Sukses

5 Latihan Sederhana Ini Bantu Kamu Atasi Double Chin

Liputan6.com, Jakarta Double chin merupakan istilah untuk tumpukan lemak yang ada di bawah dagu sehingga tampak seperti memiliki dua dagu. Siapa pun dapat mengalami kondisi ini, termasuk seseorang yang memiliki tubuh kurus.

Bukan hanya karena kegemukan atau lemak, terdapat berbagai penyebab munculnya double chin. Mulai dari kulit yang menua, postur tubuh yang buruk, struktur wajah, hingga karena genetika.

Sebagian individu bahkan merasa tak percaya diri jika memiliki double chin atau dagu berlipat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan lemak di area bawah dagu ini?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 latihan sederhana untuk menghilangkan double chin yang bisa Anda lakukan di rumah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Gaya singa menguap

Sama seperti singa ketika menguap, Anda perlu membuka mulut lebar-lebar sambil menjulurkan lidah sejauh mungkin. Latihan ini mampu memperkuat otot di dagu, leher, dan wajah.

Anda bisa melakukannya saat sedang duduk santai. Buka mulut selebar mungkin dan julurkan lidah sejauh mungkin. Dorong lidah dan tahan selama 10 detik dalam posisi rileks. Ulangi sampai 10 kali dan lanjutkan ke latihan selanjutnya.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Mengunyah permen karet

Permen karet seringkali dimakan sebagai pembersih mulut atau hanya untuk penghilang rasa bosan. Namun, ternyata permen karet juga dapat membantu menghilangkan dagu berlipat lho.

Dalam jurnal yang diunggah ke Appetite menemukan bahwa individu yang mengunyah permen karet setelah makan mungkin merasa lebih puas dengan makanan tersebut. Hal itu cenderung membuat mereka tak meraih makanan ringan tambahan.

Mengunyah permen karet dapat dilakukan sebagai latihan ringan untuk otot-otot wajah, terutama bagian rahang. Jika dilakukan secara teratur, mengunyah permen karet dapat membantu menghilangkan lemak di dagu secara keseluruhan.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Latihan mengucapkan OO-EE

Salah satu cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan double chin adalah mengucapkan huruf O dan E. Hal itu akan membantu Anda menargetkan otot-otot antara bibir atas dan hidung untuk menghilangkan double chin.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Mencium langit

Latihan yang satu ini sangat bagus untuk memperkuat oto dan memberikan istirahat pada leher setelah menghabiskan waktu lama di depan meja. Duduklah dengan punggung lurus dan bahu santai.

Miringkan kepala ke belakang dan biarkan wajah menatap ke arah langit. Dalam posisi tersebut, bentuklah bibir seperti saat sedang bersiul dan rileks. Anda dapat memegangnya untuk merasakan kontraksi di kedua sisi leher.

Tahan selama 10 hingga 20 detik tergantung tingkat kenyamanan individu. Ulangi hingga sepuluh kali untuk satu kali duduk.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Menggunakan bola

Beberapa benda di sekitar kita ternyata dapat membantu individu untuk latihan, termasuk bola pingpong. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bola lainnya yang berukuran 5-10 inci.

Lakukanlah dalam posisi duduk dengan punggung lurus dan bahu rileks. Letakkan bola di bawah dagu. Lalu, gunakan dagu untuk menekan bola dengan gerakan kuat dan stabil. Anda dapat mengulangi 10-30 kali setiap kali duduk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.