Sukses

4 Makanan yang Bantu Tingkatkan Kesehatan Seksual

Liputan6.com, Jakarta - Gairah atau dorongan seks yang sehat tidak hanya terbatas pada perasaan Anda secara emosional, tapi juga dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi.

Makananmu memainkan peran penting dalam memengaruhi kesehatan reproduksi dan seksual Anda. Banyak faktor gaya hidup dan diet yang bertanggung jawab untuk menurunkan kinerja seksual Anda, dan itulah sebabnya memperkaya diet Anda dengan makanan bergizi bisa bermanfaat bagi kehidupan seks Anda dalam berbagai cara.

Memasukkan makanan sehat alami ke dalam makanan harianmu bisa bermanfaat bagi kesehatan dan kinerja seksual Anda dengan meningkatkan libido dan aliran darah Anda sambil memperkuat stamina Anda.

Untuk itu, ketahui makanan apa saja yang membawa Anda ke kesehatan seksual yang lebih baik sambil menambah kesejahteraan fisik dan emosional Anda.

Penasaran makanan apa saja yang bantu tingkatkan kesehatan seksual? Berikut ulasannya seperti melansir dari Pinkvilla, Rabu (11/5/2022).

1. Stroberi

Buah merah berair ini sarat dengan nutrisi seperti potasium, magnesium, vitamin C dan seng yang berkontribusi untuk meningkatkan libido baik pada pria maupun wanita.

Seng adalah mineral penting untuk kesehatan seksual dan infertilitas yang lebih baik karena membantu tubuh dalam mengontrol kadar terstosteron pada pria. Stroberi juga termasuk dalam kategori afrodisiak atau makanan yang merangsang kinerja seksual yang hebat.

Untuk mendapatkan manfaat dari stoberi, Anda bisa memasukkan stoberi mentah ke dalam makananmu atau Anda juga bisa mengonsumsi smoothie dari stroberi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Kenari

Kacang kenari adalah makanan yang baik untuk kesehatan seksual. Dengan kandungan asam lemak Omega 3 dan seng, keduanya sangat penting dalam meningkatkan kualitas air mani sekaligus menambah kesuburan.

Seng membantu mengatur kadar testosteron pada pria. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi segenggam kenari setiap hari atau bisa juga memasukkan sejumput kenari cincang di atas smoothie, salad dan sup untuk hasil yang efektif.

3. Alpukat

Alpukat menjadi salah satu buah yang termasuk dalam kategori buah afrodisiak. Buah berkulit hijau ini memberikan kebaikan berbagai nutrisi seperti asam folat, beta karoten, vitamin E, vitamin B6 dan magnesium yang bisa melakukan keajaiban untuk kesehatan reproduksi dan kesuburuan rendah.

Jumlah tinggi asam folat yang ditemukan dalam alpukat bisa dengan mudah meningkatkan tingkat energimu dan meningkatkan hubungan seksualmu. Anda bahkan bisa dengan mudah menikmati alpukat dengan banyak cara.

4. Biji labu

Biji labu menjadi salah satu makanan pokok yang bagus jika Anda ingin meningkatkan kesehatan seksualmu. Biji kecil ini memiliki kandungan seng, magnesium, asam lemak omega 3 dan nutrisi penting lainnya yang bisa memberikan kesehatan seksual yang optimal.

Zat besi sangat penting untuk memberimu stamina yang tepat, sementara seng mengatur kadar testosteron dalam tubuh pria.

Seiring dengan kesehatan seksual yang lebih baik, biji labu juga bisa meningkatkan kesuburan. Jadi, Anda bisa menaburkan biji ini di atas smoothie, salad atau makanan favoritmu lainnya.

3 dari 4 halaman

Gaya hidup buruk yang pengaruhi kehidupan seks

Berikut beberapa gaya hidup yang dapat hindari untuk memiliki kehidupan seksual yang sehat dan bahagia seperti dilansir dari FeminaIndia:

1. Mengonsumsi junk food

Terbiasa mengonsumsi makanan cepat saji tak baik bagi kehidupan seksual. Kandungan karbohidrat olahan, gula, dan minyak dapat meningkatkan kadar kolestrol dan menurunkan aliran darah ke organ tertentu. Ini dapat berujung pada disfungsi seksual.

Alih-alih, cobalah beralih ke buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin, seng, magnesium, dan sumber protein nabati lainnya.

2. Minum minuman beralkohol

Segelas anggur sesekali dapat menyegarkan suasana hati Anda, tapi membatasinya juga amat penting. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menghambat aliran darah di organ vital Anda.

Ini juga memiliki dampak fisiologis, kognitif, dan perilaku yang dapat menyebabkan disfungsi orgasme akibat alkohol.

4 dari 4 halaman

Gaya hidup lainnya

3. Menjadi terlalu stres

Stres menyebabkan pelepasan hormon kortisol yang juga dikenal sebagai hormon stres. Meskipun tubuh membutuhkannya dalam jumlah kecil, jika melebihi ini dapat membunuh libido.

Karenanya, terlibatlah dalam aktivitas pelepas stres seperti meditasi, yoga, atau jalan-jalan biasa.

4. Mengatasi masalah berat badan

Penurunan berat badan ideal Anda memengaruhi indeks massa tubuh Anda. BMI yang tak normal dapat menimbulkan risiko kesehatan seperti obesitas yang menyebabkan kondisi seperti diabetes, hipertensi, dan sebagainya.

Masalah berat badan juga dapat berdampak negatif pada citra tubuh Anda yang dapat menghambat kepercayaan diri Anda. Makan dengan sehat dan pertahankan BMi yang ideal agar tetap sehat.