Sukses

13 Makanan Ini Dapat Membantu Anda Tetap Terhidrasi Saat Puasa

Liputan6.com, Jakarta Saat puasa, tubuh tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Meski begitu tubuh harus tetap terhidrasi. Jika tubuh mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, maka sistem dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan normal.

Keseimbangan gula dan garam juga dapat terganggu jika tubuh dehidrasi, maka dari itu tubuh perlu terus terhidrasi. Tubuh tidak boleh kekurangan cairan selama menjalankan puasa sehingga diperlukan makanan dan minuman yang tepat untuk itu.

Melansir dari Taste of Home, Rabu, (28/4/2021), 13 makanan berikut ini mampu membuat Anda tetap terhidrasi dalam menjalankan puasa. Makanan-makanan ini terdiri dari berbagai macam buah dan sayuran, serta jenis makanan lainnya yang juga baik untuk tubuh.

 

2 dari 15 halaman

1. Semangka

Buah semangka memiliki kandungan air yang banyak. Semangka juga merupakan buah yang sangat menyegarkan saat dikonsumsi. Tepatnya, semangka bisa mengandung sekitar 92% air di dalamnya, sehingga sangat baik untuk bisa tetap menghidrasi tubuh. Menikmati jus semangka yang menyegarkan juga bisa Anda lakukan saat berbuka puasa.

 

3 dari 15 halaman

2. Jeruk

Saat bicara tentang makanan yang mengandung banyak air, jeruk sudah pasti masuk ke dalam daftar teratas. Jeruk memiliki kandungan air sebesar 87%, sunguh angka yang juga cukup besar.

Anda Bisa mnegonsumsinya secara utuh atau menambahkannya dalam jus dan salad buah. Buah yang berair ini penuh dengan rasa dan terdapat kandungan vitamin C yang tentunya sangat baik untuk tubuh.

 

4 dari 15 halaman

3. Apel

Apel juga termasuk salah satu makanan yang membuat tubuh tetap terhidrasi. Faktanya, apel memang mengandung 80% air di dalamnya. Apapun jenis apel tersebut, ia tetap bisa membantu membuat tubuh terhidrasi.

Apel juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti serat, mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus. Selain itu, makan apel juga terbukti dapat menurunkan berat badan.

 

5 dari 15 halaman

4. Yogurt

Yogurt dengan kandungan air 85% juga termasuk dalam daftar makanan yang membantu tubuh tetap terhidrasi. Mengonsumsi yogurt dapat dilakukan untuk memulai hari, jadi dapat dimakan saat sahur.

Tidak hanya tetap terhidrasi, yogurt juga dapat meningkatkan kesehatan usus. Anda juga bisa membuat yogurt sendiri di rumah untuk dapat menghemat uang Anda, cobalah beberapa resep yogurt yang dibuat dengan mudah di rumah.

 

6 dari 15 halaman

5. Seledri

Di dalam seledri berukuran 110 gram, kandungan airnya adalah 105 gram, sehingga sudah dipastikan seledri sangan bisa membantu tubuh tetap terhidrasi. Mengunyah seledri secara langsung juga lebih baik untuk mendapatkan kandungan airnya.

Selain itu, bisa juga dengan menambahkannya pada resep salad favorit Anda atau camilan yang lezat bersama selai kacang. Jadi jangan melewatkan salah satu makanan yang memiliki kandungan air terbaik ini, lalu jangan buang sisa seledri karena Anda bisa menanamnya.

 

7 dari 15 halaman

6. Telur

Telur juga menjadi salah satu makanan yang baik untuk menghidrasi tubuh. Di dalam telur terdapat 75% air, walaupun belum banyak orang yang menyadarinya. Makanan yang mudah dalam pengolahannya ini bisa memberikan kandungan air yang cukup untuk tubuh.

8 dari 15 halaman

7. Pisang

Buah pisang memang memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Tak hanya itu, kandungan air dalam pisang ini juga cukup tinggi yakni sebesar 75%, sehingga buah ini dapat menjadi pilihan untuk makanan-makanan yang bisa membuat tubuh tetap terhidrasi. Pisang juga bisa dijadikan camilan yang enak, atau dapat juga dibuat menjadi makanan-makanan sehat lainnya.

 

9 dari 15 halaman

8. Timun

Mentimun sering kali dibuat menjadi minuman yang enak dan menyegarkan. Ketahui lah, bahwa timun juga memilki kandungan air yang sangat tinggi yaitu 95%. Timun juga bisa disajikan bersama selada atau sayuran lainnya agar dapat memiliki beragam rasa. Selain itu, timun juga dapat melembabkan dan menyegarkan wajah dengan maskernya.

 

10 dari 15 halaman

9. Jamur

Bahan masakan umum dalam resep vegan karena memiliki tekstur seperti daging dan rasanya juga yang enak ini juga masuk ke daftar makanan yang bisa membuat tubuh tetap terhidrasi. Jamur memiliki kandungan air sebanyak 92%, sungguh angka yang tinggi. Terlebih lagi ada banyak cara juga untuk menikmati jamur menjadi lebih enak.

 

11 dari 15 halaman

10. Persik

Buah yang mengandung 89% air ini sudah pasti masuk dalam daftar makanan menghidrasi. Makanan penutup yang menyegarkan dan lezat ini akan membuat Anda merasa kenyang dan terhidrasi setelah memakannya. Pastikan untuk mengupas buah persik dengan cara yang benar.

 

12 dari 15 halaman

11. Tomat

Tomat yang sangat sebaguna ini juga memiliki kandungan air yang tinggi sebesar 95%. Rasanya yang segar juga memberikan sensasi memakannya menjadi lebih nikmat. Berbagai cara juga bisa ditemukan untuk mengonsumsi buah tomat ini, baik secara utuh atau dijadikan bahan masakan.

 

13 dari 15 halaman

12. Stroberi

Buah stroberi menwarkan kandungan air sebanyak 91%, sehingga memberikan cairan pada tubuh agar tetap terhidrasi. Manfaat kesehatan lainnya juga akan didapatkan saat mengonsumsi jenis buah beri ini. Rasanya yang manis sangat bagus untuk tubuh, baik dimakan langsung atau dibuat menjadi olahan yang menarik.

 

14 dari 15 halaman

13. Paprika

Paprika juga masuk ke dalam daftar makanan yang bisa membuat tubuh tetap terhdirasi. Faktanya, saat dimakan mentah, paprika mengandung 92% air di dalamnya. Coba lah mengonsumsinya secara mentah untuk mendapatkan manfaatnya yang luar biasa.

Di atas, beberapa makanan yang bisa membuat tubuh tetap terhidrasi. Konsumsi lah untuk membuat tubuh tidak kekurangan cairan saat menjalankan ibadah puasa.

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

15 dari 15 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini: