Sukses

Makanan yang Jatuh Sebelum Lima Detik Masih Aman Kita Makan, Benarkah?

Apa benar makanan yang jatuh sebelum lima detik masih aman kita makan?

Liputan6.com, Jakarta Kita semua pernah melakukannya - tanpa sengaja menjatuhkan permen kita ke lantai tetapi langsung mengambilnya sebelum lima detik dan meniupnya dengan cepat. Kemudian kita berharap itu akan baik-baik saja.

Sayangnya, Aturan Lima Detik atau Lima Menit yang terkenal itu tidak berlaku karena itu hanyalah mitos. Terlebih, tidak ada dukungan ilmiah sama sekali untuk aturan itu.

Sebuah studi oleh Rutgers University di New Jersey telah membantah praktik kuno tersebut, menjelaskan bahwa bakteri dapat berpindah ke makanan dalam waktu kurang dari satu detik.

Itu berarti tidak ada gunanya mencoba menyelamatkan makanan Anda setelah tanpa sengaja jatuh ke lantai.

Profesor Donald Schaffner, yang memimpin penelitian, melaporkan bahwa "gagasan populer" itu sepenuhnya salah setelah melakukan tes pada berbagai jenis makanan pada empat permukaan yang berbeda.

Dia menggunakan semangka, roti, roti mentega, dan permen beruang untuk melakukan pengujiannya. Makanan-makanan itu kemudian dijatuhkan di atas baja tahan karat, ubin keramik, kayu, dan karpet selama kurang dari satu detik, lalu naik ke lima, 30, dan akhirnya, 300 detik.

Setiap bahan dilapisi dengan bakteri yang membawa salmonella. Para ilmuwan mengambil total 2.560 pengukuran menggunakan semua makanan dan semua permukaan. Dan tidak ada makanan yang aman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penjelasan ilmuwan

"Aturan lima detik adalah penyederhanaan yang signifikan dari apa yang sebenarnya terjadi ketika bakteri berpindah dari permukaan ke makanan," jelas Schaffner.

“Bakteri dapat mencemari makanan secara instan.”

Namun, makanan dan permukaan yang berbeda memang bervariasi dalam hal tingkat kontaminasi.

Misanya saja semangka lebih mungkin untuk membawa bakteri lebih cepat daripada permen, dan karpet lebih kecil kemungkinannya untuk mentransfer bakteri daripada ubin.

“Transfer bakteri dari permukaan ke makanan tampaknya paling dipengaruhi oleh kelembapan,” kata Prof Schaffner.

“Bakteri tidak memiliki kaki, mereka bergerak dengan kelembaban, dan semakin basah makanan, semakin tinggi risiko transfer. Selain itu, waktu kontak makanan yang lebih lama biasanya menghasilkan transfer lebih banyak bakteri dari setiap permukaan ke makanan,” pungkas dia.

3 dari 5 halaman

4 Manfaat Rumput Laut yang Patut Diketahui

Setiap orang harus mempertimbangkan untuk memasukkan apa yang disebut makanan super, seperti rumput laut, dalam makanan mereka sehari-hari. Rumput laut adalah salah satu tanaman yang paling padat nutrisi di planet ini dan juga merupakan sumber mineral yang paling melimpah, karena mereka memiliki akses ke semua nutrisi yang disediakan oleh laut.

Camilan yang sangat serbaguna, yang merupakan makanan pokok masakan Jepang, Korea, dan Cina, ini adalah sumber protein yang kaya yang dikenal sebagai peptida bioaktif . Zat ini juga ditemukan dalam susu, menjadikan rumput laut jenis makanan dengan manfaat kesehatan yang tak terhitung jumlahnya. Lalu, apa sajakah manfaat kesehatan dari rumput laut? Ini dia.

1. Pertumbuhan rambut

Rumput laut, yang merupakan jenis rumput laut, adalah tanaman yang sangat padat nutrisi yang dikenal dapat membantu mengatasi kerontokan rambut. Yodium dalam rumput laut sangat bagus untuk mengatur tiroid, juga bagus untuk ketombe dan rambut yang menipis.

Salah satu sifat paling kuat yang dimiliki rumput laut pada rambut adalah kemampuannya untuk meningkatkan hidrasi dan mineralisasi kulit kepala. Ini membantu rambut untuk membangun kembali dirinya sendiri dan tumbuh lebih kuat karena ekstrak lautnya.

 

4 dari 5 halaman

2. Pengurangan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh pembekuan darah yang berlebihan. Rumput laut mengandung karbohidrat yang disebut fucans, yang dapat membantu mencegah pembekuan darah. Rumput laut diketahui mengandung sejumlah senyawa kesehatan jantung.

“Rumput laut dikenal sebagai sumber asam lemak esensial, yang dianggap dapat mengurangi trombosis dan aterosklerosis – faktor penting dalam pengurangan risiko penyakit jantung,” jelas Dr Maria Hayes.

3. Menurunkan kolesterol

Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa rumput laut dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Springer Link, sifat antioksidan dan kolesterol dari rumput laut merah dianalisis lebih lanjut.

Penelitian ini menggunakan tikus yang diberi makan kolesterol tinggi, diet tinggi lemak tetapi dilengkapi dengan rumput laut. Para peneliti mencatat “secara signifikan menurunkan kadar kolesterol” dari suplementasi rumput laut.

5 dari 5 halaman

4. Pencegahan diabetes

Diabetes telah menjadi epidemi global dengan para ahli memperingatkan bahwa pada tahun 2040, 642 juta orang di seluruh dunia diperkirakan menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. Di sinilah rumput laut dapat ikut bermain dengan penelitian yang menunjukkan manfaatnya bagi mereka yang berisiko mengalami kondisi tersebut.

Studi di Jepang telah menemukan zat dalam rumput laut yang dikenal sebagai fucoxanthin dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah. Penelitian lain juga menemukan bahwa rumput laut membantu mencegah lonjakan gula darah pada hewan yang diberi makan makanan tinggi gula.

Diperkirakan bahwa alginat dapat membantu mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah. Para ahli menambahkan bahwa efek tersebut dapat mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular pada pasien dengan diabetes tipe 2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.