Sukses

Kreatif, Petani Ini Modifikasi Mesin Perahu Jadi Alat Penyiram Tanaman

Cara unik petani Thailand memodifikasi mesin perahu jadi multifungsi ini menuai pujian warganet.

Liputan6.com, Thailand - Menjadi petani bukanlah pekerjaan yang mudah sebab pendapatan mereka bergantung pada faktor cuaca dan juga diperlukan keahlihan khusus untuk memahami kondisi tanaman agar kualitas tetap terjamin. Tak berhenti di situ, upahnya yang cenderung minim terkadang tak sebanding dengan kerja kerasnya seharian di ladang.

Namun nyatanya, sektor pertanian di masa pandemi COVID-19 mengalami peningkatan jumlah tenaga kerja sebesar 29,76 persen. Hal itu disampaikan oleh Kepala BPS Kecuk Suhariyanto.

Meningkatnya sumber daya manusia, tak menutup kemungkinan bidang pertanian semakin berkembang. Begitupula dengan cara para petani ketika bekerja. Belum lama ini unggahan Tiktok @thanya1911 menunjukkan seorang petani Thailand yang menemukan ide brilian memodifikasi mesin perahu yang bisa berfungsi sebagai media penyiraman kebun anggurnya. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Praktis Teknik Penyiramannya

Petani anggur itu membuat terobosan besar memodifikasi mesin perahu sebagai usahanya untuk menjamin cadangan air pada tumbuhan yang ditanam. 

Mereka tak perlu capek berjalan menyusuri tiap sudut lahan yang luas, sebagai gantinya mereka memanfaatkan perahu dengan mesin. Petani tersebut terlihat memodifikasi mesin yang ada pada perahunya sebagai alat penyiram tanaman. Selain menghemat tenaga, sudah dipastikan tanaman anggur itu memiliki cadangam air yang cukup.

 

3 dari 4 halaman

Momen Menyusuri Area Ladangnya

@thanya1911

องุ่นด่วนครับจากสวน ราชบุรี

♬ DJ Remix 2020 - Zhafran_Maulana
4 dari 4 halaman

Respon Warganet

Unggahan kreatifitas petani Thailand itu membuat warganet berdecak kagum melihatnya. Sebagian mereka sudah tak heran dengan keahlihan petani di sana yang mampu memodifikasi alat pertanian agar semakin multifungsi. 

"Tentang dunia permesinan Thailand emang jagonya," tulis akun @karyamanunggal.

"Thailand memang kualitas klo soal modifikasi keren," ucap akun @febriyann24.

"Thailand g ad duanya soal kecepatan dan ketepatan...traktor aja bisa balapan d lumpur ...aplgi cm perahu...😁," kata akun @ismethabduljabbar.

"Ga heran pertanian thailand jago," jelas akun @Tasha Sipha.

"Kenapa tak terpikir olehku. mene isuk budal sawah modif mesin sik," sahut akun @Dino Merah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.