Sukses

Jangan Dianggap Sepele, 5 Efek Tidur Terlalu Lama Bagi Tubuh

Akan ada bahaya yang mengintai pada kesehatan tubuh jika tidur berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta - Tidur menjadi kebutuhan pokok bagi setiap individu. Memiliki kualitas tidur yang baik tentu akan membuat seseorang bisa melakukan aktivitas dengan baik. 

Namun, tidur sebenarnya bisa berubah dari teman menjadi musuh jika kita menikmatinya tanpa batas. 

Akan ada bahaya yang mengintai pada kesehatan tubuh jika tidur berlebihan. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Senin (20/12/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Merasa lelah sepanjang waktu

Anehnya, banyak tidur tidak akan membuatmu merasa segar dan berenergi. Sebaliknya, Anda akan mengalami kelelahan dan keengganan untuk melakukan apapun. 

Jumlah tidur yang disarankan antara 7-9 jam untuk orang dewasa. Jika Anda tidur lebih dari itu, otak Anda terasa berkabut dan membuatmu tidak bisa fokus. 

 

3 dari 6 halaman

2. Rentan sakit kepala

 

Ini menjadi salah satu tanda Anda tidur berlebih, yang disebabkan oleh neurotranmiter yang salah arah. Terlalu banyak tidur biasanya menyebabkan sakit kepala tipe tegang. 

Terlebih lagi, jika Anda mendengkur, Anda cenderung terbangun dengan sakit kepala. Sebuah survey bahkan menunjukkan bahwa 60% pendengkur rentan terhadap mereka.

4 dari 6 halaman

3. Mudah tersinggung

Alih-alih merasa bahagia dan penuh energi, Anda lebih cenderung bangun dengan emosi marah dan murung. 

Bangun dengan perasaan sudah lelah dan menyadari bahwa Anda tidak bisa seproduktif yang Anda inginkan, merusak suasana hatimu dan membuatmu lebih mudah tersinggung dan marah.

5 dari 6 halaman

4. Menua sebelum waktunya

Tidak hanya wajahmu menua lebih cepat, tapi juga otakmu. Tidur terlalu banyak menyebabkan masalah memori dan konsentrasi. 

Selain itu, tidur berlebih memperlambat metabolisme dan menyebabkan penambahan berat badan. Seperti diketahui, semakin tua kita, semakin lambat metabolisme kita.

6 dari 6 halaman

5. Kondisi kronismu memburuk

Tidur terlalu banyak memburuk depresi kronis dan kondisi lain, seperti sakit punggung.

Selain itu, jika Anda cenderung terengah-engah di malam hari atau dikenal juga dengan sleep apnea, itu berarti Anda tidur terlalu lama karena kualitas tidur yang buruk. Akibatnya, kondisi jantung bisa memburuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.