Sukses

Kenali Gejala Baru Omicron BA.5 yang Muncul di Malam Hari

Mengingat perkembangan baru dan meningkatnya kasus Covid-19, sangat penting untuk tetap waspada terhadap tanda dan gejala virus.

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) baru-baru ini mengumumkan bahwa subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 telah menjadi dominan di Amerika Serikat (AS).

Menurut badan kesehatan tersebut, pasangan subvarian Omicron ini telah melampaui apa yang disebut “Omicron siluman.”

Dilaporkan, BA.4 dan BA.5 juga berada di balik peningkatan mendadak kasus Covid-19 di beberapa negara termasuk India.

“Kebanyakan kasus di Irlandia saat ini adalah BA.5, misalnya, sama di AS. Ini adalah bola kurva lain yang telah dilemparkan kepada kami oleh virus ini, dan BA.5 adalah varian dominan yang ada saat ini,” kata profesor Irlandia Luke O’Neil.

Seiring dengan subvarian BA.4 dari Omicron, BA.5 dikatakan sebagai subvarian yang paling menular, menyebabkan lebih dari 50% kasus di Amerika.

Sama seperti strain induknya, sub-garis keturunan BA.5 diyakini lebih ringan dan lebih mudah diatur daripada varian sebelumnya seperti Delta.

Namun, subvarian baru menyebar dengan cepat dan sangat menular. Ini telah dikaitkan dengan kemampuan mereka untuk menghindari perlindungan kekebalan yang disebabkan oleh infeksi dan/atau vaksinasi sebelumnya.

Melansir dari Times of India, Selasa (12/7/2022), para ahli percaya bahwa subvarian BA.5 Omicron memiliki kemampuan untuk menginfeksi kembali orang dalam beberapa minggu setelah tertular virus.

Menurut Andrea Roberston, kepala petugas kesehatan di Australia Barat, klaim sebelumnya bahwa infeksi bisa memberikan tingkat kekebalan tertentu terhadap infeksi di masa depan mungkin tidak berkaitan dengan jenis baru, lapor News.com.au.

“Apa yang kami lihat adalah peningkatan jumlah orang yang telah terinfeksi BA.2 dan kemudian terinfeksi setelah empat minggu,” jelas dokter.

“Jadi mungkin enam hingga delapan minggu mereka mengembangkan infeksi kedua, dan itu hampir pasti BA.4 atau BA.5,” tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pakar memperingatkan satu gejala yang lazim di malam hari

Mengingat perkembangan baru dan meningkatnya kasus Covid-19, sangat penting untuk tetap waspada terhadap tanda dan gejala virus.

Profesor Universitas Trinity Luke O’Neill membahas prevalensi tanda baru varian BA.5, yang bisa muncul di malam hari.

Berbicara dengan Pat Kenny dari Newsstalk, dia berkata, “Satu gejala tambahan untuk BA.5 yang saya lihat pagi ini adalah keringat malam.”

“Penyakitnya sedikit berbeda karena virusnya telah berubah. Ada beberapa kekebalan terhadapnya, dengan sel T dan sebagainya, dan campuran sistem kekebalan Anda dan virus yang sedikit berbeda mungkin menimbulkan penyakit yang sedikit berbeda-dengan anehnya keringat malam menjadi ciri khasnya,” tambahnya.

Demam, sakit tenggorokan, pilek, kelelahan, nyeri tubuh, dan masalah pencernaan terus menjadi beberapa gejala Omicron yang sering dilaporkan dan subvariannya.

3 dari 3 halaman

Keringat malam tidak selalu berarti Covid-19

Mayo Clinic mendefinisikan keringat malam sebagai episode berulang dari keringat yang sangat banyak saat tidur, cukup berat untuk merendam pakaian malam atau tempat tidurmu.

Selain Covid-19, itu bisa terjadi karena beberapa kondisi mendasar lainnya. Dari gangguan penggunaan alkohol, kecemasan, hipertiroidisme, menopause hingga asupan obat-obatan tertentu, banyak faktor yang bisa menyebabkan keringat malam, sesuai dengan kesehatan tubuh.

Hal ini juga umum di antara pasien kanker, terutama mereka yang mengidap leukemia atau limfoma.

Konon, jika Anda mengalami keringat malam, pastikan Anda mewaspadai gejala lain yang terkait dengan Covid-19.

Cara terbaik untuk menentukan apakah Anda terinfeksi virus corona atau tidak adalah dengan melakukan tes pada diri sendiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.