Sukses

Lidah Buaya hingga Teh, 5 Bahan Alami Ini Dapat Memperbaiki Rambut Rusak

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat memperbaiki rambut yang bisa Anda coba di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Rambut rusak sudah menjadi masalah yang umum dialami oleh para wanita maupun pria. Umumnya kerusakan pada rambut disebabkan oleh berbagai faktor yang berbeda-beda seperti stres, terlalu sering keramas, kerusakan akibat panas, terlalu sering memakai pewarna rambut dan hal-hal lainnya. 

Namun jangan khawatir, ada beberapa bahan yang dapat memperbaiki kerusakan pada rambutmu secara alami. Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat memperbaiki rambut dilansir dari berbagai sumber: 

1. Lidah Buaya 

Lidah buaya sudah menjadi rahasia umum untuk memperbaiki rambut rusak seperti rambut rontok, ketombe dan minyak berlebih. Lidah buaya juga dipercaya kaya akan zat antioksidan seperti fenol, flavonoid, dan saponin. Kandungan lidah buaya lain yang juga memiliki manfaat untuk rambut adalah asam amino. 

Selain itu, kadar air yang tinggi dalam lidah buaya juga merupakan salah satu alasan lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan juga kecantikan. Tidak hanya dapat memperbaiki rambut rusak tapi juga dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Caranya sangat mudah yaitu pertama potong lidah buaya, setelah itu oleskan gel lidah buaya ke seluruh bagian rambut, lalu diamkan selama 30 menit hingga kandungannya meresap terakhir bilas rambut menggunakan air. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Santan

Ternyata santan tidak hanya bisa digunakan untuk memasak tetapi santan juga bisa digunakan untuk memperbaiki rambut. Kandungan santan banyak sekali yang bermanfaat untuk tubuh kita, antara lain vitamin B1, B3, B5, B6, vitamin C dan E, juga zat besi, selenium, kalsium, magnesium dan fosfor. 

Semua kandungan santan ini mempunyai efek yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, dan beberapa diantaranya bermanfaat untuk kesehatan rambut juga yaitu memberi nutrisi pada rambut, mencegah kebotakan, membuat rambut lebih lembut, mengatasi rambut rontok, mengatasi rambut bercabang dan lain lain.

Caranya yaitu parut buah kelapa kemudian saring hingga menjadi santan, setelah itu balurkan santan ke kepala secara perlahan hingga rata lalu tutup rambut menggunakan shower cap dan diamkan selama 20 menit hingga meresap. Kemudian bilas menggunakan shampo yang biasa digunakan. 

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sudah tidak asing lagi digunakan untuk masalah kesehatan dan kecantikan. Salah satunya yaitu untuk memperbaiki rambut rusak. Minyak kelapa dan minyak zaitun setelah dicampurkan dapat melembabkan rambut. Dengan mencampurkan minyak zaitun dan minyak kelapa setelah itu oleskan ke rambut secara perlahan agar semua merata lalu tutup menggunakan shower cap atau sejenisnya dan diamkan beberapa saat. Kemudian bilas menggunakan shampo seperti biasa disarankan tidak menggunakan kondisioner setelah itu.

3 dari 4 halaman

4. Kemiri

Tumbuhan yang lebih dikenal sebagai rempah-rempah ini tak hanya cocok untuk bumbu masakan, tapi juga bagus untuk menjaga penampilan rambut agar tetap paripurna. Manfaat kemiri untuk rambut didapatkan dari protein, karbohidrat, mineral dan vitamin. Kandungan mineral yang ada di dalam kemiri di antaranya adalah fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.

Sementara vitamin yang ada di dalam kemiri adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B9. Kemiri juga mengandung beberapa zat lain yang bermanfaat seperti saponin, flavonoid, polifenol, dan fitosterol Manfaat kemiri untuk rambut ini sudah banyak dibuktikan dengan beragam testimoni masyarakat.

Kemiri yang sudah diolah menjadi minyak diketahui memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk kulit kepala dan rambut. Sudah sangat lama manfaat kemiri digunakan sebagai ramuan kesehatan rambut. Lantas apa saja manfaat kemiri untuk rambut? Yaitu dapat menghitamkan rambut, mengurangi rambut rontok, menghilangkan ketombe, dan lain lain.

Cara menggunakannya sangat mudah yaitu dengan mengoleskan minyak kemiri ke kepala secara merata setelah itu diamkan selama beberapa menit kemudian bilas menggunakan shampo yang biasa digunakan. Disarankan untuk melakukan pengulangan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4 dari 4 halaman

5. Teh

Teh mungkin sudah sering kamu konsumsi untuk menemani camilan, meredakan rasa mual, atau meredakan rasa sakit di tenggorokan. Namun, selain untuk hal-hal tersebut, teh juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi rambut rusak dengan bahan alami.Kamu bisa mencoba menggunakan baik teh hijau ataupun teh hitam. Teh hijau dikenal memiliki katekin yang mengandung 5-alpha-reductase. K

andungan tersebut akan membantu menghalau DHT (dihydrotestosterone), salah satu yang menjadi penyebab utama kerontokan.Sementara itu, teh hitam dipercaya dapat memberikan efek berkilau pada rambut terutama bagi pemilik rambut gelap. Untuk rambut terang, teh hitam bisa diganti dengan teh chamomile. Untuk pengaplikasiaannya, Anda bisa menyeduh teh yang Anda mau, tapi jangan pakai gula ya. Nah, seduhan teh tersebut nantinya Anda gunakan sebagai siraman terakhir saat keramas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.