Sukses

7 Cara Sederhana Atasi Gangguan Kecemasan Menurut Ahli

Seorang psikolog dan pelatih kesehatan holistik bersertifikat, memberi tahu bagaimana meredakan gangguan kecemasan dengan cara yang sederhana di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Merasa cemas atau anxiety saat berada di situasi yang menimbulkan khawatir dan takut tentu lumrah dialami setiap individu.

Kecemasan adalah respons alami dari tubuh ketika seseorang sedang stres. Jika Anda memiliki anxiety yang tidak teratur dan mengganggu Anda dalam berbagai aktivitas, ada beberapa solusi cepat untuk mengatasinya.

Samar Hafeez, seorang psikolog dan pelatih kesehatan holistik bersertifikat, memberi tahu bagaimana mengatasi gangguan kecemasan dengan cara yang sederhana di rumah, seperti melansir dari Pinkvilla, Selasa (12/4/2022).

1. Meditasi pemindaian tubuh selama 4 menit

Coba duduklah dengan nyaman dan ambil dua napas dalam-dalam melalui hidung, dan keluarkan melalui mulut. Saat Anda mengeluarkan napas, perlahan tutup matamu. Dan pindai diri Anda secara mental dari ujung kepala hingga ujung kaki dengan memperhatikan adanya rasa sakit, nyeri, kaku, atau otot berkedut.

Teknik ini membantu mengenali kapan dan di mana Anda merasakan efek fisik dari kecemasan dan membantumu mengatasinya.

Sebuah studi menarik menemukan bahwa berlatih meditasi pemindaian tubuh secara teratur menurunkan keberadaan hormon stres (kortisol) dalam tubuh.

2. Kurangi atau hentikan penggunaan nikotin

Nikotin dalam tembakau rokok, dan kafein dalam kopi, teh, dan minuman ringan bisa memperburuk gejala gangguan kecemasan.

3. Tidur nyenyak

Kurang tidur diketahui bedampak negatif pada suasana hati dan kesehatan emosional. Jadi, cobalah tidur tujuh jam tanpa gangguan setiap hari.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Makan dengan penuh perhatian

Tak jarang kita terlalu banyak berpikir selama waktu luang kita. Multi tasking membuat kita kurang perhatian dan lebih cemas.

Mindfulness adalah teknik yang membantu kita menikmati saat ini tanpa terlalu asertif pada diri sendiri dan orang lain. Jadi, makan dengan penuh kesadaran menjadi salah satu cara terbaik untuk memulainya.

Makan dengan penuh perhatian berarti sepenuhnya memperhatikan apa yang Anda makan, mulai dari tekstur, rasa, warna, aroma dan lainnya.

Ini memfasilitasi kesadaran diri, mengurangi kecemasan dan juga memperbarui pengalaman kita dengan kenikmatan makan.

Demikian pula, berjalan dengan penuh kesadaran adalah praktik untuk menyadari lingkunganmu dan bagaimana tubuh dan pikiranmu merasakan (sensasi) saat berjalan.

Sangat menarik untuk mengetahui bahwa meditasi tidak selalu tentang diam atau duduk dalam posisi tertentu.

5. Dengarkan musik lembut

Kapan pun Anda merasa sedang bersemangat, coba dengarkan musik lembut atau suara alam.

3 dari 3 halaman

6. Alam untuk penyembuhan

Menghabiskan waktu di alam bisa membantu meredakan gejala kecemasan. Alam memiliki efek menenangkan yang unik pada semua individu tanpa memandang usia.

Berada di alam atau bahkan menyaksikan pemandangan alam membawa kembali sensasi yang menyenangkan. Jadi, tingkatkan kesejahteraan Anda di alam, Anda juga bisa menghadirkan alam di rumah.

7. Menggunakan imajinasi untuk bersantai

Menggunakan imajinasimu adalah cara yang baik untuk membantumu rileks. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan latihan visualisasi mana Anda membayangkan gambar yang menyenangkan dan menenangkan yang langsung memberikan kelegaan, bisa berupa gambar pantai, bukit, taman, atau apa pun yang bisa menenangkan seseorang.

Gambar terpadu berfungsi untuk mengalihkan perhatian orang dari apa yang membuat mereka stres dan menuju fokus alternatif.

Latihan ini sangat portable, karena tidak bergantung pada apa pun kecuali imajinasi seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.