Sukses

Banyak Digemari, Ini Deretan Manfaat Menonton Video ASMR Bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Saat ini ada begitu banyak jenis konten di Youtube yang mencuri perhatian banyak penonton. Salah satunya ialah video ASMR. Video ASMR sendiri memiliki kepanjangan Autonomous Sensory Meridian Response dan biasanya sering ditemukan pada konten video 'mukbang' atau makan dengan porsi yang besar yang dilakukan para food volgger.

Nantinya mereka akan menonjolkan suara ketika mereka menyantap makanan-makanan tersebut. Suara berbisik yang dilakukan saat makan itulah yang diklaim disenangi banyak orang.  

Bisikan dari suara ASMR sebenarnya memiliki manfaat bagi kesehatan mental dan fisik seseorang, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One.

Jika Anda sedang mencari cara untuk meredakan gejala kecemasan, depresi, atau insomnia nampaknya Anda perlu menonton video ASMR. Mendengarkan suara bisikan lembut, ketukan, dan gerakan tangan dapat menginduksi apa yang disebut orgasme otak. Tak hanya itu berikut beberapa manfaat lain dari menonton video ASMR yang telah dilansir dari laman bustle.com.

2 dari 5 halaman

Merasa Rileks

Studi dari Universitas Sheffield menemukan bahwa banyak orang yang menonton video ASMR mengklaim dirinya merasa senang setelah mendengarkan suara dari video ASMR tersebut.

Mereka juga merasa lebih tenang dan memiliki detak jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mendengarkan ASMR. 

ASMR sendiri adalah sensasi yang dialami oleh beberapa orang sebagai respons terhadap suara tertentu, yang digambarkan sebagai sensasi hangat, kesemutan, dan menyenangkan dimulai dari puncak kepala dan menyebar ke seluruh tubuh.

Ada lebih dari 13 juta video ASMR di YouTube yang menampilkan mulai dari berbisik, makan hingga mendengarkan seseorang menyisir rambutnya.

3 dari 5 halaman

Merasakan Perasaan yang Positif

Tak cukup sampai di situ, para peneliti juga mencari tahu apakah menonton video ASMR dapat menghasilkan perasaan rileks dan perubahan yang menyertai dalam tubuh seperti penurunan detak jantung.

Dalam studi tersebut, selain merasa rileks, orang-orang yang terlibat dalam ASMR juga dilaporkan merasa lebih positif dan terhubung secara sosial.

4 dari 5 halaman

Penurunan Stress

"Yang menarik adalah bahwa rata-rata penurunan detak jantung yang dialami oleh peserta ASMR sebanding dengan temuan penelitian lain tentang efek fisiologis dari teknik pengurangan stres seperti musik dan kesadaran," ujar Dr. Poerio.

Pada dasarnya, ASMR bekerja dengan cara yang sama seperti meditasi dengan melepaskan endorfin yang meningkatkan rasa kesejahteraan secara keseluruhan.

Penulis

Fayola Gishlaine

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: