Sukses

Bikin Pecinta Horor Tak Sabar, Kapan Pengabdi Setan 2 Tayang?

Sang sutradara, Joko Anwar, mengumumkan bahwa film Pengabdi Setan 2 akan tayang pada 4 Agustus 2022 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pecinta horor tentu tak sabar dengan tayangnya film garapan Joko Anwar, Pengabdi Setan 2. Setelah sukses dengan film Pengabdi Setan pertama pada 2017 silam, sang sutradara, Joko Anwar, mengumumkan bahwa film Pengabdi Setan 2 akan tayang pada 4 Agustus 2022 mendatang.

Film horor Indonesia yang produksi oleh Rapi Film ini masih akan dibintangi oleh Tara Basro, Endy Arfian, dan juga Bront Palarae. Meski begitu untuk jalan cerita sendiri dikatakan akan ada banyak perubahan pada perjalanan hidup Rini dan keluarganya. Joko Anwar pun telah merilis trailer film Pengabdi Setan 2: Communion pada Kamis (16/6/2022) sore. 

"Inilah official trailer PENGABDI SETAN 2: COMMUNION," tulis Joko di akun instagramnya. 
 

 

 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Joko Anwar (@jokoanwar)

Tak berselang lama Pengabdi Setan 2 pun menjadi trending topic di media sosial Twitter. Nampaknya tak sedikit orang yang kemudian penasaran dan tak sabar dengan ditayangkannya film ini. 

Joko Anwar mengakui, jarak perilisan Pengabdi Setan dengan sekuelnya menang cukup lama yakni lima tahun. Hal ini lantaran ia tak mau buru-buru melanjutkan cerita tersebut dan ingin memuaskan para pecinta film horor tanah air. 

Memang kami enggak mau rilis filmnya setelah Pengabdi Setan 2017 ditayangkan. Kami mau mempersiapkan film lanjutan yang terencana dan bisa memuaskan pencinta film Indonesia,” ujar Joko Anwar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lokasi syuting

Aktris Tara Basro yang memerankan karakter utama Rini mengatakan, terdapat perkembangan karakter yang signifikan dari film pertama di 2017 dengan film yang sekarang ini.

"Untuk Rini, jelas akan sangat berbeda dari yang pertama. Dimulai dari set-nya. Keluarga Rini sekarang ada di rumah susun, dengan adik-adiknya yang beranjak dewasa. Rini sudah punya waktu lebih untuk dirinya sendiri. Mungkin setelah kejadian di 'Pengabdi Setan', ada banyak hal yang harus di sort out secara emosional, secara keluarga," katanya, Kamis (16/6/2022).

Tara mengungkapkan, dirinya cukup kaget ketika harus syuting di sebuah rumah susun lawas yang sudah tidak dihuni selama 15 tahun di Jakarta.

"Untuk set, sangat berbeda dari film pertama. Kami syuting di rusun yang tidak ditinggali selama 15 tahun. Jujur, pas sampai ke lokasi, saya set kaget. Tapi seru banget (proses syuting) karena beda dengan rumah sebelumnya. Banyak hal yang bisa dieksplor," ungkapnya.

Rupanya untuk mencari lokasi syuting yang pas untuk menghidupkan kisah keluarga Rini bukan perkara mudah. Hal ini diungkapkan oleh Joko Anwar. 

Kami mencari lokasi sama kayak mengaudisi pemain. Kami temukan rusun itu di Jakarta. Detail tempatnya kami tutup dulu sampai film dirilis. Jadi (rusun ini) ditinggalkan dan kosong selama 15 tahun,” paparnya panjang.

Lokasi rusun ini didapat Joko Anwar berkat bantuan netizen +62. Masih segar dalam ingatan Joko Anwar, kali pertama memasuki rumah susun, aura “Pengabdi Setan” seketika menyeruak.

Ketika kami masuk auranya tuh Pengabdi Setan. Ada beberapa tempat (di rusun) yang enggak boleh dimasuki itu (lokasinya) ada di lantai 7,” Joko Anwar menyambung.

 

3 dari 3 halaman

Karakter baru

Film Pengabdi Setan 2: The Communion juga menampilkan sederet pemain dan karakter baru. Beberapa di antaranya adalah Ratu Felisha dan Jourdy Pranata. Ratu Felisha pun mengaku sangat tersentuh ketika diajak bergabung di film tersebut.

"Mau nangis rasanya, enggak bisa ngomong. Film pertamanya adalah film favoritku, dan Joko Anwar adalah sutradara favoritku, dan aku diajak main di dalamnya. Speechless banget," kata Ratu.

Dirinya mengatakan, proses castingnya ternyata diadakan ketika ia tengah melakukan pengambilan gambar di Rembang, Jawa Tengah. Ratu kemudian berusaha mengikuti proses casting dengan kembali ke Jakarta.

"Yang penting aku sudah ikut casting. Waktu itu, bang Joko juga ikut melakukan casting. Aku bilang, 'Terserah aku mau jadi apa saja, yang penting bisa ikut di film ini'," ujar Ratu sembari tertawa.

"Lalu, beberapa hari kemudian, aku dikabari bahwa aku mendapatkan peran," imbuh aktris yang bergabung di film "Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas" (2021) itu.

Sedangkan aktor muda Jourdy Pranata juga merasa senang dan terhormat karena bisa bergabung bersama sutradara dan para pemain favoritnya dalam satu proyek film.

"Sebuah kehormatan karena 'Pengabdi Setan' ini adalah film favorit dan dibuat oleh sutradara favorit," kata Jourdy.

Ia berbagi bahwa dirinya berperan sebagai salah satu penghuni rumah susun. Jourdy mengungkapkan, itu adalah karakter yang cukup dekat baginya.

"Aku juga pernah tinggal di rusun. Jadi waktu dapat peran ini, aku tanya mau dibawa ke penghuni rusun yang seperti apa. Kita diskusi bareng dan ditambah dengan pengalaman aku sebelumnya, untuk membentuk karakter ini," kata aktor utama film pendek Dear to Me (2021) itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.