Sukses

5 Tips Sederhana Ahli Diet Ini Bantu Anda Menurunkan Berat Badan dan Mempertahankannya

Liputan6.com, Jakarta Comfort food, kebosanan, dan stres, semuanya dapat berkontribusi pada berat badan naik. Terlebih dengan pandemi yang memaksa mayoritas dari kita untuk bekerja dari rumah dan berujung dengan sedikit bergerak.

Anda sebaiknya tidak terlena dengan hal ini. Bila dibiarkan, bukan tidak mungkin Anda harus berhadapan dengan risiko penyakit serius.

Penting bagi setiap orang untuk mengatur pola makan. Tidak hanya agar kebutuhan gizi tercukupi, namun juga untuk menghindari penambahan berat badan yang tidak diinginkan serta penyakit di kemudian hari.

Ahli diet dan penulis Nigel Denby (nigeldenbydietitian.co.uk) membagikan beberapa tips terbaiknya untuk manajemen berat badan.

Berikut ini beberapa tips simpel untuk membantu Anda menurunkan berat badan atau menjaganya tetap ideal seperti dihimpun dari Mirror:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 6 halaman

1. Buat buku harian makanan dan aktivitas

Catat semua yang Anda makan dan minum serta seberapa banyak olahraga yang Anda lakukan. Apa yang Anda konsumsi sekarang karena Anda lebih banyak berada di rumah?

Sudahkah Anda mulai minum lebih banyak anggur atau alkohol saat Anda beralih dari akhir hari kerja ke waktu senggang?

Identifikasi apa masalahnya: setelah Anda melihat buku harian Anda setelah sekitar satu minggu, Anda akan mengidentifikasi tiga atau empat area untuk fokus.

 

3 dari 6 halaman

2. Bergerak lebih banyak

NHS merekomendasikan Anda untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik sedang dalam seminggu - yaitu sekitar 20 hingga 30 menit sehari. Bahkan olahraga simpel seperti jalan cepat pun amat bermanfaat dan diperhitungkan dalam hal ini.

 

4 dari 6 halaman

3. Tetap terhidrasi

Anda harus berusaha untuk minum 6-8 gelas cairan sehari – serta air, ini juga dapat mencakup susu rendah lemak dan minuman bebas gula, termasuk teh dan kopi.

 

5 dari 6 halaman

4. Rencanakan camilan Anda

Pilih camilan yang di bawah 100 kalori (misalnya, 10 kacang almond atau telur rebus) dan cobalah untuk mengonsumsinya maksimal dua kali sehari. Anda juga bisa mencoba mengonsumsi cemilan sederhana seperti ubi rebus, pisang, dan lainnya.

 

6 dari 6 halaman

5. Perhatikan ukuran porsi Anda

Kebanyakan orang tidak memerhatikan porsi makan mereka. Sepiring besar mungkin porsi makan yang biasa Anda lakukan. Namun, kini cobalah untuk memerhatikan porsinya.

Usahakan untuk mengurangi nasi serta memperbanyak sayur dan protein di piring Anda.