Sukses

Fakta Menarik, 5 Bahaya Konsumsi Apel Secara Berlebihan

Buah apel sering dijadikan santapan bagi orang yang diet, tetapi tahukah Anda memakannya secara berlebihan akan membahayakan?

Liputan6.com, Jakarta Di antara aneka macam buah, apel merupakan buah yang paling banyak peminatnya. Cita rasa manis dan dagingnya yang berair membuat siapa saja yang makan akan menyukainya.

Bahkan, menjadi menu andalan ketika seseorang berdiet. Diet makan apel semakin populer usai penyanyi Korea Selatan IU mengonsumsinya untuk menjaga berat badan.

Rata-rata, seseorang bisa makan satu hingga dua buah apel dalam sehari. Jika Anda mengalami lebih dari itu, Anda mungkin dapat mengalami beberapa efek samping yang berbahaya dan tidak nyaman.

Berikut bahaya buah apel jika dikonsumsi secara berlebihan melansir dari Timesofindia:

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengganggu pencernaan

Normalnya, tubuh manusia membutuhkan 20-40 gram serat per harinya. Ternyata, apel termasuk ke dalam buah kaya serat yang mengandung 2,4 gram per buahnya.

Logikanya 15 buah apel yang dimakan, bisa memenuhi kandungan serat tubuh Anda. Namun, penting bagi Anda juga memperhitungkan sumber serat lain. Mengingat tingginya gula yang terkandung dalam satu buahnya.

3 dari 6 halaman

Memicu lonjakan kadar gula darah

Ternyata, alasan di balik apel sering dijadikan menu diet karena buah ini juga kaya akan karbohidrat yang mampu memberi ledakan energi. 

Biasanya sebelum berolahraga, buah apel menjadi menu sarapan yang sempurna untuk menahan lapar.

Tentu ini akan berbahaya bagi penderita diabetes yang dapat memperburuk sensitivitas insulin dan mengganggu cara kerja pengobatannya.

Selain itu, makan apel berlebihan juga dapat memicu obesitas yang menggangu proses pembakaran lemak.

4 dari 6 halaman

Mengonsumsi terlalu banyak pestisida

Rupanya budidaya apel cukup banyak melibatkan obat pestisida berjenis diphenylamine dalam pertumbuhannya. Setiap tahunnya, apel termasuk buah urutan teratas yang mengandung residu pestisida tertinggi di antara buah dan sayuran lainnya.

5 dari 6 halaman

Merusak gigi

Di balik rasa manis, rupanya buah ini bersifat asam sehingga bila terlalu banyak mengandungnya dapat merusak gigi Anda. Bahkan, tingkah kerusakannya melebihi soda. 

Namun hal itu tidak perlu dikhawatirkan jika Anda memakannya satu buah per hari atau bisa dicegah dengan mengunyah menggunakan gigi depan.

Dan hindari pakai gigi belakang atau samping mengunyahnya.

6 dari 6 halaman

Memberi tekanan ekstra pada usus

Bagi orang-orang yang memiliki masalah dii lambung, apel tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Sebab, Apel yang kaya kadar gula menyulitkan organ pencernaan menyerapnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.