Sukses

Disimpan dalam Kaleng Bekas, Uang Rp 1 Miliar Milik Nenek Ini Rusak Dimakan Hama

Sebuah video yang menunjukkan seorang nenek kehilangan uang senilai Rp 1 miliar yang rusak karena disimpan di dalam kaleng menjadi perbincangan viral.

Liputan6.com, Malaysia - Sebuah video yang menunjukkan seorang nenek dari Malaysia kehilangan uang senilai Rp 1 miliar yang rusak karena disimpan di dalam kaleng menjadi perbincangan viral

Banyak individu tak jarang menyimpan atu menabung uang. Tempat menyimpannya pun beragam, mulai dari di bank, celengan, brangkas atau tempat lainnya.

Biasanya kakek atau nenek lebih suka menyimpan uang mereka dalam kaleng biskuit bekas daripada menabungnya di bank. Itu pun yang dilakukan nenek yang videonya viral tersebut. 

Melansir dari World of Buzz, Senin (7/12/2020), dalam unggahan di grup Facebook Penang Big News, menunjukkan uang milik nenek senilai RM 300.000 atau setara dengan Rp 1 miliar yang disimpan dalam kaleng Milo kosong rusak dimakan hama.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebih dari Rp 1 Miliar

Dalam video terlihat, uang pecahan RM 100 terlihat rusak dan berserakan di lantai.

“Semua catatan yang saya buat di sini memiliki masalah. Ada RM 10.000 dalam satu tumpukkan, dan total ada 23 tumpukkan. Jadi itu RM 230.000,” kata pria yang merekam video tersebut.

Selain menunjukkan tumpukkan uang kertas yang rusak, ada juga beberapa bundel uang kertas lainnya yang dilipat atau diikat.

Jika dihitung berdasarkan yang terlihat dalam video, setiap bundel uang berjumlah sekitar RM 15.000 hingga RM 20.000 per tumpukkan. Itu berarti ada sekitar RM 300.000 hingga RM 400.000 per bundel.

 

3 dari 3 halaman

Kasus Serupa

Hal serupa juga dialami seorang perempuan bernama Putri Buddin yang menyimpan uangnya di lemari.

"Niat hati biar ga boros, simpen uang di lemari, eh malah dimakan rayap," twitnya melalui akun Twitter @putribuddin, Sabtu (17/8/2019).

Lembaran uang Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu memang tampak dalam foto yang diunggahnya itu. Twit tersebut pun menarik perhatian warganet dan telah mendapat lebih dari 2,4 ribu likes dan retweet.

Berdasarkan taksirannya, uang yang ditemukan Putri di lemari itu sekitar Rp10 juta.

"Itu uang yang aku kasih ke nenek aku sekitar Rp3 juta-an. Terus ditambahin sama nenek aku sampai Rp 10 jutaan." kata Putri ketika dihubungi tim Citizen6-Liputan6.com, Selasa (20/8/2019).

Perempuan itu pun lupa menyimpannya di lemari. "Nenek aku udah meninggal satu tahun yang lalu sih, kemungkinan udah dua tahun," tuturnya ketika ditanya berapa lama dirinya menyimpan uang itu.

Saat ditemukan, uang itu dipisahkannya menjadi dua buntelan. Satu tumpuk telah menjadi sarang rayap sehingga Putri memutuskan membuangnya. Tumpukkan uang lainnya dibungkus plastik seperti foto yang dibagikannya di Twitter. Dalam plastik itu, terdapat sekitar Rp 5,4 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.