Sukses

5 Tanda Kecil Serangan Jantung yang Mungkin Anda Abaikan

Berikut ini tanda kecil serangan jantung yang mungkin Anda abaikan

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah melihat banyak serangan jantung di film dan di televisi: Biasanya korban mencengkeram dadanya, terhuyung ke belakang, dan jatuh secara dramatis sebelum dilarikan ke rumah sakit.

Namun dalam kehidupan nyata, serangan jantung seringkali jauh lebih tidak teatrikal. Faktanya, banyak orang bahkan tidak tahu bahwa mereka sedang mengalami serangan jantung sama sekali.

Pada tahun 2016, jurnal Circulation dari American Heart Association melaporkan bahwa hampir setengah dari semua serangan jantung—45 persen—adalah apa yang oleh dokter disebut "diam", yang berarti mereka tidak menyebabkan gejala klasik, seperti nyeri di dada atau lengan kiri.

Dan menurut Klinik Cleveland, jumlahnya bahkan lebih tinggi—mereka mengatakan sekitar 50 hingga 80 persen dari semua serangan jantung mungkin tidak terjadi.

Sementara dalam beberapa kasus, serangan jantung diam mungkin tidak menimbulkan gejala sama sekali, biasanya ada semacam petunjuk bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Ini mungkin sangat kecil sehingga orang yang mengalami serangan jantung tidak menyadari apa yang sebenarnya terjadi.

Ini kemudian dapat menjadi alasan menunda mencari perawatan medis, dan dalam skenario terburuk, momen-momen berharga itu dapat mengakibatkan hasil yang tragis.

Lalu, apa saja tanda-tanda halus serangan jantung tersebut? Ini dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sesak napas

Kita semua terkadang sesak napas; menaiki tangga yang curam dapat melakukannya, dan juga dapat mengalami serangan panik. Tapi itu juga salah satu tanda serangan jantung yang lebih halus yang harus diperhatikan, terutama pada wanita, kata Healthline.

"Pernapasan Anda dan jantung Anda memompa darah secara efektif sangat erat hubungannya," tulis mereka. Jika Anda kesulitan mengatur napas tanpa alasan yang jelas—misalnya Anda tidak memaksakan diri—segera pergi ke dokter untuk memeriksakan jantung Anda.

2. Gangguan pencernaan atau mulas

Baru saja makan pedas atau pesta junk food? Sakit perut dan mulas Anda mungkin normal. Namun, gangguan pencernaan juga bisa disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke jantung, menurut Mayo Clinic.

"Jika Anda mengalami nyeri dada terus-menerus dan Anda tidak yakin itu mulas, hubungi bantuan medis darurat," saran mereka. Jika Anda datang ke ruang gawat darurat terdekat dengan gangguan pencernaan, dokter akan segera melakukan tes—karena profesional medis yang berpengalaman pun tidak selalu dapat membedakan serangan jantung dari mulas.

 

3 dari 4 halaman

3. Sakit pada rahang dan/atau tenggorokan

Nyeri dada yang menjalar ke lengan kiri Anda adalah gejala serangan jantung yang mungkin pernah Anda dengar sebelumnya. Tetapi rasa sakit akibat serangan jantung juga bisa muncul di tempat lain—dan rahang serta tenggorokan Anda sering kali berada dalam bahaya.

Healthline mengatakan ini mungkin terasa "seperti sakit gigi yang parah," sementara Web MD mengatakan bahwa sakit tenggorokan dan rahang dengan sendirinya biasanya tidak menandakan masalah jantung, "jika Anda memiliki rasa sakit atau tekanan di bagian tengah dada yang menyebar ke tenggorokan atau rahang, itu bisa menjadi tanda serangan jantung."

4. Berkeringat

Hari yang panas atau sesi di gym pasti akan membuat Anda berkeringat, dan berkat keringat malam, wanita yang mengalami menopause terbiasa bangun dengan seprai yang basah. Tetapi jika Anda mendapati diri Anda berkeringat dan juga merasa tidak nyaman di dada, lengan, leher, atau rahang Anda, pergilah ke rumah sakit.

Sebuah studi tahun 2005 dari University of Illinois di Chicago menemukan bahwa keringat, dalam kombinasi dengan segala jenis rasa sakit di daerah tersebut, bisa menjadi prediktor yang andal dari serangan jantung.

 

4 dari 4 halaman

5. Perasaan tidak nyaman secara umum

Tidak merasa cukup benar tetapi tidak tahu persis mengapa? Sebaiknya periksakan jantung Anda, bahkan jika Anda tidak berpikir Anda menunjukkan tanda-tanda serangan jantung klasik. Robert Lager, MD, mengatakan kepada AARP bahwa "keadaan umum ketidaknyamanan" dan "perasaan tidak nyaman secara keseluruhan" dapat mengindikasikan serangan jantung diam-diam. Dia mendesak orang untuk tidak "duduk-duduk dan bertanya-tanya" tentang perasaan bahwa ada sesuatu yang salah.

Jantung adalah otot, dan penurunan aliran darah akibat serangan jantung tidak baik untuknya—jadi jangan abaikan tanda-tanda bahwa ada sesuatu yang salah.

"Semakin lama seseorang menunggu untuk dievaluasi, semakin besar kemungkinan akan ada kerusakan permanen," dia memperingatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.