Sukses

Bisa Tidur Sambil Berdiri dan Punya Refleks Cepat, Ini 10 Fakta Unik tentang Kuda

Liputan6.com, Jakarta Kuda telah menjadi bagian dari masyarakat selama bertahun-tahun dan untuk berbagai alasan. Kuda adalah hewan pekerja, sahabat dan atlet dalam olahraga berkuda, untuk beberapa jenis. 

Meskipun kuda adalah hewan yang begitu terkenal, ada banyak fakta yang mungkin akan mengejutkan Anda tentang makhluk luar biasa ini. Dilansir dari laman BC SPA (The British Columbia Society for the Prevention of Cruelty to Animals), berikut deretan fakta unik tentang kuda yang tak banyak orang tahu. 

1. Kuda tidak bisa bernapas melalui mulut

Kuda adalah hewan yang memiliki sistem pernapasan nasal. Ini berarti bahwa mereka hanya bisa bernapas melalui hidung, bukan melalui mulut seperti yang bisa dilakukan manusia.

2. Kuda bisa tidur sambil berdiri

Kuda memiliki sistem tendon dan ligamen yang kuat yang memungkinkan kuda mengunci kaki mereka pada posisi berdiri sehingga mereka dapat bersantai tanpa terjatuh. 

Saat tidak tidur, kuda juga menggunakan alat ini untuk beristirahat sambil berdiri dalam waktu lama agar tidak kelelahan. Hal ini memungkinkan mereka untuk menghemat energi sambil berdiri sehingga mereka siap untuk berlari jika diperlukan. Meski begitu bukan berarti kuda tidak pernah berbaring. Mereka menghabiskan sedikit waktu setiap hari berbaring untuk tidur lebih nyenyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

3. Kuda memiliki refleks secepat kilat

Jika situasi muncul saat mereka harus bertarung, mereka dapat beralih dari berdiri diam dan memberikan tendangan yang kuat hanya dalam 0,3 detik, sedangkan waktu reaksi manusia adalah 1,6 detik.

4. Kuda memiliki 10 otot berbeda di telinganya

Ini memungkinkan mereka untuk berputar hampir 180 derajat dan bergerak secara independen satu sama lain. Manusia hanya memiliki tiga otot di telinganya.

5. Kuda memiliki penglihatan hampir 360 derajat

Ini karena posisi mata kuda di sisi kepala mereka. Namun, mereka memiliki dua titik buta, satu tepat di belakang mereka, dan yang lainnya tepat di depan dan di bawah hidung mereka. Ini berarti bahwa mereka tidak dapat melihat rumput yang mereka gembalakan, atau wortel yang Anda tempelkan pada mereka. 

Sebaliknya, mereka menggunakan bibir, kumis, dan indra penciuman mereka yang sensitif untuk mengetahui apa yang ada di depan mereka dan memutuskan apakah mereka ingin memakannya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

6. Kuda tidak memiliki gigi di tengah mulutnya

Kuda tidak memiliki gigi di tengah mulutnya. Anda juga dapat memperkirakan usia kuda dengan melihat giginya.

7. Kuda adalah hewan yang sangat cerdas

Mereka dapat diajari banyak tugas berbeda melalui penguatan positif dan pelatihan, seperti halnya anjing. Satu studi menunjukkan bahwa kuda memiliki kemampuan untuk mengomunikasikan kebutuhan mereka kepada penjaga mereka; kuda-kuda ini belajar berkomunikasi apakah mereka menginginkan selimut di dalam atau di luar dengan menyentuh simbol di papan yang telah disediakan.

8. Nenek moyang kuda yang paling awal diperkirakan hidup 55 juta tahun yang lalu

Nenek moyang kudang ini hanya seukuran anjing Labrador retriever. Kuda dijinakkan sekitar 6000 tahun yang lalu, diperkirakan dari bukti yang ditemukan di situs arkeologi. Mereka pertama kali dijinakkan sebagai sumber makanan.

9. Kuda memiliki panggul yang tetap

Kuda memiliki panggul yang tetap, sehingga tidak dapat melakukan split. Mereka memang memiliki beberapa gerakan lateral, memungkinkan mereka untuk menggaruk telinga mereka dengan kaki belakang mereka. 

10. Kuda adalah hewan yang sangat sosial

Karena kuda adalah spesies mangsa, mereka menemukan keamanan dalam kawanan dan membentuk hubungan sosial yang kuat satu sama lain. Mereka menggunakan indra mereka untuk mengenali kuda-kuda yang mereka kenal dan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang berteman dengan mereka. Di alam liar, seekor kuda akan berjaga-jaga, sementara kuda-kuda lainnya dalam kawanan meluangkan waktu untuk makan, istirahat, dan tidur.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS