Sukses

Sebagai Pemutih Gigi hingga Aromaterapi, Ini 5 Tips Manfaatkan Kulit Jeruk

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar dari Anda tentu tak asing dengan buah jeruk bukan? Ya, buah yang kaya dengan vitamin C tersebut mudah ditemui dan banyak orang konsumsi. Tak hanya dimakan langsung, banyak pula orang yang mengolah jeruk menjadi minuman segar atau bahkan kue.

Namun tahukah Anda, rupanya tak hanya buahnya saja loh yang bermanfaat. Anda juga bisa memanfaatkan kulit jeruk usai mengonsumsi buahnya. Dikutip dari Bright Side, berikut ulasannya:

1. Dapat Memutihkan Gigi

Kulit jeruk mengandung senyawa alami yang disebut asam sitrat yang sering ditambahkan ke pasta gigi pemutih, dan dapat membantu menjadikan gigi Anda putih seperti mutiara. Jadi Anda dapat memanfaatkan kulit jeruk sebagai pemutih gigi alami.

2 dari 6 halaman

2. Pembersih Rumah Tangga Alami

Membuat pembersih kulit jeruk Anda sendiri adalah cara mudah untuk mengurangi limbah dan sekaligus menghemat uang. Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan jendela, kompor, piring, dll. Caranya dengan menambahkan cuka. Cuka biasa secara alami mengandung asam asetat yang berfungsi untuk melarutkan noda-noda membandel, dan limonene dari kulit jeruk berfungsi sebagai pelarut.

3 dari 6 halaman

3. Lilin Aromaterapi

Jika Anda menyukai wewangian jeruk, cara terbaik untuk membuat tempat Anda harum adalah dengan menggunakan sisa kulit jeruk dan mengubahnya menjadi lilin aromaterapi yang lucu.

4 dari 6 halaman

4. Sebagai Pengusir Serangga

Tips lain yang berguna untuk memanfaatkan kulit sisa Anda adalah sebagai pengusir serangga. Senyawa limonene yang ada pada kulit jeruk biasanya digunakan dalam produk untuk mengusir serangga.

5 dari 6 halaman

5. Pewangi Sepatu

Jelas tidak ada yang menyukai bau kaki yang tidak sedap meskipun itu normal dan sangat umum. Manfaat lain dari kulit jeruk Anda adalah dengan meletakkannya di setiap sepatu semalaman dan nikmati aroma jeruk segar di pagi hari sambil mengenakan sepatu Anda.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini: