Sukses

Wajib Coba, 10 Tips agar Tetap Fokus dan Produktif Saat Bekerja dari Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Saat bekerja, apalagi dilakukan di rumah untuk meningkatkan produktivitas terasa sangat berat dilakukan. Banyak faktor yang seringkali mengganggu produktivitas dan membuat kita menjadi tidak fokus. Seperti gangguan internal di dalam diri maupun gangguan eksternal. 

Kita dituntut untuk bisa mengatur kecepatan produktivitas dalam bekerja. Hal tersebut merupakan keteampilan tersembunyi yang tidak dapat dipahami oleh diri sendiri. Anda baru bisa memahaminya ketika bertemu dengan deadline.

Di dalam diri juga memiliki dorongan yang kuat untuk segera menyelesaikan tugas, agar bisa bermain smartphone, mengistirahatkan tubuh, hingga melakukan aktivitas lain seperti hobi.

Namun, pada kenyataannya masih banyak yang melakukan hal tersebut di tengah pekerjaan. Hal itu justru membuat pekerjaan selesai pada deadline yang mepet. 

Anda harus memiliki beberapa tips agar fokus tetap terjaga dan produktivitas meningkat ketika bekerja dari rumah.

2 dari 5 halaman

Buat Ruang Kerja yang Nyaman

Terdapat 10 hal yang dapat diperhatikan untuk meningkatkan produktivitas dan fokus tetap terjaga ketika bekerja di rumah. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Fresh Books, Selasa (12/1/2021).

1. Buat suasana ruang kerja yang nyaman

Ruang kerja yang nyaman akan membuat Anda menjadi lebih produktif. Ini juga akan menghindari rasa nyeri dari tata kerja yang buruk. Hal itu akan membuat pikiran dan tubuh Anda menjadi rileks.

Ruang kerja yang nyaman tidak harus terlihat estetik ketika di foto. Cukup berikan ruangan yang bersih, jauh dari gangguan dan kebisingan, terdapat kursi yang nyaman dan hindari barang-barang yang tidak dibutuhkan di atas meja.

2. Buat daftar kerja yang teratur

Setelah membuat daftar kerja setiap hari, Anda harus komitmen untuk langsung menyelesaikannya. Pilihlah pekerjaan yang paling prioritas berdasarkan deadline, hingga pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah. Jika sudah selesai dikerjakan, Anda bisa mencoretnya dari daftar.

 3. Buat pemetaan harian

Fungsinya untuk mengetahui berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk setiap tugas. Tentukan jadwal yang sesuai dan berikan deadline. Jangan lupa berikan waktu istirahat agar pikiran tidak stres dan tidak mengalami kelelahan yang parah.

4. Membuat waktu krisis

Hal ini untuk mengatasi jika suatu saat Anda tiba-tiba mendapat panggilan dadakan dari klien dan Anda berada dalam keadaan darurat, seperti laptop rusak atau tidak ada jaringan. Sangat disarankan agar Anda memajukan deadline dari jadwal aslinya.

3 dari 5 halaman

Hindari Multitasking

5. Hindari multitasking untuk mengatur manajemen waktu

Studi menunjukkan bahwa kita tidak pandai melakukan beberapa hal sekaligus di waktu yang bersamaan.

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa multitasking dapat mengurangi produktivitas hingga 40%. Anda harus fokus pada satu tugas, dan berlanjut ke tugas berikutnya jika sudah selesai. Dengan begitu, pekerjaan akan cepat selesai.

6. Kerjakan tugas berat terlebih dahulu

Agar energi di dalam tubuh tidak terkuras oleh rasa takut setiap hari. Jika tugas terberat sudah selesai, ini akan membuat diri Anda merasa nyaman dan tugas berikutnya akan terasa lebih mudah.

7. Jauhkan media sosial dari jangkauan Anda

Jika Anda tidak bisa jauh dari smartphone, cara lainnya yaitu keluar dari semua akun media sosial di smartphone anda. Hal ini untuk menghindari distraksi selama proses bekerja. Sebab terlalu lama bermain media sosial membuat Anda lupa waktu.

4 dari 5 halaman

Gunakan Kalender Pengingat

8. Buat pemetaan pada setiap pekerjaan agar mudah dikerjakan

Setiap langkahnya harus mudah diselesaikan sehingga Anda dapat menyesuaikannya dalam waktu satu hingga dua jam. 

9. Pahami irama produktivitas

Saat Anda mengetahui waktu yang paling efisien, Anda dapat mulai menyusun agenda yang harus dilakukan. Pastikan untuk menjadwalkan hal-hal yang paling membutuhkan fokus di waktu paling produktif bagi Anda.

10. Gunakan kalender untuk mengingatkan deadline dan jadwal bekerja

Menggunakan kalender mingguan atau bulanan akan membantu menjadwalkan waktu setiap hari untuk memenuhi deadline yang masih jauh. Hal itu sangat berguna agar tidak lupa akan tugas dan deadline yang diberikan. 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: