Sukses

4 Tips Perawatan Diri untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Berikut beberapa tips perawatan diri untuk meningkatkan kesehatan mentalmu.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda merasa sedikit kurang dihargai oleh diri sendiri? Ada banyak faktor yang memicunya, seperti tanggung jawab pengasuhan keluarga, pekerjaan, komitmen sosial dan lain-lain, yang bisa mengalangimu untuk mengurus diri sendiri.

Dalam hal menjaga kesehatan dan kesejahteraan emosional kita di tengah-tengah perubahan ini, mempraktikkan perawatan diri lebih penting dari sebelumnya.

Berikut beberapa tips perawatan diri untuk meningkatkan kesehatan mentalmu, seperti melansir dari Pinkvilla, Kamis (14/4/2022).

1. Belajar mengatakan “Tidak”

Mengatakan “tidak” adalah tindakan perawatan diri. Kemampuan untuk mengatakn “tidak” erat kaitannya dengan kepercayaan diri.

Individu dengan rasa percaya diri dan harga diri yang rendah sering kali takut menyinggung perasaan orang lain dan cenderung memprioritaskan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan mereka sendiri, terutama jika Anda adalah individu yang suka menyenangkan orang.

Mengatakan “tidak” terkadang memberimu ruang untuk mengatakan “ya” pada peluang dan pengalaman baru.

2. Tulis jurnal rasa syukur

Jurnal adalah alat untuk memproses pikiran dan emosi yang kompleks, yang mendorong pemikiran positif dan self-talk.

Ini bisa membantumu menjadi lebih sadar akan kecemasan dan depresi dengan menjernihkan pikiran dari kekacauan mental, memfokuskan pikiran dan meningkatkan kesadaran akan pikiran dan perasaan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang positif

Mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang mengangkat Anda adalah bagian penting dari perawatan diri. Anda tidak punya waktu atau ruang dalam hidupmu untuk hal-hal negatif atau racun.

Individu yang memiliki ikatan keluarga atau sosial yang kuat umumnya lebih sehat daripada mereka yang tidak memiliki jaringan pendukung.

Buat rencana dengan keluarga dan teman yang mendukung, atau cari aktivitas yang memungkinkan Anda bertemu orang baru, seperti klub, kelas atau kelompok pendukung.

4. Meditasi

Meditasi memiliki banyak manfaat fisik dan emosional. Ini mengurangi stres, kecemasan dan depresi, menghubungkanmu dengan batinmu, mendorong penemuan diri, meningkatkan kecerdasan emosional, kesadaran diri, rasa syukur dan meningkatkan kualitas tidur.

Selanjutnya, tergantung pada bagaimana Anda menyesuaikan latihan meditasimu, Anda bisa memilih untuk fokus pada aspek tertentu dari kehidupanmu.

Penting untuk tidak mencoba memperbaiki diri terlalu cepat. Jangan terlalu ambisius. Coba ambil langkah kecil dan secara bertahap perkenalkan kebiasaan baru. Jika ada yang tidak berhasil, coba sesuatu yang berbeda.

 

3 dari 4 halaman

Cara mendukung seseorang berjuang dengan kesehatan mental

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika Anda mengenal seseorang yang mengalami kesehatan mental.

Meskipun akan diperlukan waktu untuk meningkatkan kesehatan mental seseorang, dan beberapa dari kita akan memerlukan bantuan profesional, ada cara untuk membantu dan mendukung seseorang dalam mendapatkan kembali kesehatan mentalnya.

Untuk ketahui beberapa cara untuk mendukung seseorang yang berjuang dengan masalah kesehatan mental, Pinkvilla (25/3/2022).

1. Dengarkan

Mengizinkan seseorang untuk berbicara dan mendengarkan perasaan mereka bisa sangat bermanfaat. Pertimbangkan apa yang sedang dialami temanmu dan bagaimana hal itu memengaruhi mereka. 

Ajukan pertanyaan terbuka alih-alih pertanyaan ya atau tidak untuk mendorong mereka berbagi pengalaman denganmu, seperti “Apa yang terjadi?” atau “Sudah berapa lama Anda berusaha dengan ini?” atau “Bagaimana Anda mengatasinya?”

2. Jangan bandingkan pengalaman mereka dengan orang lain

Setiap individu berurusan dengan masalah dan gangguan kesehatan mental dengan cara mereka sendiri yang unik.

Anda akan tergoda untuk memberi tahu orang yang Anda cintai bahwa “Setiap individu berjuang dengan kecemasan, dll. Kadang-kadang” atau untuk membicarakan seorang kenalan yang memiliki kondisi yang sama tapi mendapat manfaat dari teknik, perawatan, atau terapi tertentu dengan alasan mencoba membuat mereka merasa lebih baik. 

Ini adalah godaan yang harus Anda hindari. Meski menyatakan hal-hal tersebut bisa membantu seseorang merasa tidak sendirian dengan menormalkan pengalam mereka.

Mereka juga bisa memiliki konsekuensi yang tidak disengaja berupa memaksa mereka untuk melupakannya atau mengekang perasaan mereka.

4 dari 4 halaman

4. Ketahui batasanmu

Anda akan memiliki batasan sendiri dalam hal seberapa banyak bantuan yang bisa Anda berikan. Ini juga penting untuk mencari diri sendiri. Mengetahui batasanmu akan membantumu menghindari mengambil terlalu banyak dan menjadi lelah.

Untuk membantu Anda menentukan apa yang akan Anda perlukan dan di mana keterbatasanmu, Anda bisa mengatur zona waktumu sendiri dan mode komunikasi yang Anda sukai untuk berbicara dengan mereka.

Ingatlah bahwa jika Anda mencurigai mereka berada dalam bahaya langsung atau mengalami cedera yang memerlukan perhatian medis, Anda harus bertindak cepat untuk memastikan keselamatan mereka. 

4. Bicara tentang perawatan diri

Pelatihan kesadaran diri bisa membantumu mendeteksi pola dalam emosimu, seperti situasi yang bisa meningkatkan gejala. 

Diskusikan teknik untuk menghilangkan stres atau berlatih perawatan diri dengan mereka dan lihat apakah mereka menemukan sesuatu yang berguna.

Berolarga, makan makanan bergizi, dan cukup tidur semuanya bisa membantu menjaga kesehatan mental dan kebahagiaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.