Sukses

96 Persen Orang yang Kena Covid-19 Lebih dari Sekali, Punya Kesamaan Ini

Kebanyakan orang yang terkena infeksi ulang Covid-19 memiliki kesamaan ini

Liputan6.com, Jakarta Setelah terinfeksi dan sembuh dari COVID, seseorang akan terlindungi dari virus Corona berkat kekebalan yang berasal dari infeksi sebelumnya. Sayangnya, Covid-19 masih bisa menulari Anda dan tidak ada cara untuk 100 persen kebal terhadap virus corona.

Bahkan, faktanya Anda masih bisa terinfeksi virus Corona setelah mendapat vaksinasi Covid. Para peneliti pun mencoba menguraikan kesamaan kasus infeksi ulang tersebut. Menurut sebuah studi baru, salah satu kesamaan di antara orang-orang yang mendapatkan COVID lagi adalah bahwa hampir semua memiliki setidaknya dua penyakit penyerta.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Studinya

Melansir dari Bestlifeonline, sebuah studi baru yang dicetak pada 13 Juni di medRxiv melihat karakteristik pasien COVID yang telah dites positif dan terkena virus lebih dari sekali. Para peneliti menarik data klinis dan pengujian untuk 23 pasien dari database catatan kesehatan elektronik AS yang besar.

Para pasien memiliki hasil tes positif setidaknya 60 hari terpisah dan dipisahkan oleh setidaknya dua hasil tes negatif berturut-turut. Ini untuk memperjelas bahwa ini adalah kasus infeksi ulang, bukan kasus di mana orang memiliki infeksi COVID yang berkepanjangan.

 

3 dari 5 halaman

Hasil penelitian

Menurut penelitian, 96 persen dari pasien yang terinfeksi ulang ini memiliki dua atau lebih penyakit penyerta, yaitu adanya penyakit atau kondisi medis secara bersamaan dalam diri seorang pasien.

Dalam penelitian ini, 70 persen pasien memiliki hipertensi, 26 persen memiliki penyakit kardiovaskular, fibrilasi atrium, atau penyakit ginjal kronis, dan 22 persen memiliki diabetes tipe 2 atau riwayat tromboemboli vena atau antikoagulasi jangka panjang. Ini semua dianggap sebagai faktor risiko COVID oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

"Berdasarkan apa yang kami ketahui dari virus serupa, beberapa infeksi ulang diperkirakan terjadi. Kami masih mempelajari lebih lanjut tentang COVID-19," kata CDC dalam sebuah pernyataan di situs webnya. Namun, mereka menambahkan bahwa sementara kasus reinfeksi COVID telah dilaporkan, hal tersebut jarang terjadi.

 

4 dari 5 halaman

Kesamaan lainnya

Tetapi memiliki dua atau lebih penyakit penyerta bukan satu-satunya karakteristik yang sama di antara pasien yang mendapatkan COVID lebih dari sekali.

Para peneliti juga menemukan bahwa 61 persen dari pasien yang terinfeksi ulang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, 83 persen memiliki kondisi kekebalan yang membahayakan, dan 83 persennya adalah perokok. Usia rata-rata pasien yang terinfeksi ulang adalah sekitar 64 hingga 65 tahun.

"Studi kami menunjukkan prevalensi tinggi gangguan kekebalan, komorbiditas, obesitas, dan merokok di antara pasien dengan tes SARS-CoV-2 yang berulang kali positif," kata para peneliti.

5 dari 5 halaman

Infografis lonjakan Covid-19 di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.