Sukses

Ahli: Setop Kebiasaan Ini Saat Menggosok Gigi, Bisa Merusak

Dokter gigi menasehati kebiasaan yang sebaiknya dihentikan saat menggosok gigi

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari kita diajari untuk menyikat gigi dua kali sehari dan menjaga kebersihan gigi kita - tetapi seorang ahli telah mendesak orang untuk menghentikan satu kebiasaan umum.

Oral Health Foundation telah mengungkapkan bahwa setidaknya satu dari tiga orang dewasa di Inggris memiliki beberapa bentuk kerusakan gigi, sementara satu dari empat tidak menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride.

Merawat kebersihan gigi kita adalah kunci untuk mencegah kerusakan gigi, dan dokter gigi Bupa Dental Care Silviu Cartas telah membagikan tips terbaiknya untuk menjaga gigi yang kuat dan sehat.

Ahli menyarankan untuk tidak membilas mulut Anda atau berkumur dengan air setelah menyikat gigi dan obat kumur.

Dia mengatakan kepada Express: “Orang cenderung berkumur setelah menyikat.Namun, ini menyebabkan penghilangan fluoride dari gigi, yang berarti tidak dapat memberi manfaat bagi gigi dengan memperkuat mineral dalam email."

“Oleh karena itu, Anda harus meludah, tidak berkumur, dan menghindari penggunaan obat kumur setelah menyikat gigi, karena kandungan fluorida dalam obat kumur lebih sedikit daripada pasta gigi."

"Kebiasaan yang lebih bermanfaat adalah menggunakan pembilasan fluoride ini di lain waktu di siang hari atau mengikuti panduan yang diberikan oleh dokter gigi atau ahli kesehatan Anda."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan aktif pasta gigi butuh waktu untuk menempel

Silviu menambahkan: “Pasta gigi memiliki bahan aktif yang membutuhkan waktu untuk lepas/melekat pada gigi. Membilas setelah menyikat menghilangkan bahan-bahan ini dan manfaatnya."

Pasta gigi antibakteri/antikavitas menyimpan polimer perekat pada gigi (pelindung pelindung); membilas segera setelah menyikat mengencerkannya dan akhirnya menghilangkannya.

“Kumur biasanya memiliki konsentrasi fluoride yang lebih rendah daripada pasta gigi. Oleh karena itu akan mencairkan konsentrasi fluoride di mulut jika digunakan segera setelah menyikat gigi.”

Dia juga memperingatkan orang tua bahwa obat kumur tidak boleh digunakan oleh anak-anak sebelum usia enam tahun karena risiko menelannya.

“Untuk anak-anak dengan risiko tinggi karies (kerusakan gigi), berkumur harus diawasi jika dokter gigi mereka telah merekomendasikan menggunakan obat kumur tertentu,” katanya.

Silviu memberikan beberapa tips terbaik untuk menjaga kesehatan gigi dan mengurangi risiko kerusakan gigi.

 

3 dari 4 halaman

Tips menjaga kesehatan gigi

1. Mengganti sikat gigi

Penting untuk secara teratur mengganti sikat gigi Anda untuk pembersihan yang efisien - bakteri berbahaya dapat berkembang pada sikat gigi tua.

Pakar menyarankan untuk memantau keausan bulu sikat Anda dan sering menggantinya.

Dia merekomendasikan untuk menggunakan kepala sikat gigi baru setiap tiga sampai empat bulan untuk sikat gigi elektrik, namun hal ini dapat bervariasi dari satu produsen ke produsen lainnya.

2. Flossing

Flossing, juga dikenal sebagai pembersihan interdental, dan menyikat gigi normal harus saling melengkapi - meskipun kebanyakan orang hanya fokus pada menyikat gigi.

Menggunakan teknik-teknik ini bersama-sama memastikan Anda menutupi lebih banyak permukaan gigi Anda, mengurangi aksi asam yang tahan lama pada permukaan yang tersembunyi.

 

4 dari 4 halaman

Tips kebersihan gigi

3. Menyimpan sikat gigi

Dokter gigi mengungkapkan bahwa menyiram toilet dapat menciptakan efek aerosol, dan menyemprotkan kuman ke udara.

Dia merekomendasikan untuk menjauhkan tempat sikat gigi Anda dari toilet dan wastafel untuk mengurangi jumlah bakteri yang mungkin menempel di sana.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sikat gigi yang disimpan di kamar mandi memiliki bekas kotoran.

4. Diet

Diet sehat dapat mengurangi efek merusak dari asam yang bersentuhan dengan gigi Anda - kebanyakan orang tidak menyadari bagaimana makanan tertentu dapat menetralkan asam di mulut Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.