Sukses

Cara Mudah Membuat Kopi Cold Brew di Rumah, Yuk Dicoba

Membuat kopi dengan teknik cold brew, menghilangkan keasaman atau kepahitan pada kopi dan menciptakan rasa yang lebih manis

Liputan6.com, Jakarta- Menyeduh kopi dingin di siang hari adalah pilihan yang tepat. Kopi dingin dapat disajikan dengan dua cara. Pertama, es kopi yang dibuat dengan menyeduh kopi dengan air panas, di dinginkan dan di tuangkan di atas es. Yang kedua adalah cold-brew atau minuman dingin. Pembuatan cold brew ini berbeda dengan es kopi. 

Cold Brew disajikan tanpa menggunakan air panas. Kopi ini dibuat dengan seduhan kopi bubuk atau kopi gilingan yang dicampur air dingin, kemudian disaring selama beberapa jam. Penyajian kopi dengan cara tersebut dapat menghilangkan keasaman atau kepahitan pada kopi anda sehingga menciptakan rasa yang lebih manis. Selain itu, metode ini dapat membuat minuman Anda lebih tahan lama.

Proses pembuatan cold brew tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan membuat es kopi. Dilansir dari cookie and kate.com, hal ini disebabkan karena menggunakan air dingin, sehingga perlu selama 12 hingga 18 jam untuk menyerap warna, rasa, dan kafein kopi. Proses ekstraksi tersebut menghasilkan kopi lebih manis dan halus. 

Meskipun cold brew banyak ditemukan di kafe, namun Anda bisa menggunakan teknik ini untuk menciptakan cold brew buatan Anda sendiri di rumah. Ini dia resep yang bisa Anda ikuti untuk membuat cold brew dilansir downshiftology.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat coldbrew:

1. 1 cangkir biji kopi

2. 4 gelas air yang disaring

3. Penggiling kopi

3 dari 4 halaman

Cara membuatnya

1. Giling biji kopi Anda dengan konsistensi yang kasar

2. Tambahkan air dingin dan biji kopi yang sudah Anda giling ke dalam wadah penyimpanan kaca.

3. Biarkan hingga 12-18 jam. 

4. Saring kopi melalui saringan yang halus yang dilapisi dengan kain tipis di atas cangkir atau mangkok. Untuk alternatif lain, Anda dapat menggunakan penyaring kopi di atas saringan. 

5. Tuangkan kembali konsentrat minuman dingin yang telah Anda saring ke dalam wadah yang bersih. Kemudian Anda dapat menyimpan di lemari es. 

6. Untuk menyeduhnya, tuangkan minuman dingin Anda di atas es dengan air atau dengan susu atau krimer kesukaan Anda.

7. Cold Brew siap disajikan. 

 

Penulis

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

 

 

4 dari 4 halaman

Infografis kopi-kopi Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.