Sukses

Sering Alami Mimpi Berulang? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta - Mimpi seringkali terjadi dan menemani tidur setiap individu. Sebagian individu bahkan pernah bermimpi hal yang sama berulang kali. Apakah hal tersebut normal atau menandakan sesuatu hal?

Mimpi berulang merupakan kelas mimpi yang terulang dari waktu ke waktu dengan tetap mempertahankan tema dan kejadian yang sama.

Para peneliti menunjukkan bahwa mimpi berulang yang terjadi selama masa dewasa terkait dengan stres dan menurunnya kesehatan psikologis.

Penelitian membuktikan, mimpi berulang terjadi 35 persen pada praremaja, 60-70 persen pada remaja dan orang dewasa.

Survei melaporkan ada lima hal teratas yang kerap muncul dalam mimpi berulang individu, seperti jatuh, sedang dikejar, kembali ke sekolah, tidak siap menghadapi ujian atau acara penting, dan penerbangan.

Lantas, apa sesungguhnya mimpi berulang ini? Berikut ulasannya.

2 dari 5 halaman

Cerminan Perasaan Anda

Bermimpi tentang ketidakpastian menghadapi ulangan bisa menjadi hal umum yang kerap dialami siswa, terutama selama masa ujian. Mimpi berulang yang terjadi bisa menjadi cara otak untuk menggambarkan stres secara fisik dan mental yang dirasakan individu tersebut.

Secara umum, stres dikaitkan dengan kurang tidur sehingga dapat memicu mimpi berulang. Sebagian individu mengalami mimpi yang menyedihkan sebelum melakukan hal penting, seperti wawancara kerja, mengikuti ujian atau ada janji penting.

3 dari 5 halaman

Sebagai sinyal

Para ahli menduga bahwa mimpi yang berulang menunjukkan adanya masalah atau konflik yang belum selesai secara terus menerus dalam kehidupan individu tersebut. Sementara yang lain berspekulasi bahwa mimpi berulang terjadi ketika seseorang mencoba untuk menghadapi trauma masa lalu.

Mimpi tertentu yang terjadi secara berulang bisa berupa keinginan, ketakutan, atau hal lain yang tersembunyi, seperti berbaikan dengan teman.

4 dari 5 halaman

Cara mengurangi mimpi berulang

Mimpi negatif yang terjadi secara berulang bisa dipicu oleh stres. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menenangkan tingkat stres yang Anda rasakan. Pengelolaan stres yang lebih baik dalam hidup akan mengurangi mimpi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Memastikan waktu tidur yang cukup dan dalam kondisi yang nyaman, serta mejaga keseimbangan hidup dan pola makan juga penting. Anda dapat mengunjungi psikiater atau terapis tidur jika mimpi tersebut memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: