Sukses

5 Tips Tetap Profesional Saat Cinlok dengan Rekan Kerja

Banyak dari kita menghabiskan banyak waktu dengan rekan kerja setiap hari dan terkadang itu memunculkan percikan cinta.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari kita menghabiskan banyak waktu dengan rekan kerja setiap hari dan terkadang itu memunculkan percikan cinta. 

Menurut survei yang dilakukan oleh Society for Human Resource Management, 54% orang Amerika ternyata naksir seseorang di tempat kerja mereka.

Nah, penting untuk mengetahui bagaimana menangani situasi yang sangat rumit ini jika Anda ingin memiliki hubungan istimewa dengan seseorang tanpa mengganggu pekerjaanmu secara bersamaan.

Berikut beberapa tips agar tetap profesional saat cinlok dengan rekan kerja, seperti melansir dari Bright Side, Senin (15/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pastikan Anda mengikuti aturan perusahaan

Anda terlebih dahulu harus mencari tahu apakah perusahaan di tempatmu bekerja memiliki aturan dalam hal berpacaran dengan rekan kerja. 

Menurut Amy Baker, Profesor Psikologi di Universitas of New Haven, kita perlu membaca aturan karena beberapa perusahaan tidak mengizinkan seseorang berkencan dengan bawahan atau mengizinkan segala jenis romansa kantor secara umum. 

3 dari 6 halaman

2. Jauhi hubungan romantis dengan atasan atau bawahanmu

Jika kebijakan perusahaan mengizinkan karyawannya berkencan di kantor, Profesor Amy Baker menyarankan untuk tidak berkencan dengan atasan, bawahan atau bahkan klienmu, karena dinamika kekuatan dari hubungan semacam itu akan sulit dinavigasi.

Rekan kerjamu yang lain akan berpikir Anda mendapatkan perlakuan khusus dan penilaian serta profesionalismemu bisa dikompromikan, yang bisa menyebabkanmu dipecat.

4 dari 6 halaman

3. Jangan memamerkan hubunganmu, tapi juga jangan terlalu merahasiakannya

Mencoba merahasiakan hubunganmu dengan rekan kerja di kantor hampir tidak mungkin. Orang-orang pada akhirnya akan mengetahuinya.

Pastikan untuk mendiskusikan hubungan dengan manajer dan HR Anda agar hubungan cinta Anda tidak menimbulkan masalah bagi siapa pun. 

HR bisa membantumu memahami kebijakan, pedoman dan semua hal lain yang perlu Anda ketahui dan kemudian Anda bisa mengumumkan hubungan ke publik.

5 dari 6 halaman

4. Persiapkan diri karena tidak semua rekan kerja senang dengan hubunganmu

Profesor Baker mengatakan beberapa rekan kerjamu merasa dikhianati karena mereka tidak tahu tentang hubungan barumu. 

Beberapa kolegamu akan mengenakan hal-hal yang tidak menyenangkan tentang pasanganmu karena mereka tidak tahu bahwa Anda bersama.

6 dari 6 halaman

5. Tanyakan pada diri sendiri apakah hubungan itu sepadan

Ada kemungkinan Anda telah bertemu belahan jiwamu dan orang yang akan menghabiskan seluruh hidup bersama di kantor. Namun, ada juga kemungkinan hubunganmu tidak menjadi positif.

Anda juga perlu memikirkan apa yang akan terjadi pada kehidupan kerjamu. Profesor Baker mengatakan bahwa itu bisa buruk bagimu secara mental dan profesional dan Anda harus memutuskan apa yang terbaik untukmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.