Sukses

Wanita Lebih Rentan terhadap Efek Samping Vaksin Covid-19 daripada Pria, Ini Sebabnya

Wanita ternyata lebih rentan terhadap efek samping vaksin Covid-19 ketimbang pria. Mengapa?

Liputan6.com, Jakarta Setelah mendapat vaksinasi Covid, seseorang mungkin mengalami gejala ringan, sementara yang lain mungkin tidak menunjukkan gejala sama sekali. Ini semua bergantung pada sistem kekebalan Anda dan bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap patogen asing.

Dengan kata lain, tubuh Anda cenderung menunjukkan reaksi yang dapat berubah dari ringan hingga parah. Dari demam, kelelahan, mual hingga sakit tubuh, banyak gejala telah dilaporkan pada orang yang telah menerima suntikan vaksin COVID-19 mereka.

Selain itu, banyak juga yang mengalami gatal-gatal, kemerahan, bengkak di tempat suntikan, yang hilang dalam satu atau dua hari.

Tidak ada yang mengatakan siapa yang mendapat lebih banyak efek samping vaksin daripada yang lain. Namun, semakin banyak bukti menunjukkan bahwa faktor-faktor tertentu dapat memengaruhi kemungkinan seseorang mengalami efek samping yang parah, terutama jika menyangkut wanita.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wanita lebih banyak merasakan efek samping vaksin

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), dari analisis data yang diterbitkan dalam Morbidity and Mortality Weekly Report pada bulan Februari, ditemukan bahwa sementara sebagian besar reaksi terhadap vaksin COVID tidak serius, wanita melaporkan lebih banyak efek samping vaksin daripada pria.

Dari jumlah total vaksinasi yang dilakukan, 79 persen efek samping dilaporkan oleh perempuan meskipun sekitar 60 persen dari dosis diberikan kepada perempuan.

Sesuai penelitian, ditemukan bahwa 19 wanita yang menerima suntikan Moderna melaporkan reaksi yang merugikan, sementara 44 persen wanita, yang mengeluhkan reaksi anafilaksis, diberi suntikan Pfizer.

 

3 dari 7 halaman

Wanita punya sistem kekebalan yang lebih kuat

Meskipun mungkin mengkhawatirkan bagi banyak wanita, pasti menarik untuk mengetahui mengapa hal itu terjadi dan apakah wanita harus khawatir sebelum mendapat vaksin Covid.

Sementara laporan menunjukkan bahwa wanita lebih rentan terhadap efek samping vaksin, bisa jadi karena mereka memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat dan lebih sehat dibandingkan dengan pria.

Penelitian juga mengklaim bahwa wanita menghasilkan antibodi yang lebih kuat dibandingkan dengan pria.

 

4 dari 7 halaman

Wanita lebih ekspresif menyuarakan pendapat

Mengalami efek samping adalah proses alami dan seseorang tidak perlu khawatir akan hal itu.

Sementara wanita dikatakan lebih rentan mengalami efek samping dari vaksin COVID, banyak peneliti percaya bahwa itu bisa disebabkan oleh faktor perilaku.

Ini berarti bahwa sementara wanita diyakini lebih ekspresif tentang penyakit mereka daripada pria, ada kemungkinan bahwa analisis yang diberikan dapat didasarkan pada seberapa vokal seseorang tentang rasa sakit fisik mereka.

Beberapa ahli percaya bahwa wanita lebih mungkin untuk melaporkan efek samping daripada pria, yang mengarah pada kesimpulan yang menunjukkan bahwa wanita mengalami lebih banyak efek samping dari vaksin.

 

5 dari 7 halaman

Hormon estrogen wanita juga memengaruhi

Menurut para ahli, hormon estrogen wanita umumnya meningkatkan dan mempengaruhi reaksi sistem kekebalan tubuh. Sebaliknya, hormon testosteron pria bertindak sebagai imunosupresan, yang bisa menjadi alasan utama mengapa wanita mengalami lebih banyak efek samping dari vaksin COVID dibandingkan pria.

Ini juga bisa membuktikan mengapa kebanyakan wanita terkena penyakit autoimun seperti lupus dan multiple sclerosis.

 

6 dari 7 halaman

Perbedaan genetik wanita dan pria

Perbedaan genetik juga dapat mempengaruhi cara tubuh Anda bereaksi terhadap vaksin, membuat wanita rentan terhadap lebih banyak efek samping daripada pria.

Meskipun efek samping dari vaksin COVID hilang dalam satu atau dua hari, jika terasa tidak tertahankan, Anda selalu dapat minum obat pereda nyeri. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda tentang hal yang sama.

Minum banyak air dan hindari melakukan aktivitas berat. Istirahatlah dengan baik dan jangan memaksakan tubuh dan pikiran Anda.

 

7 dari 7 halaman

Efek samping vaksin adalah hal yang alami dan akan hilang sendiri

Pasca vaksinasi, nyeri lengan tetap ada selama satu atau dua hari. Namun, itu bukan masalah yang perlu dikhawatirkan.

Untuk mengurangi rasa sakit, para ahli menyarankan gerakan lengan yang terus menerus dan lembut. Ini merangsang aliran darah ke daerah yang membantu mengurangi rasa sakit.

Anda juga dapat menerapkan kompres dingin untuk mengurangi rasa sakit. Namun, jangan lupa bahwa rasa sakit adalah tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda bekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.