Sukses

Heroik, Burung Beo Selamatkan Pemilik dari Kebakaran dengan Bunyikan Alarm

Insting burung beo berhasil selamatkan nyawa pemiliknya di tengah kepulan api yang membakar rumahnya.

Liputan6.com, Jakarta Ketika seekor binatang dalam keadaan berbahaya, mereka mulai menggunakan instingnya kuat untuk menyelamatkan diri. Selain itu konon, sejumlah hewan ternyata juga memiliki kemampuan untuk membantu manusia mendeteksi adanya bencana.  

Belum lama ini terjadi kebakaran hebat di rumah kawasan Brisbane, untungnya seorang pria Anton Nguyen yang berada di dalamnya berhasil menyelamatkan diri dari luapan si jago merah berkat jasa dari seekor burung beo yang dipeliharanya. 

Rumah itu yang berlokasi di Salstone Street, Kangaroo Point, dilalap api ketika kru tiba setelah pukul 02:00 waktu setempat pada Kamis (5/11/2020).

 

Saksikn Video Pilihan Berikut Inil:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kronologinya

Saat Nguyen tengah tertidur lelap, tiba-tiba saja luapan api menyerang rumah yang ditempati. Malangnya, dia mengaku tidak merasakan hawa panas dari sambaran api di rumahnya. 

Beruntung, insting burung beo kesayangannya Eric berusaha memperingatkan bahaya itu dengan berulang kali menyebutkan namanya. Tidak hanya itu, Eric juga membunyikan alarm sebelum detektor asap mennyala. 

"Saya mendengar ledakan dan Eric mulai berteriak jadi saya bangun dan saya mencium bau asap," katanya. "Jadi, saya mengambil tas saya dan pergi dan lari ke bawah," tambahnya kepada ABC News. 

Mendengar suara teriakan Eric, dia segera bangun dari ranjang tidur dan meraih burung beonya untuk keluar melalui pintu belakang rumahnya. Alhasil, dia berhasil lolos dari bahaya yang menimpanya. 

 

 

3 dari 4 halaman

Petugas Pemadam Kebakaran

Setibanya di TKP, petugas pemadam kebakaran turut mendengar suara Eric yang memanggi "Anton! Anton!". Teriakan ini mengisyaratkan kepadanya bahwa ada seseorang yang tengah tidur di sana. 

Belum sempat menghampirinya, pemilik itu langsung menyelamatkan dirinya secara mandiri. Sementara itu, Pejabat Layanan Kebakaran dan Darurat Queensland, Cam Thomas, mengatakan bahwa petugas pemadam kebakaran mampu menahan api sebelum menyebar ke properti lain.

Sebelum berhasil dipadamkan, api telah terlebih dahulu menelan berbagai properti yang berada di sisi kiri dalam kondisi yang parah. 

 

 

4 dari 4 halaman

Pemeriksaan TKP

Hingga kini, pihak berwenang mengungkapkan bahwa rumah Nguyen telah dilengkapi pendeteksi asap, tetapi kala itu alatnya sempat tidak berfungsi sebelum Beo milik Nguyen berteriak. 

Menurut ABC News, para penyelidik telah menyatakan kebakaran itu sebagai TKP dan tengah menyelidiki apa penyebab pastinya.

Penulis 

Ignatia Ivani 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.