolong yang singgah didekat kamu.

Sundel Bolong adalah mitos hantu dari nusantara yang umumnya digambarkan sebagai wanita cantik berambut panjang dan bergaun panjang warna putih yang bolong di bagian punggung yang sedikit tertutup rambut panjangnya sehingga organ-organ bagian tubuh perut terlihat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.