Sukses

Ini Alasan Kenapa Orang Kerap Dapat Ide Saat Mandi

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ide cemerlang kerap muncul di saat orang sedang mandi.

Liputan6.com, Jakarta Terkadang kita sangat sulit untuk menemukan ide cemerlang dan kreatif meski telah memikirkannya selama berjam-jam. Sebaliknya, tak sedikit orang yang justru menemukan ide-ide tersebut ketika sedang mandi.

Rupanya bukan hanya kebetulan, ada beberapa faktor yang menyebabkan ide cemerlang kerap muncul di saat orang sedang mandi. Dikutip dari Brightside, berikut deretan faktanya.

Anda Tidak Memikirkan Apa-Apa Saat Mandi

Ide yang paling signifikan dan mengubah hidup mungkin datang ketika kalian sedang mandi dan ada sebuah penelitian yang mengonfirmasinya. Sekelompok peneliti memberikan permainan asah pikiran kepada mahasiswa dan meminta mereka untuk melaporkan apakah mereka mendapatkan jawabannya dengan memikirkannya setiap saat atau jawaban tersebutlah yang datang kepada mereka.

Ternyata, mereka yang menemukan jawaban dengan benar bukanlah orang-orang yang mencoba menyelesaikannya setiap saat. Mandi membuat ide Anda mengalir, dan kemungkinan besar Anda akan menemukan solusi kreatif karena saat itulah Anda tidak memikirkan apapun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mandi Meningkatkan Hormon Dopamin

Mandi adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan hormone dopamin yang bertanggung jawab untuk fokus. Ini penting untuk memori dan fungsi otak Anda dan bahkan mengatur gerakan tubuh Anda. Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan dopamin hingga 250%.

3 dari 4 halaman

Mandi Membuat Tubuh Santai

Saat santai, kita cenderung mengalihkan perhatian ke ide-ide yang kreatof dan tak dipikirkan sebelumnya. Mandi juga dapat mengurangi stres dan kecemasan, menenangkan diri Anda serta mengembangkan ide.

4 dari 4 halaman

Anda Lebih Kreatif Saat Mengantuk

Anda mungkin terbiasa mandi pagi hari saat setengah tidur, atau larut malam saat tidak sabar untuk tidur. Anda mungkin berpikir bahwa ketika Anda lelah, Anda tidak mungkin mendapatkan ide-ide inovatif, tetapi sains membuktikan bahwa hal itu justru dapat meningkatkan kreativitas Anda. Para peneliti telah menemukan bahwa kita menggunakan lebih banyak pemikiran kreatif saat kita lelah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.