Sukses

Jarang Disadari, 5 Kebiasan Sehari-hari Ini Bikin Rambut Semakin Rusak

Liputan6.com, Jakarta Rambut merupakan salah satu penunjang utama penampilan bagi sebagian individu. Tak heran jika kita melakukan berbagai perawatan agar rambut tampak sehat, indah, dan berkilau.

Sayangnya, beberapa orang terkadang masih melakukan kesalahan dalam merawat rambut. Tak jarang pula hal tersebut malah membuat rambut rusak.

Apa saja kebiasaan yang dapat merusak rambut? Berikut beberapa kebiasaan yang justru membuat rambut semakin rusak tanpa kita sadari dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

2 dari 7 halaman

1. Makan tuna

Tuna memiliki kandungan nutrisi yang bergizi bagi tubuh. Namun, tuna memiliki kandungan merkuri yang tinggi sehingga menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi merkuri dapat dikaitkan dengan kerontokan rambut secara tiba-tiba. Karenanya banyak ahli medis yang menyarankan agar mengonsumsi tuna dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan.

 

 

3 dari 7 halaman

2. Kuncir kuda

Mengikat rambut dengan gaya kuncir kuda yang kencang dan ketat dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Lekukan karet yang elastis menyebabkan tekanan pada rambut Anda.

Hal ini dapat merusak rambut jika dilakukan secara terus menerus. Sebaiknya, pilihlah karet rambut yang dilapisi kain atau ikat rambut spiral untuk menguncir agar rambut tidak mengalami kerusakan.

 

 

4 dari 7 halaman

3. Menggunakan kacamata di kepala

Sebagian individu kerap menggunakan kacamata di atas kepala supaya tidak kehilangannya atau untuk sekadar menambah keren penampilan saja. Namun, kerap meletakkan kacamata di atas kepala dapat membuat rambut menipis lho.

Kacamata yang kaku dapat menurunkan aliran darah ke kulit kepala dan memperlambat pertumbuhan rambut Anda. Jika Anda alergi terhadap logam pada kacamata, hal tersebut juga dapat menyebabkan rambut menipis.

 

 

5 dari 7 halaman

4. Menggunakan handuk atau pengering rambut

Sebagian besar dari kita terbiasa membungkus rambut menggunakan handuk setelah keramas. Nyatanya handuk dapat membuat rambut kusut dan menyebabkan kerusakan. Pasalnya, handuk lebih kasar sehingga menyebabkan kutikula terangkat dan ujung rambut bercabang.

Selain itu, menggunakan pengering rambut secara teratur juga dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan kusam. Sebaiknya, Anda memegang pengering rambut dengan jarak 6 inci dari rambut Anda agar tak mengalami kerusakan.

 

 

 

6 dari 7 halaman

5. Menggunakan kondisioner dari akar rambut

Kondisioner merupakan suatu keharusan agar rambut Anda tetap lembut dan ternutrisi. Namun, kondisioner juga dapat membuat rambut terlihat berantakan jika digunakan dengan cara yang kurang tepat.

Mengaplikasikan kondisioner dari akar dapat membebani rambut dan membuat akar rambut menjadi lebih berminyak. Sebaiknya, aplikasikan kondisioner hanya pada batang dan ujung rambut agar hasilnya lembut dan berkilau.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: