Sukses

Bikin Geger, Nelayan Temukan Bayi Hiu Berwajah Mirip Manusia

Liputan6.com, Jakarta Bayi hiu dengan wajah mirip manusia membuat bingung seorang nelayan usai menangkapnya di lepas pantai Indonesia. Makhluk aneh itu ditemukan oleh nelayan bernama Abdullah Nuren di Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, pada Minggu 21 Februari lalu.

Dikutip dari Mirror, ia secara tidak sengaja menangkap hiu yang sedang hamil saat dia sedang memancing. Saat dia membedah perut hiu yang telah mati itu, ada tiga bayi hiu di dalamnya.

Dua bayi hiu terlihat seperti bayi hiu pada umumnya. Namun satu bayi lagi memiliki penampilan yang unik. Bayi hiu itu memiliki dua bola mata yang besar dan terletak di bagian bawah, kepalanya lancip, dan mempunyai bibir seperti manusia. Dengan mulut tetap terbuka, makhluk itu terlihat seperti berwajah manusia.

 

2 dari 4 halaman

Berwajah Mirip Manusia

“Awalnya saya menemukan seekor induk hiu terperangkap di jaring pukat. Keesokan harinya saya membelah perut induk hiu itu dan menemukan tiga ekor anak di dalam perut. Dua seperti ibunya dan yang satu ini tampak berwajah manusia."

Para ahli telah mengatakan bahwa penampilannya yang unik itu mungkin disebabkan oleh kondisi yang langka. Dr David Shiffman, seorang ilmuwan di Marine Stewardship Council, mengatakan dia mengira tampilan unik makhluk itu karena cacat lahir.

"Ini bukan hal yang saya pelajari, tetapi beberapa ahli yang saya ikuti melaporkan itu mungkin kasus Cyclopia parsial dengan satu orbit yang menyatu tetapi masih dengan dua mata."

3 dari 4 halaman

Melestarikannya

Nelayan Abdullah mengatakan dia membawa pulang bayi hiu itu ke rumah dan  melestarikannya. Dia mengatakan tetangga telah menawar untuk membeli hiu tersebut tetapi dia menolak untuk menjualnya.

“Rumah saya penuh dengan orang-orang yang ingin melihat hiu itu. Banyak orang yang ingin membelinya, tapi saya akan menyimpannya. Saya pikir itu akan memberi saya keberuntungan,” kata Abdullah.

 

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini: