Sukses

Buat Kamu yang Sibuk, Ini 21 Rekomendasi Film Berdurasi Kurang dari 90 Menit

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki berbagai kesibukannya masing-masing. Seringkali, mereka lupa diri dan tidak memiliki waktu sama sekali untuk bersantai.

Ada banyak cara untuk bersantai, entah dengan berolahraga, membaca buku, mendengarkan musik, dan lain-lain. Salah satu aktivitas paling terkenal dilakukan saat bersantai, tentu adalah menonton film.

Dilansir PsychCentral, ada banyak manfaat dari menonton film. Pertama, menonton film dapat membuat mood naik, sebuah bentuk relaksasi, memberikan motivasi, menurunkan stres, bahkan sebagai refleksi diri. 

Bagi kalian yang super sibuk namun masih ingin dapat menonton film, berikut beberapa rekomendasi film di bawah durasi 90 menit. Acap kali rekomendasi ini dapat membantu kalian melewati hari-hari yang menjenuhkan.

1. Zombieland - 88 Menit

Zombieland merupakan film tahun 2009 karya Ruben Fleischer (Venom, Uncharted). Film yang bercerita mengenai 4 orang di saat kiamat zombie ini berhasil menampilkan banyak adegan lucu sekaligus aksi.

Walau bergenre komedi, perlu diingat film ini menampilkan banyak adegan berdarah. Fim ini dibintangi beberaa nama terkenal seperti Woody Harrelson, Jesse Eisenberg, dan Emma Stone.

2. Cloverfield - 85 Menit

Cloverfield merupakan film tahun 2008 garapan Matt Reeves, sutradara sama yang pada tahun ini membuat The Batman. Cloverfield bercerita mengenai sekelompok orang yang harus bertahan hidup di tengah serangan makhluk asing.

Film ini berhasil memberikan banyak ketegangan untuk penonton, melalui gaya kameranya. Film ini bergenre thriler dan sains fiksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Film Remaja dan Romantis

3. Stand by Me - 89 Menit

Dirilis tahun 1986, film garapan Rob Reiner ini merupakan adaptasi dari novel The Body karya Stephen King.

Dalam penyelenggaraan acara Oscar 1987, film ini bahkan mendapatkan nominasi Best Writing, Screenplay Based on Material from Another Medium, atau yang sekarang dinamai Best Adapted Screenplay.

Stand by Me bercerita mengenai 4 anak muda yang pergi untuk melihat jasad kecelakaan kereta. Tenang, ini bukan film horor, melainkan fim drama-remaja atau yang dikenal dengan sebutan coming-of-age.

Stand by Me mengajarkan kita arti persahabatan dan kesetiaan yang seringkali menjadi pertanyaan di masa-masa remaja. Klasik.

4. Before Sunset - 84 Menit

Merupakan film kedua dari trilogi Before. Film tahun 2004 ini digarap oleh Richard Linklater (Dazed and Confused, School of Rock, Boyhood).

Dalam durasi yang terbilang sebentar, Before Sunset berhasil menyajikan salah satu cerita cinta terbaik sepanjang masa. Bercerita mengenai pertemuan dua orang setelah 9 tahun tidak bertemu. Pembicaraan itu berisi penuh pertukaran cerita, pikiran, dan perasaan.

3 dari 5 halaman

Horor

5. Evil Dead - 85 Menit

Evil Dead adalah film horor tahun 1981, karya Sam Raimi (trilogi Spider-Man, Oz the Great and Powerful). Bercerita mengenai sekelompok pemuda yang sedang berlibur di salah satu kabin di hutan. Karena suatu kelalaian, salah satu pemuda membuat para iblis terbangun dan kemudian mengincar nyawa mereka semua.

Evil Dead memiliki alur yang cepat. Iblis-iblis yang muncul sangat mengesankan, benar-benar berhasil menyajikan unsur gore penuh darah.

Perlu diketahui juga bahwa pada tahun 2013 Evil Dead di-remake oleh Fede Álvarez, yang pada tahun 2016 membuat Don't Breath. Versi remake berdurasi 91 menit dan dinilai jauh lebih berdarah dan menyeramkan dibanding versi asli.

6. The Texas Chain Saw Massacre - 83 Menit

Dirilis pada tahun 1974, karya Tobe Hooper ini merupakan film yang memperkenalkan tokoh horor ikonik Leatherface di dunia.

The Texas Chain Saw Massacre bercerita mengenai sekelompok pemuda yang sedang berlibur. Saat mengunjungi salah satu rumah, mereka tidak sadar telah menjadi incaran pembunuh gila.

The Texas Chain Saw Massacre jadi definisi bagi film horor karena tidak banyak menjelaskan apa-apa ke penonton, dan hanya fokus memberikan berbagai kengerian. Para penonton pun dibuat bingung oleh banyaknya kegilaan di film ini.

4 dari 5 halaman

Animasi

7. My Neighbor Totoro - 86 Menit

Merupakan karya terkenal dari studio Ghibli. Dibuat oleh Hayao Miyazaki pada tahun 1988. My Neighbor Totoro bercerita mengenai seorang adik-kakak yang menempati rumah baru dan kemudian berteman dengan roh-roh baik.

Sama seperti film Ghibli lainnya, My Neighbor Totoro menampilkan banyak adegan animasi yang apik, yang bahkan sampai saat ini masih terlihat indah dan baik. Film ini juga menampilkan banyak hal imajinatif.

8. Grave of the Fireflies - 89 Menit

Merupakan film Ghibli lainnya yang berdurasi di bawah 90 menit. Film karya Isao Takahata ini juga dirilis tahun 1988 sama seperti My Neighbor Totoro. Grave of the Fireflies bercerita mengenai adik-kakak yang harus bertahan hidup pasca perang pada tahun 1945.

Berbeda dengan My Neighbor Totoro yang imajinatif, Grave of the Fireflies lebih banyak menyajikan kesedihan. Digambarkan secara sederhana serta tenang, para penonton dibawa ke dalam duka kehidupan para korban perang.

5 dari 5 halaman

Rekomendesai Lain

Selain delapan fillm di atas, berikut telah ami tulis beberapa rekomendasi lainnya, lengkap dengan genre dari masing-masing film. 

Drama

Frances Ha (2012) - 86 menit

Aksi

Chronicle (2012) - 89 menit

Attack the Block (2011) - 88 menit

Komedi

Borat: Cultural Learnings of America for Make Benefit Glorious Nation of Kazakhstan (2006) - 84 menit

What We Do in the Shadows (2014) - 86 menit

Scary Movie (2000) - 88 Menit

Scary Movie 2 (2001) - 83 Menit

Horor atau thriler

Child’s Play (1988) - 87 Menit

Don't Breath (2016) - 88 Menit

Animasi stop-motion 

The Nightmare Before Christmas (1993) - 76 Menit

Fantastic Mr. Fox (2009) - 87 Menit

Animasi

The Lion King (1994) - 89 Menit

Toy Story (1995) - 81 Menit 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS