Sukses

Subvarian BA.2 Mendominasi Bertambahnya Kasus Covid-19 Baru di AS

Subvarian BA.2 dari varian omicron terus menyebar dengan cepat ke seluruh AS, sekarang terhitung sekitar 72 persen dari semua kasus Covid-19 baru.

Liputan6.com, Jakarta Subvarian BA.2 dari varian omicron terus menyebar dengan cepat ke seluruh AS, sekarang terhitung sekitar 72 persen dari semua kasus Covid-19 baru, menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Perkiraan CDC baru naik dari sekitar 55 persen seminggu yang lalu, ketika subvarian, yang dianggap lebih menular daripada galur asli omicron, menjadi varian dominan dari virus corona yang beredar di negara itu.

Terlepas dari penyebarannya, para ahli kesehatan melihat tidak ada alasan untuk khawatir di AS. Itu karena tidak ada indikasi subvarian lebih parah daripada galur omicron asli dan karena tingkat kekebalan yang tinggi di negara itu dari vaksin dan infeksi sebelumnya tidak mungkin menjadikannya ancaman besar.

Saya tidak akan terlalu mengkhawatirkan BA.2,” kata Dr. Christopher Murray, profesor ilmu metrik kesehatan di University of Washington dan direktur Institute for Health Metrics and Evaluation.

Peningkatan tiba-tiba dalam kasus BA.2 di Eropa dan bagian lain dunia bulan lalu menimbulkan kekhawatiran di antara beberapa pakar dan pejabat kesehatan bahwa AS juga dapat mengalami peningkatan kasus yang mengganggu. Namun, jumlah kasus Covid-19 tetap rendah di negara itu pada hari Selasa (5/4/2022), rata-rata tujuh hari kasus Covid adalah sekitar 29.000, turun 19 persen dari dua minggu lalu, menurut penghitungan NBC News.

Jumlah kasus meningkat di beberapa kabupaten, tetapi kebanyakan orang di negara itu tinggal di daerah dengan penyebaran komunitas yang rendah, direktur CDC, Dr. Rochelle Walensky, mengatakan pada konferensi pers Selasa.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jumlah kasus terus meningkat

Jumlah kasus terus meningkat di kabupaten-kabupaten di Timur Laut, khususnya. Dia mendorong semua orang untuk tetap up to date tentang vaksinasi Covid mereka.

Pekan lalu, Walensky menandatangani dosis booster kedua vaksin Covid untuk orang berusia 50 tahun ke atas, empat bulan setelah booster pertama mereka. Murray mengatakan dia memperkirakan BA.2 akan tetap pada level rendah di AS setidaknya untuk beberapa bulan lagi karena cuaca semakin hangat.

"Saat ini kita berada dalam periode di mana kekebalan tinggi dan kita menuju ke musim panas dan penularan cenderung sedikit lebih rendah, sehingga kombinasi itu akan mengarah di Belahan Bumi Utara ke tingkat yang cukup rendah setelah gelombang BA.2,” katanya.

Masih ada kemungkinan kasus dapat melonjak di A.S. karena subvarian, meskipun penyebarannya mungkin terbatas pada area tertentu di negara tersebut.

Tidak terduga melihat lonjakan kasus,” kata Dr. Isaac Bogoch, spesialis penyakit menular di University of Toronto. Sejauh mana peningkatan kasus akan mempengaruhi negara bagian atau negara akan sangat bergantung pada kebijakan mereka sendiri, tambahnya.

3 dari 3 halaman

Varian baru bisa lebih mematikan daripada omicron dan BA.2

Tetapi setiap kenaikan kasus Covid dapat menjadi konsekuensial. "Orang-orang masih akan sakit, beberapa orang akan masuk rumah sakit dan beberapa orang akan meninggal, apakah itu gelombang besar atau gelombang kecil," kata Bogoch.

Murray mengatakan dia lebih khawatir tentang penurunan, ketika kekebalan yang diberikan oleh booster kedua mulai menurun, membuat kelompok orang yang rentan sekali lagi rentan terhadap virus.

Pejabat A.S. tampaknya juga melihat ke arah penurunan ialah Dr. Peter Marks, regulator vaksin teratas Food and Drug Administration (FDA), menyarankan pekan lalu bahwa agensi tersebut dapat mengizinkan suntikan booster lain untuk orang yang rentan akhir tahun ini. Murray mengatakan kekhawatiran lain adalah bahwa varian baru bisa muncul yang lebih mematikan daripada omicron dan BA.2.

"Masalah kritis bagi semua orang bukanlah apakah ada varian baru. Ini apakah akan ada varian baru yang lebih parah," katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.