Sukses

Patut Dicoba, 6 Tips Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat

Liputan6.com, Jakarta - Sakit kepala menjadi salah satu kondisi yang sering dialami banyak individu. Namun, ketegangan dan rasa sakit yang mengganggu di bagian kepala mana pun bisa memengaruhi suasana hati, pekerjaan dan bahkan kehidupan sosial.

Untungnya, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit di kepala.

Berikut beberapa tips yang bisa membantumu mengatasi sakit kepala yang mengganggu, seperti melansir dari Bright Side, Rabu (18/5/2022).

1. Hindari makanan yang diasap

Meskipun makanan yang diasap pasti rasanya enak, lebih baik tidak mengonsumsinya jika Anda mengalami sakit kepala.

Makanan asap kaya akan histamin, bahan kimia yang secara alami ditemukan dalam tubuh tapi bisa memicu sakit kepala pada beberapa orang.

Menghilangkan makanan kaya histamin dari menu makanmu bisa membantu meredakan migrain yang sering terjadi.

2. Pilih olahraga yang tepat

Tetap aktif dan berolahraga secara teratur adalah salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk kesehatanmu, tapi jika Anda terbiasa dengan sakit kepala yang mengganggu, Anda perlu memperhatikan jenis olahraga yang Anda pilih.

Beberapa aktivitas berdampak tinggi, seperti mengangkat beban berat, bisa menyebabkan kondisi yang disebut dengan effort migraine atau exercise related migraine.

Latihan yang lebih lembut, sebaliknya, bisa membantu ketika berhadapan dengan migrain. Misalnya, yoga bisa melepaskan ketegangan di tubuhmu, yang pada gilirannya menurunkan risiko sakit kepala tegang.

3. Pakai ikatan rambut yang longgar

Meskipun tidak ada yang lebih nyaman daripada menguncir kuda rambutmu, lebih baik memilih gaya rambut longgar untuk menghindari sakit kepala yang menyakitkan.

Menguncir kuda kencang bisa menyebabkan kompresi eksternal di kepalamu, yang bisa menyebabkan migrain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

4. Minum kopi

Banyak pecinta kopi tahu bahwa tidak ada yang bisa membuat sakit kepala di pagi hari hilang cepat daripada secangkir kopi panas.

Selain meningkatkan mood dan membantu Anda menghadapi hari, menyeruput kopi terbukti memiliki efek positif pada sakit kepala.

Ingatlah untuk tidak meminumnya terlalu banyak karena penghentian kafein bisa menyebabkan migrain alih-alih membantu meredakannya.

5. Lakukan akupresur

Akupresur merupakan teknik yang mirip dengan akupuntur, tapi tidak menggunakan jarum.

Menerapkan tekanan lembut pada titik yang terletak tepat di belakang daun telinga bisa meredakan sakit kepala, dan menekan titik di bagian tengah paling atas telinga bisa meredakan ketegangan yang sering menyertai migrain.

6. Mengompresnya dengan air es

Jika sakit kepala Anda begitu kuat sehingga Anda hampir tidak bisa bangun, maka mengoleskan kompres dingin atau beku ke leher atau kepalamu bisa membantu meringankan gejala yang mengganggu.

Karena menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, mengoleskan kantong berisi es atau gel dingin ke kepala bisa mengurangi nyeri migrain.

 

3 dari 4 halaman

Tips meredakan sakit punggung

Berikut ini beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda meringankan sakit punggung yang mengganggu.

1. Cobalah pijat kaki

Selain membuat Anda santai, pijat kaki dapat membantu menenangkan sakit punggung. Ada area refleks yang terhubung ke tulang belakang yang terletak di kaki Anda, dan memijatnya dapat meredakan sakit punggung yang mengganggu.

Tempatkan ibu jari Anda di bagian dalam lengkungan kaki dan tekan ke atas dan ke bawah telapak kaki Anda untuk meningkatkan aliran darah ke saraf punggung Anda.

2. Minum segelas susu kunyit

Menambahkan beberapa makanan anti-inflamasi ke dalam diet Anda adalah cara yang mudah dan lezat untuk mengurangi reaksi menyakitkan di tubuh Anda. Dikenal karena sifat antioksidan dan anti-rematiknya, kunyit dapat membantu Anda mencegah sakit punggung.

Campurkan 1/2 sendok teh bubuk kunyit dalam segelas susu hangat biasa atau susu nabati dan nikmati sebelum tidur agar senyawa anti-inflamasi bekerja saat Anda tidur.

3. Mandi air hangat

Mandi air hangat yang bagus dapat membantu Anda bersantai setelah hari yang sibuk dan menghilangkan semua stres. Selain sebagai ritual sebelum tidur untuk tidur nyenyak, mandi merangsang aliran darah ke otot dan persendian yang kaku.

Karena air hangat mengurangi kejang otot, air hangat dapat membantu Anda melupakan sensasi nyeri di punggung.

4 dari 4 halaman

4. Tidur lebih awal

Tidur malam yang nyenyak membantu Anda bangun dengan perasaan berenergi dan siap menghadapi hari. Selain mengurangi stres dan memungkinkan tubuh Anda pulih, tidur yang cukup sangat penting jika punggung Anda sering terasa sakit.

Karena jaringan tubuh Anda sembuh saat Anda tidur, tidur nyenyak sangat penting untuk menjaga punggung Anda tetap sehat.

5. Cobalah untuk mengurangi asupan kafein Anda

Meskipun sulit membayangkan hari tanpa secangkir kopi panas, mungkin lebih baik meminumnya lebih jarang jika Anda menderita sakit punggung. Kafein dapat menyebabkan ketegangan pada otot, menyebabkan nyeri punggung bawah, dan akhirnya menyebabkan nyeri kronis.

Minum terlalu banyak kopi juga dapat memengaruhi tidur Anda, yang pada gilirannya dapat menyebabkan lebih banyak kekakuan di punggung Anda.

6. Singkirkan sepatu hak tinggi Anda

Sementara sepatu hak tinggi favorit Anda pasti membuat Anda terlihat menarik, memakainya setiap hari mungkin menjadi alasan di balik nyeri punggung bawah Anda.

Karena sepatu hak tinggi mengubah pusat gravitasi Anda dan memberi tekanan pada tulang belakang Anda, mereka dapat menyebabkan sakit punggung dan bahkan menyebabkan masalah sirkulasi.

Untuk menghindari sensasi nyeri di punggung Anda, pilih sepatu yang lebih nyaman yang memberikan dukungan lengkungan yang cukup dan tidak memengaruhi postur Anda.