Sukses

Untar Raih Lima Bintang QS Stars untuk Online Learning

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona Covid-19 berdampak pada jalannya proses perkuliahan di perguruan inggi, Universitas Tarumanegara (Untar) salah satunya. Kondisi tersebut membuat perkuliahan yang tadinya tatap muka langsung (luring) harus berubah dengan cepat menjadi perkuliahan daring atau online.

Penyesuaian tersebut hanya bisa berjalan efektif jika ada teknologi digital yang inovatif serta kesiapan sistem perkuliahan dari perguruan tinggi. Untuk itu, Untar menerapkan perkuliahan daring selama masa pandemi.

Pembelajaran dan ujian secara online selain merupakan bentuk dukungan atas kebijakan pemerintah juga untuk pencegahan semakin meluasnya penyebaran Covid-19.

Untar di penghujung tahun 2020 menggenapkan serangkaian prestasi yang diperolehnya dengan meraih lima bintang QS Stars untuk kategori online learning dari lembaga internasional pemeringkatan universitas di seluruh dunia, QS Star.

Penilaian menitikberatkan pada tiga komponen utama, yakni student-faculty engagement, student interaction, dan student services and technology.

“Untar juga terus melakukan inovasi dalam berbagai bidang, khususnya dalam pelaksanaan merdeka belajar dan kampus merdeka, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang makin bereputasi sesuai dengan kebutuhan industri dan dunia professional. Hal ini juga selaras dengan berbagai borang isian dalam memperoleh QS Rating 5 bintang online e-learning," kata rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan.

 

2 dari 3 halaman

Didukung Layanan Teknologi

Hal ini menunjukkan kesiapan Untar tidak hanya dari sistem teknis, tapi juga kesiapan dosen dan tenaga pendidik dalam menghadapi perubahan signifikan yang terjadi, khususnya dalam hal perkuliahan.

Inovasi teknis sistem perkuliahan Untar didukung oleh layanan teknologi digital Microsoft Teams, Office 365, dan Lintar. Kesiapan Untar memfasilitasi mahasiswa untuk menempuh perkuliahan online juga diperkuat dengan komitmen seluruh sivitas akademika Untar.

"Koordinasi, komunikasi, dan teknis kerja dilaksanakan dengan menggunakan sistem aplikasi online yang disediakan oleh Universitas Tarumanagara dan/atau aplikasi lain yang disepakati," lanjut Agustinus.

 

3 dari 3 halaman

Pencapaian yang Diraih Untar

Capaian ini merupakan salah satu capaian internasionalisasi yang diraih Untar.

"Semoga pencapaian ini dapat lebih meningkatkan reputasi Untar sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan mampu mewujudkan reputasi tingkat internasional yang telah dicanangkan Untar sejak tahun 2019," ungkap Agustinus.

Sebelumnya, Untar masuk ke dalam QS World University Rankings dengan mendapatkan peringkat Top 30 Universitas Terbaik di Indonesia, dan Top 11 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia pada QSAsian University Rankings 2021.

“Pencapaian ini merupakan salah satu bukti bahwa kegiatan akademik dan non-akademik di Untar telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku dan merujuk pada standar internasional," tambahnya.