Sukses

Minum Kopi hingga Tiga Cangkir Sehari Menurunkan Risiko Anda Terkena Stroke, Ini Sebabnya

Ternyata ada manfaat bagi orang yang suka minum kopi tapi tidak berlebihan, yaitu menurunkan risiko terkena stroke

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin berpikir bahwa karena stroke cenderung terjadi secara tiba-tiba, tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya. Tetapi kenyataannya adalah, segala sesuatu mulai dari apa yang Anda makan hingga bagaimana Anda tidur dapat memengaruhi risiko stroke Anda. Itulah sebabnya tidak ada waktu terlambat untuk membuat beberapa perubahan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengatakan ada empat langkah sederhana yang harus Anda ikuti untuk pencegahan stroke, yang dikenal sebagai ABCS: Minum aspirin, kendalikan tekanan darah, kendalikan kolesterol, dan berhenti merokok.

Meski demikian, penelitian baru menemukan bahwa menambahkan satu minuman ke dalam rutinitas Anda juga dapat mengurangi risiko stroke hingga lebih dari 20 persen, selama Anda mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Minuman tersebut yakni kopi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Minum hingga tiga cangkir kopi sehari menurunkan risiko stroke dan serangan jantung

Jika Anda bergantung pada kopi untuk membantu Anda menjalani hari, Anda tidak sendirian. Banyak orang yang minum kopi di pagi hari untuk membuat mereka lebih bersemangat memulai hari. Bagi mereka yang ragu untuk menambahkan kopi ke rutinitas harian mereka, sebuah studi baru yang dipresentasikan di European Society of Cardiology Congress 2021 dapat membantu memengaruhi Anda.

Penulis penelitian tersebut ingin meneliti hubungan antara asupan kopi dengan kasus serangan jantung, stroke, dan kematian. Penelitian ini melibatkan 468.629 peserta, yang diikuti para peneliti selama 11 tahun. Rata-rata usia subjek adalah 56,2 tahun, dan sekitar 58 persen di antaranya adalah perempuan.

Menyesuaikan berat badan, usia, jenis kelamin, tinggi badan, status merokok, dan faktor kesehatan lainnya, para ilmuwan membagi kelompok menjadi tiga kategori: orang yang tidak pernah minum kopi, orang yang minum antara 0,5 sampai tiga cangkir sehari, dan orang yang minum lebih dari tiga cangkir kopi. cangkir sehari.

 

3 dari 6 halaman

Temuan penelitian

Mereka menemukan bahwa kelompok peminum kopi moderat memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung 17 persen lebih rendah dan risiko stroke 21 persen lebih rendah daripada kelompok peminum non-kopi. Secara keseluruhan, kelompok moderat memiliki risiko kematian 12 persen lebih rendah dari semua penyebab daripada kelompok non-peminum kopi.

"Temuan kami menunjukkan bahwa konsumsi kopi hingga tiga cangkir per hari dikaitkan dengan hasil kardiovaskular yang menguntungkan," kata penulis studi Judit Simon, kandidat PhD, dari Pusat Jantung dan Vaskular, Universitas Semmelweis, Budapest, Hongaria, pada sebuah presentasi.

"Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menjelaskan mekanisme yang mendasarinya, manfaat yang diamati mungkin sebagian dijelaskan oleh perubahan positif dalam struktur dan fungsi jantung."

 

4 dari 6 halaman

Mungkin kafein yang menyelamatkan jantung Anda

Manfaat konsumsi kopi telah dikatalogkan dengan baik. Sebuah tinjauan dari tiga studi oleh American Heart Association awal tahun ini juga menemukan bahwa kopi dapat menurunkan risiko gagal jantung, tetapi kopi harus berkafein agar Anda mendapat manfaatnya.

"Hubungan antara kafein dan pengurangan risiko gagal jantung sangat mengejutkan," kata penulis senior review David Kao, MD, dalam rilis berita. Kao adalah asisten profesor kardiologi dan direktur medis di Colorado Center for Personalized Medicine di University of Colorado School of Medicine di Aurora, Colorado.

“Kopi dan kafein sering dianggap oleh masyarakat umum sebagai 'buruk' bagi jantung karena orang mengasosiasikannya dengan jantung berdebar, tekanan darah tinggi," jelasnya.

"Hubungan yang konsisten antara peningkatan konsumsi kafein dan penurunan risiko gagal jantung mengubah asumsi itu."

 

5 dari 6 halaman

Kopi telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan utama lainnya

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Cancer Epidemiology Biomarkers & Prevention menemukan bahwa minum hanya satu atau dua cangkir kopi sehari dikaitkan dengan pengurangan 26 persen risiko kanker usus besar.

Sebuah studi tahun 2020 juga menemukan bahwa pasien dengan kecenderungan genetik untuk penyakit Parkinson cenderung tidak menunjukkan gejala awal penyakit jika mereka minum lebih banyak kafein.

Minum tiga hingga empat cangkir kopi sehari juga mengurangi risiko penyakit hati. Demikian menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di BMC Public Health awal tahun ini.

Dan minum kopi dark roast, khususnya, tampaknya memiliki beberapa korelasi dengan penurunan risiko Alzheimer. Itu karena biji kopi panggang hitam mengandung lebih banyak phenylindanes, yang diketahui mencegah penumpukan protein yang menyebabkan Alzheimer. Demikian menurut sebuah studi 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Neuroscience.

 

6 dari 6 halaman

Tapi tidak semua kopi sama baiknya untukmu

Meski demikian, para peneliti di balik studi 2021 lainnya yang diterbitkan dalam jurnal Nutritional Neuroscience memperingatkan bahwa kuncinya adalah moderasi. Minum terlalu banyak kopi—lebih dari enam cangkir sehari—sebenarnya dikaitkan dengan risiko demensia yang lebih tinggi.

Selain itu, penting untuk memikirkan bagaimana Anda menyiapkannya. Menambahkan berton-ton gula atau produk susu ke kopi Anda dapat menciptakan jenis masalah kesehatan lain yang mengurangi manfaat minum kopi.

Minum minuman kopi yang mengandung banyak susu "akan meningkatkan kemungkinan Anda menjadi kelebihan berat badan, yang pada gilirannya meningkatkan risiko terkena kanker, serta penyakit lain seperti penyakit jantung dan diabetes," ujar Rachel Thompson, PhD, manajer program sains di World Cancer Research Fund, dalam sebuah pernyataan awal tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.