Sukses

Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Bisa Menyebabkan Rambut Rontok

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda makan sehat dan rambut masih rontok, Anda harus melakukan sesuatu. Seringkali kita tidak mencari bantuan medis untuk rambut rontok, tetapi pernahkah Anda memikirkan alasan yang menyebabkan rambut Anda kian menipis seiring waktu?

Dr. Blossom Kochhar, Ketua Grup Perusahaan Blossom Kochhar, memberi tahu alasan utama yang menyebabkan penipisan rambut. Rupanya ada beberapa hal yang dikatakan menjadi penyebab rambut rontok dan hal tersebut jarang disadari banyak orang. Dilansir dari Times of India, Minggu (!4/8/2022), berikut ulasannya.

1. Stres 

Ketika kita berpikir terlalu banyak, dalam keadaan tertekan, seluruh sistem saraf & sistem pencernaan kita mengalami tekanan. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan di dalam dan apa pun yang kita makan atau lakukan tidak memberikan nutrisi yang dibutuhkan sehingga menyebabkan kerontokan dan penipisan rambut.

2. Diet 

Diet bisa menyebabkan tubuh kekurangan biotin, seng dan vitamin D menyebabkan penipisan rambut, bahkan kekurangan vitamin D menyebabkan alopecia. Jadi, pastikan untuk memiliki diet seimbang dan menjaga gaya hidup sehat.

3. Ketombe 

Pelaku kejahatan lainnya yang menyebabkan rambut rontok adalah ketombe, karena serpihan menumpuk, kita cenderung menggaruk dan gatal, yang membuat batang rambut lemah yang mengakibatkan penipisan dan kerontokan rambut.

4. Penurunan berat badan 

Penurunan berat badan yang signifikan dapat berdampak buruk pada rambut Anda. Saat menurunkan berat badan, kita juga kehilangan beberapa nutrisi penting dan mengembangkan kekurangan yang menyebabkan kerontokan rambut.

5. Usia 

Baik pria maupun wanita, seiring bertambahnya usia banyak perubahan yang terjadi pada tubuh dan rambut menjadi lebih halus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tips Mudah Merawat Rambut Rontok di Rumah

Rambut rontok sering kali menjadi permasalahan umum bagi sebagian orang baik wanita ataupun pria. Rontoknya rambut dapat disebabkan berbagai macam hal terutama jika rontoknya rambut mulai tidak wajar patut untuk diwaspadai.

Banyak cara untuk mencegah rontoknya rambut, baik dengan perawatan ke dokter ataupun di rumah dengan cara-cara yang lebih alami. Sebagian besar perawatan di rumah dapat dilakukan dengan mudah dan dapat mencegah terjadinya kerontokan tersebut jika kita konsisten melakukannya. Berikut adalah beberapa cara perawatan rambut rontok yang dapat kamu lakukan dengan mudah di rumah.

Pertahankan Pola Hidup Sehat

Rontoknya rambut juga sangat dapat dipengaruhi oleh adanya pola hidup yang kurang sehat, beberapa penyakit seperti anemia atau kurang darah dapat menyebabkan rambut mudah rontok. Tidak hanya penyakit dalam diri seseorang, tetapi jika kita mudah stres maka dapat juga menjadi alasan rambut dapat rontok.

Demi mencegah terjadinya kerontokan rambut, maka cara paling pertama yang harus kita lakukan adalah menjaga pola hidup sehat, yaitu mencari cara untuk meredakan stres, ataupun melakukan kegiatan olahraga serta membagi waktu dengan diri sendiri untuk memberikan diri istirahat yang cukup.

3 dari 5 halaman

Memberikan Nutrisi pada Rambut

Setelah kita melakukan pola hidup yang sehat langkah selanjutnya yang juga harus kita lakukan adalah memberikan rambut asupan nutrisi yang cukup. Memberikan asupan nutrisi dapat menjaga kesehatan rambut kita dan memberikan perawatan yang seimbang dari dalam diri kita.

Nutrisi yang dapat diberikan seperti, asupan protein yang bisa didapatkan dari makanan seperti telur, asupan omega-3 yang dapat didapatkan dari makanan seperti ikan, memberikan berbagai macam vitamin yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin D, serta vitamin E yang bisa didapatkan dari sayur dan buah-buahan. Ataupun menggunakan minyak rambut yang mengandung vitamin-vitamin tersebut. Juga dapat memberikan asupan nutrisi dari zat besi.

4 dari 5 halaman

Memperlakukan Rambut dengan Baik

Tanpa disadari terkadang kita juga memperlakukan rambut kurang baik sehingga rambut mengalami berbagai macam permasalahan. Bagaimana kita melakukan penataan rambut seperti mencatok, mengeriting, bahkan mengikat rambut juga terkadang dapat membuat rambut rontok bahkan mengalami permasalahan rambut lainnya.

Maka dari itu, penataan rambut yang baik dan benar harus dapat dilakukan dengan baik, jika menata rambut seperti mencatok harus diikuti dengan perawatan vitamin seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, atau ketika mengikat rambut harus dilakukan dengan hati-hati dan lembut.

5 dari 5 halaman

Jangan Keramas Berlebihan

Jangan keramas berlebihan merupakan salah satu hal yang penting juga dalam perawatan rambut. Mungkin banyak orang mengira dengan keramas setiap hari merupakan hal yang baik untuk dilakukan.

Namun pada kenyataannya jika kita terlalu sering menggunakan sampo juga dapat membuat rambut rusak, mudah patah, hingga kering. Maka jika tidak ingin rambut cepat rontok disarankan untuk keramas 1-3 kali seminggu saja.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS