Sukses

6 Hal Ini Sebaiknya Tidak Anda Bicarakan dengan Rekan Kerja

Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda bicarakan dengan rekan kerja di kantor

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tempat kerja yang nyaman dan menyenangkan adalah dambaan setiap orang. Tempat kerja yang ideal tentu akan mendukung pengembangan diri Anda dan Anda pun bisa melakukan pekerjaan dengan baik.

Sayangnya, seringkali ketika kita terlalu nyaman di tempat kerja dan memiliki banyak teman, kita cenderung lupa bahwa mereka masih rekan kerja dan ada kesopanan yang harus Anda jaga. Anda kemudian menganggap rekan kerja adalah teman dekat yang dapat diceritakan segala hal.

Padahal, ketika garis itu kabur, Anda bisa menjadi bahan tertawaan dan orang-orang cenderung menganggap Anda remeh. Anda tentu tidak mau hal itu yang terjadi, bukan?

Berikut ini beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan serta beberapa percakapan yang tidak boleh Anda lakukan dengan rekan kerja Anda seperti dihimpun dari TimesofIndia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Pilihan pujian

Adalah baik untuk memuji bila perlu, tetapi lakukan dengan sangat selektif. Bahkan jika Anda berpikir bahwa celananya cocok untuknya, simpanlah untuk diri sendiri karena mengomentari penampilan fisik seseorang tidak dianggap baik oleh banyak orang. Itu juga kadang-kadang bisa diterjemahkan ke dalam pelecehan seksual.

 

3 dari 7 halaman

2. Komentar negatif

Apakah Anda seorang pemimpin tim atau salah satu senior, itu tidak berarti bahwa Anda dapat lolos dengan komentar negatif tentang topik yang berbeda terutama seperti agama, politik, atau bagaimana ia membesarkan anaknya. Ini tidak profesional dan tidak direkomendasikan.

 

4 dari 7 halaman

3. Apakah Anda mengharapkan bayi?

Jika dia terlihat sehat, itu tidak berarti dia hamil. Pertanyaan ini bisa sangat menghina. Jika memang demikian, dia akan memberi tahu Anda kapan pun dia mau. Simpan saja pikiran itu di kepala Anda sampai orang itu menegaskan hal yang sama pada dirinya sendiri.

 

5 dari 7 halaman

4. Apakah saya mengganggu Anda?

Ini adalah satu baris kalimat yang tidak boleh diucapkan karena pertanyaan Anda terkait dengan pekerjaan dan Anda mendekati mereka karena relasi kuasa. Anda bukan "pengganggu".

Jika Anda tahu Anda mengganggu mereka maka jangan hanya mengganggu mereka. Mengatakan maaf namun melakukannya tidak masuk akal. Tanyakan saja apakah dia punya waktu untuk berbicara dengan Anda.

 

6 dari 7 halaman

5. Hilangkan “Saya pikir”

Anda mengatakan "saya pikir/menurut saya" ketika Anda tidak yakin. Jika tidak, kedua kata ini membuat Anda tampak plin-plan.

Ketika Anda mengetahui sesuatu, hilangkan kedua kata itu dan katakan apa yang harus Anda lakukan.

7 dari 7 halaman

6. Pembicaraan hubungan pribadi

Anda tidak boleh dan sebaiknya tidak mendiskusikan hubungan pribadi Anda dengan siapa pun di tempat kerja. Simpan percakapan itu untuk teman Anda atau siapa pun di luar pekerjaan. Hanya mereka yang menyukai "drama" yang akan tertarik dan kemudian membumbuinya dan membaginya dengan orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.