Sukses

5 Tips Bikin Suasana Belajar Online yang Menyenangkan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Semenjak pandemi Corona Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia, segala macam bentuk kegiatan yang berada di luar rumah terpaksa harus dilakukan di rumah, termasuk belajar. Anak-anak kini belum dapat bersekolah karena pandemi belum berakhir di Tanah Air meski sudah nyaris 10 bulan.

Akhirnya mereka pun harus belajar online dari rumah agar tidak terganggu metode pembelajaran di sekolah. Hal ini memang merupakan solusi efektif guna mencegah penyebaran Covid-19. 

Belajar online bukan sesuatu yang harus diremehkan. Hanya karena kita harus mengerjakan tugas sekolah dari rumah, bukan berarti kita harus melakukannya dengan bermalas-malasan. Ini justru harus dilakukan secara disiplin dengan begitu kita memiliki banyak waktu untuk mengenal hal-hal baru yang belum pernah kita coba sebelumnya.

Perubahan metode pembelajaran menjadi belajar online saat ini tentu menjadi tantangan menghadapi new normal bagi penyedia layanan maupun penggunanya. Dengan begitu, artinya para pengajar tidak dapat mengawasi secara langsung bagaimana keadaan siswa belajar. 

Hal ini pun menjadi tuntunan bagi para pelajar untuk mempelajari tugas yang diberikan secara mandiri. Nah, berikut ini ada tips belajar online yang efektif di rumah. 

2 dari 7 halaman

1. Membuat list untuk tugas yang harus dikerjakan

Pembelajaran jarak jauh bukan berarti membuatmu menjadi lalai melakukan tanggung jawabmu sebagai siswa/mahasiswa. Catat jadwal setiap mata pelajaran yang diikuti di dalam notes, smartphone, laptop dan agenda yang akan segera kamu jalani. 

Hal ini penting karena meskipun jarak jauh, kelas online akan tetap terpantau dengan kehadiran dan sistem absensi yang dilakukan secara online. Hal tersebut akan memudahkan kamu dan juga bisa menjadi pengingat apa saja yang harus dikerjakan hari ini.

3 dari 7 halaman

2. Temukan tempat yang nyaman dan tenang untuk belajar

Salah satu tantangan belajar di rumah adalah biasanya suasana yang kurang kondusif. Terlebih lagi jika di rumah Anda banyak orang, hal ini tentu membuat kamu susah berkonsentrasi dalam belajar.

Nah, untuk itu carilah tempat yang membuatmu nyaman dan tenang untuk belajar di rumah. Anda bisa mengerjakan tugas ataupun belajar di kamar. Tapi jangan lupa buat kamar Anda senyaman mungkin seperti mengatur meja belajar dan lampu kamar agar Anda bisa lebih tenang dalam belajar online ini.

4 dari 7 halaman

3. Siapkan semua hal dan peralatan yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas

Setelah menemukan tempat yang nyaman, jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan dan hal apa saja yang perlu kamu siapkan untuk belajar dan mengerjakan tugas. Seperti alat tulis, gadget atau laptop dan buku-buku yang kamu perlukan.

Selain itu, jangan lupa pastikan koneksi internet kamu tidak ada gangguan agar dapat mengerjakan semuanya dengan lancar.

Siapkan air putih dan buah-buahan untuk menemanimu belajar. Hindari camilan yang tidak sehat agar stamina selalu kuat untuk melakukan aktivitas lainnya. Jauhkan smartphone selama belajar untuk meminimalisir gangguan.

Jauhkan ponsel dari pandangan mata seperti dengan memberikannya kepada orang tua, sehingga konsentrasi belajar tetap terjaga.

5 dari 7 halaman

4. Konsentrasi dalam mengerjakan tugas atau menerima metode pembelajaran

Godaan terbesar saat belajar di rumah adalah tidak bisa jauh dari smartphone kesayangan kita. Nah, setelah Anda memberikan smartphone Anda kepada orang tua, cobalah untuk berfokus pada apa yang Anda kerjakan atau mendengarkan pelajaran yang diberikan.

Jangan terpancing dengan hal-hal tidak penting yang membuat Anda penasaran, hal itu akan membuyarkan konsentrasi Anda. Catat lah setiap hal-hal penting yang diberikan oleh para pengajar ketika melakukan video call bersama agar Anda dapat menyerap apa yang sedang dibahas.

6 dari 7 halaman

5. Tetap semangat

Hal yang membuat Anda jenuh dari belajar di rumah adalah kita tidak dapat berinteraksi dengan teman-teman di sekolah atau kampus seperti saat normal. Untuk itu coba sesekali luangkan waktu Anda beberapa menit untuk berbincang dengan teman- teman melalui video call.

Dan cobalah untuk selalu bersemangat dalam menjalani hari agar Anda tidak merasa terlalu terbebani dengan keadaan saat ini. Jika ada masalah yang tidak Anda pahami, coba Anda obrolkan dengan orang terdekat untuk meminta saran atau pun solusi.

Nah, itu dia beberapa tips untuk Amda yang saat ini sedang melakukan pembelajaran dari rumah. Buat Anda yang mau belajar online gratis bisa lihat berbagai macam video mengedukasi di platform streaming Vidio.

Yuk, download Vidio sekarang juga dan dapatkan berbgai macam video edukasi yang bermanfaat!

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: