Sukses

5 Film Horor Paling Menakutkan Menurut Penelitian, Berani Nonton?

Liputan6.com, Jakarta - Menonton film horor menjadi kegiatan paling menegangkan yang mampu membuat jantung berdebar. Saat menonton film horor, detak jantung akan berdetak lebih cepat, hingga menimbulkan halusinasi pada beberapa orang.

Meskipun Anda ingin berhenti menontonnya, tapi hal itu tidak benar-benar dilakukan. Anda sudah terlanjut hanyut pada jalan ceritanya dan semakin penasaran melihat akhir film itu. Anda akan menahan rasa takut yang muncul, dan mencoba tidak tertipu pada jumpscare.

Tak hanya mendapat rasa takut dan halusinasi setelah menonton film horor, ternyata hal tersebut memiliki manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat yang didapatkan, yakni mengurangi rasa stres, membakar kalori tubuh, hingga melatih adrenalin.

Dikutip dari Bright Side, Rabu (20/1/2021), para ahli melakukan penelitian melalui platform BroadbandChoices untuk menemukan film horor paling menakutkan. Mereka mengukur detak jantung penonton saat sedang menontonnya.

Film horor tersebut dipilih berdasarkan rating tertinggi dari Reddit, Rotten Tomatoes, dan IMDb. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, berikut lima film horor yang paling menakutkan.

 

2 dari 7 halaman

1. Sinister (2012)

Film Sinister yang tayang pada 2012, menjadi film paling menakutkan berdasarkan penelitian para ahli. Film ini bercerita tentang seorang penulis dan keluarganya yang pindah rumah. Ternyata rumah tersebut memiliki sejarah yang mengerikan.

Setahun sebelumnya, satu keluarga yang menetap di rumah itu dibunuh. Penulis tersebut kemudian mencari tahu penyebab pembunuhan itu. Ia lalu menemukan video yang menjadi kunci untuk memecahkan misteri pembunuhan itu.

Setelah itu, beberapa hal aneh di rumah tersebut mulai terjadi. Nyawa penulis dan keluarganya pun mulai terancam

3 dari 7 halaman

2. Insidious (2010)

Sepasang suami istri bernama Josh dan Renai memutuskan pindah ke rumah baru. Belum lama pindah, hal buruk terjadi di rumah baru mereka. Dalton, putranya yang berusia 10 tahun tiba-tiba mengalami koma. Dokter pun tidak tahu bagaimana cara menyembuhkannya.

Hari terus berlalu dan hal mengerikan terus terjadi, bahkan menimpa Dalton. Josh dan Renai lalu memanggil seorang ahli yang paham tentang hal-hal gaib. Mereka langsung menyadari bahwa Dalton ternyata telah terhubung ke dunia lain.

4 dari 7 halaman

3. The Conjuring (2013)

The Conjuring season 1 bercerita tentang sepasang suami istri bernama Rod dan Carolyn. Mereka merasakan hal-hal aneh yang terjadi di rumahnya. Hingga akhirnya mereka sadar bahwa ada roh jahat yang telah mengganggu.

Rod dan Carolyn lalu memutuskan untuk meminta bantuan kepada ahli supranatural untuk menyelidikinya. Mereka adalah keluarga Warren, sepasang suami istri yang berpengalaman sebagai paranormal. Kabarnya, film ini diangkat dari kisah nyata keluarga Warren.

5 dari 7 halaman

4. Hereditary (2018)

Film ini bercerita tentang kehidupan seorang pengrajin yang membuat miniatur bernama Annie. Ia mengalami musibah yakni ibunya meninggal dunia.

Setelah kepergian ibunya, Annie membongkar rahasia besar yang mengerikan tentang keluarganya. Annie dan keluarganya juga mengalami hal-hal buruk.

6 dari 7 halaman

5. Paranormal Activity (2007)

Sepasang suami istri bernama Micah dan Katie memutuskan untuk pindah ke pinggiran kota. Awalnya mereka menjalani kehidupan normal, namun beberapa hari setelahnya mereka mendengar suara-suara aneh di sekitar rumah.

Suara aneh itu sering muncul saat tengah malam. Katie lalu memberi tahu suaminya dan menceritakan hal terjadi. Ia juga bercerita tentang masa lalunya, yakni sejak usia 8 tahun ada hal aneh yang terus mengikutinya.

Mendengar hal itu, Micah memutuskan untuk membeli kamera untuk merekam keadaan rumah saat mereka tertidur. 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: